Ingin ke Luar Negeri? Miliki Surat Sponsor Visa Ini

surat sponsor visa

Formulir, paspor, KTP, pas photo, bukti pembayaran, dan fotokopi identitas lain menjadi dokumen yang Anda anggap penting dan disiapkan paling pertama ketika ingin mengajukan visa. Namun, tahukah Anda bahwa ada dokumen lain bernama surat sponsor visa yang juga sangat membantu persetujuan visa Anda? Seringkali surat sponsor visa sering dianggap kurang penting karena sudah melampirkan bukti lain seperti rekening bank dengan jumlah nominal besar di dalamnya. Padahal jika ada surat tersebut, jumlah di dalam rekening tidak terlalu penting, yang terpenting jangan sampai kosong. Tanpa disadari surat ini membantu sangat banyak ketika Anda mengajukan visa.

Baca Juga: Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia Lengkap

Apa Itu Surat Sponsor Visa?

EP 3 1 - Ingin ke Luar Negeri? Miliki Surat Sponsor Visa Ini

Surat sponsor visa merupakan dokumen pengajuan visa yang dibuat untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa Anda mampu untuk pergi ke negara mereka dan mempunyai biaya hidup di sana serta akan kembali ke Indonesia dalam periode yang telah ditentukan. Untuk Anda yang ingin bekerja, relokasi, mengikuti atau melangsungkan kegiatan serta pertemuan bisnis bisa juga menggunakan surat ini agar bisa masuk dan menetap di suatu negara. Bagi beberapa kedutaan besar dokumen ini merupakan sesuatu yang wajib sekali ada. Jika tidak, maka visa Anda akan ditolak.

Contoh Surat Sponsor Visa

EP 3 2 - Ingin ke Luar Negeri? Miliki Surat Sponsor Visa Ini

Secara garis besar isi surat sponsor visa seperti yang tertera pada gambar di atas antara lain KOP surat (jika berasal dari sebuah lembaga), kedutaan besar tujuan, data penjamin, data yang dijamin, dan isi surat sponsor. Isi surat ini biasanya menjelaskan bahwa si penjamin akan menjamin kehidupan Anda selama berkunjung ke negara tujuan, baik dari segi finansial maupun akomodasi. Selain itu surat sakti ini juga dapat menjelaskan perihal tujuan Anda pergi keluar negeri serta penjaminan bahwa Anda akan segera kembali ke tanah air dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Jenis Surat Sponsor Visa

EP 3 3 - Ingin ke Luar Negeri? Miliki Surat Sponsor Visa Ini

Pada umumnya ada tiga pihak yang dapat memberikan surat sponsor kepada Anda ketika mengajukan visa. Pihak-pihak tersebut antara lain:

Surat Sponsor Visa dari Bank

Seperti namanya surat ini dikeluarkan oleh pihak bank. Surat sponsor ini penting untuk menjelaskan bahwa Anda benar menjadi nasabah dari bank yang bersangkutan, masih aktif bertransaksi serta memiliki rekening yang sehat. Di dalamnya akan tertera data seperti nama Anda sebagai pemilik rekening, nomor rekening serta jumlah tabungan. Anda juga dapat mencantumkan lebih dari satu sumber jenis tabungan namun masih dari bank yang sama. Mendapatkan surat sponsor dari bank ini cukup mudah. Anda cukup meminta dibuatkan surat sponsor ke bagian customer service bank dan tinggal menunggu surat selesai hingga 1-2 hari kerja. Beberapa bank ada yang memberikan surat ini secara gratis, namun ada pula yang mengenakan tarif.

Surat Sponsor Visa dari Perusahaan Tempat Anda Bekerja

Jika ingin berlibur atau ada keperluan kantor di luar negeri, perusahaan Anda dapat membuatkan surat sponsor untuk keperluan visa Anda. Surat ini bisa diminta ke bagian HRD di perusahaan. Dalam surat ini nantinya ada keterangan bahwa Anda adalah karyawan di perusahaan tersebut dan izin untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Isi surat ini juga akan menjamin bahwa Anda tidak akan melakukan pekerjaan lain di negara tujuan dan langsung pulang pada saat yang telah ditentukan. Informasi yang dicantumkan mencakup nama, jabatan, jumlah gaji (jika diminta oleh pihak kedutaan), periode perjalanan Anda, dan keterangan pembiayaan perjalanan Anda.

Surat Sponsor Visa dari Pasangan atau Keluarga

Jenis yang ketiga ini dibutuhkan untuk pembuatan visa ketika yang bepergian dalam kondisi sebagai berikut:

  • Dirasa tidak mampu bepergian sendiri, seperti lansia, istri yang bepergian tanpa suami, pelajar/mahasiswa atau anak berusia di bawah 17 tahun.
  • Perjalanan tersebut dibiayai oleh pasangan, anak atau keluarga lainnya.
  • Diundang dan dibiayai oleh pasangan/keluarga/kerabat yang ada di luar negeri.

Isi surat ini mencakup pernyataan hubungan Anda dengan pihak penjamin, tujuan perjalanan, dan pernyataan bahwa pihak penjamin akan bertanggung jawab penuh atas perjalanan tersebut dan Anda akan kembali ke Indonesia sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika pihak penjamin juga menanggung biaya perjalanan Anda, maka wajib menyertakan rekening koran, surat referensi bank serta surat keterangan kerja/usaha yang dimiliki oleh pihak penjamin.

Ketiga jenis surat sponsor visa ini diberikan tergantung persyaratan yang diminta oleh pihak kedutaan negara yang dikunjungi. Ada kedutaan yang hanya meminta salah satu di antaranya. Namun ada pula yang meminta dua jenis sekaligus yakni surat sponsor dari bank dan perusahaan. Sementara jenis yang terakhir akan diikut sertakan jika ada kondisi khusus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah menyelesaikan dokumen-dokumen ini, maka bersiaplah untuk mendapatkan visa dan berangkat ke negara tujuan Anda. Dan untuk masalah pengelolaan keuangan selama berada di luar negeri, Anda dapat menyerahkannya pada Qelola. Qelola merupakan aplikasi kirim uang dan transaksi non-tunai di luar negeri. Untuk menikmati layanannya Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya di sini dan mengetahui cara penggunaannya di sini.

Tags: , , , , , ,