Tips Kesehatan Efektif Menjaga Tubuh Saat Corona Merebak

tips kesehatan

Covid-19 atau sering disebut virus corona kini menjadi momok bagi penduduk dunia. Karena dalam waktu sekejap ada ribuan bahkan ratus ribuan orang yang tertular virus ini. Akan tetapi Anda tidak perlu takut yang teralu berlebihan karena sebenarnya tubuh kita mempunyai perlindungan tersendiri untuk melawannya. Dengan memperkuat daya tahan tubuh, tubuh kita juga bisa melawan penyebaran virus corona. Hal ini terbukti karena banyak pasien yang sembuh, bahkan ada pula orang-orang yang tidak mengalami gejalanya. Ada berbagai tips kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun ini. Berbagai tips kesehatan ini pun sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Hanya butuh keteraturan Anda untuk melakukannya. Berikut beberapa tips kesehatan sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk corona.

Baca Juga: Berada di Malaysia? Lakukan Ini untuk Cegah Virus Corona

EP 1 2 - Tips Kesehatan Efektif Menjaga Tubuh Saat Corona Merebak

Sumber: https://bandungkita.id/

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Kita semua tahu bahwa buah dan sayur mengandung banyak sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan serat, vitamin, mineral, antioksidan dan zat lain yang cukup ketika mengonsumsi buah dan sayur. Jika Anda banyak mengonsumsi makanan ini maka bisa terhindar dari masalah susah buang air besar, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan banyak penyakit lainnya. Apalagi di saat virus corona sedang merebak seperti saat ini, sayur dan buah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengatur Pola Makan

Lakukan pola makan yang teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah menyebarnya virus corona. Sebaiknya makan pada waktu yang tepat, tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Biasakan sarapan sebelum beraktivitas untuk memberikan energi dan mencegah munculnya penyakit maag. Selain itu, sebaiknya makan dengan jumlah yang tepat, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Makan berlebihan dapat meningkatkan obesitas dan dapat memicu berbagai penyakit. Makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi lebih sering. Tujuannya untuk memecah porsi makan agar tidak dicerna terlalu banyak dalam satu waktu. Namun jangan pula makan terlalu sedikit karena akan menyebabkan berkurangnya asupan gizi yang juga dapat mempermudah penyakit masuk ke tubuh.

Menjaga Kebersihan

Bukan cuma virus corona, ada berbagai macam virus lainnya, serta kuman dan bakteri yang berada di sekeliling kita sehingga menjaga kebersihan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Apalagi di tengah merebaknya corona seperti saat ini, menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, membersihkan barang-barang yang sering dipakai dengan desinfektan dan langsung mandi sehabis dari luar merupakan cara yang paling tepat. Mencuci tangan pun tidak sembarangan. Tidak sekadar cepat dan terkena sabun saja. Ada tahap-tahap dan durasi yang harus diikuti. Selain itu, sebaiknya gunakan sabun antiseptik agar dapat membunuh berbagai kuman, bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Baik itu olahraga berat maupun ringan. Lakukan saja olahraga ringan semampu Anda, namun teratur. Bisa dengan jogging, bersepeda, jalan kaki, senam dan lain sebagainya. Olahraga akan melancarkan peredaran darah dan membakar lemak serta kalori yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Efek lain yang ditimbulkan ketika Anda berolahraga secara teratur adalah badan akan jauh lebih segar dan mencegah badan cepat lelah.

EP 1 3 - Tips Kesehatan Efektif Menjaga Tubuh Saat Corona Merebak

Sumber: https://bandungkita.id/

Tidur yang Cukup

Setelah beraktivitas seharian, tubuh butuh mengistirahatkan diri agar setiap bagiannya tidak bekerja teralu keras dan kelelahan. Itulah mengapa disarankan untuk tidur yang cukup agar tubuh dapat mengembalikan staminanya. Atur juga waktu tidur agar tidak terlalu larut karena banyak penyakit yang masuk jika hal ini terus dilakukan. Selain itu usahakan mempunyai waktu tidur berkualitas sekitar 7-8 jam perhari. Jangan kurang namun jangan pula berlebihan, karena kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

Mengelola Stres dan Berpikir Positif

Ketakutan yang berlebihan dan stres karena adanya pandemi corona justru menjadi salah satu pemicu badan Anda merasakan sakit juga. Sugesti negatif dalam diri membuat Anda seperti mengalami penyakit tersebut padahal tidak sama sekali. Oleh karena itu pikiran positif sangat penting dan dibutuhkan bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena apabila terlalu sering berpikiran negatif, energi yang buruk juga akan menyelimuti tubuh dan memicu stress. Padahal stress sangat mungkin memicu radikal bebas yang dikemudian hari akan menjadi penyakit pada diri sendiri.

Di Rumah Saja

Tagar #dirumahAja yang selalu disebut-sebut di berbagai media bukanlah tanpa alasan. Virus corona dapat menyebar dengan sangat luas melalui interaksi langsung antar manusia. Sehingga jika tetap berada di rumah akan mengurangi intensitas interaksi tersebut sekaligus dapat memutus rantai penyebarannya. Dengan berada di rumah, bukan hanya mencegah Anda tertular tetapi juga mencegah Anda menularkan kepada orang lain. Ketika berada di rumah pun, usahakan agar tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan teratur.

EP 1 4 - Tips Kesehatan Efektif Menjaga Tubuh Saat Corona Merebak

Sumber: https://hellosehat.com/

Untuk mendukung usaha Anda untuk tetap di rumah saja selama menyebarnya virus corona, kini Qelola mempunyai program yang akan mempermudah Anda. Bagi yang berencana mengirim uang ke Indonesia maupun membayar berbagai tagihan, Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk menukar uang. Karena kini agen-agen Qelola yang akan datang kepada Anda secara langsung, menukar uang Anda dan melakukan top-up di aplikasi Qelola Anda. Sehingga kirim uang Anda kini jauh lebih nyaman dan aman dengan Qelola. Download aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , , ,