4 Syarat Tinggal di Malaysia bagi Keluarga Mahasiswa Asing

tinggal di malaysia bagi keluarga mahasiswa asing

Tinggal bersama keluarga saat kuliah di Malaysia bukan menjadi hal mustahil untuk dilakukan. Melanjutkan kuliah dan tinggal di Malaysia merupakan impian para pelajar Indonesia, baik untuk pelajar tingkat sarjana maupun pascasarjana. Sistem pendidikan yang berkualitas dan terstrukur dengan baik membuat Malaysia menjadi tujuan studi terbaik di Asia Tenggara. Sayangnya, banyak orang yang mengubur impian kuliah di Malaysia karena terhalang keluarga. Umumnya, halangan tersebut sering dialami oleh pelajar pascasarjana yang telah berkeluarga. Sebagian besar pelajar yang telah berkeluarga merasa tidak mungkin meninggalkan anak, istri/suami, dan orang tua hanya untuk berkuliah di Malaysia.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengajak keluarga tinggal bersama di Malaysia selama menempuh pendidikan di sana. Dalam hal ini, pemerintah Malaysia memperbolehkan mahasiswa asing membawa keluarganya untuk ikut ke Malaysia dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Lalu, apa saja syarat dan ketentuan bagi keluarga mahasiswa asing yang tinggal di Malaysia? Simak uraiannya berikut ini.

Anggota Keluarga yang Diperbolehkan Tinggal

graduation ceremony parents family congratulate student 53476 4776 - 4 Syarat Tinggal di Malaysia bagi Keluarga Mahasiswa Asing

Sebelum mengetahui syarat dan ketentuan keluarga mahasiswa asing yang diperbolehkan tinggal di Malaysia, perlu Anda pahami, tidak semua anggota keluarga bisa ikut ke Malaysia untuk menemani mahasiswa asing yang berkuliah di sana. Anggota keluarga yang diperbolehkan tinggal di Malaysia dengan alasan menemani mahasiswa internasional antara lain orang tua, suami/istri, dan anak.

Orang tua yang diperbolehkan tinggal lebih diprioritaskan untuk mahasiswa yang berasal dari negara-negara di wilayah Timur Tengah. Sedangkan, keluarga dalam kategori suami/istri dan anak lebih diutamakan untuk mahasiswa yang mengambil program pascasarjana dan telah memiliki pekerjaan di Malaysia. Hal itu bertujuan untuk memastikan pelajar asing tersebut memiliki penghasilan dan mampu menghidupi keluarganya selama berada di Malaysia.

Baca Juga: Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Syarat dan Ketentuan untuk Keluarga Mahasiswa yang Tinggal di Malaysia

business job interview concept 1421 77 - 4 Syarat Tinggal di Malaysia bagi Keluarga Mahasiswa Asing

Sama halnya saat mengajukan izin untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia, pelajar asing yang ingin membawa keluarganya harus memiliki izin tinggal bersama di Malaysia sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah daftar syarat dan ketentuannya:

  1. Memiliki Long Term Pass atau Visa Sosial untuk menetap sementara di Malaysia.
  2. Jika waktu menetap sementara lebih dari 90 hari, keluarga mahasiswa asing harus memperpanjang Long Term Pass sesuai ketentuan yang berlaku. Visa bisa dilanjutkan jika memenuhi syarat dan ketentuan tersebut.
  3. Mahasiswa asing harus memiliki alasan yang kuat dan menyertakan bukti keuangan yang cukup untuk menghidupi keluarganya selama di sana.
  4. Keluarga mahasiswa asing tersebut diperbolehkan untuk bekerja selama memiliki Long Term Pass di Malaysia yang masih berlaku. Perusahaan tempat keluarga mahasiswa asing harus terdaftar dalam Malaysian Digital Economy Corporation (MDEC), karena mempekerjakan tenaga asing.

Cara Mengajukan Long Term Pass

visa passport approved stamped document top view immigration visa approve 36325 1557 - 4 Syarat Tinggal di Malaysia bagi Keluarga Mahasiswa Asing

Jika keluarga yang akan tinggal di Malaysia belum memiliki Long Term Pass atau Visa Sosial, Anda bisa mengajukan pembuatannya ke Kantor Representatif Malaysia terdekat di Indonesia. Anda juga bisa mengajukan perpanjangan izin tinggal ke kantor imigrasi yang ada di Malaysia. Pengajuan perpanjangan izin tinggal harus dilakukan dalam satu bulan setelah sampai. Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengajuan Long Term Pass adalah sebagai berikut:

  • Pas foto ukuran 4×6
  • Form IMM 55 dan IMM 38
  • Salinan paspor mahasiswa
  • Salinan paspor anggota keluarga
  • Surat verifikasi dari institusi pendidikan
  • Dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga

Selain dokumen di atas, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen tambahan seperti alasan mengajak keluarga tinggal bersama, kartu mahasiswa, serta prestasi belajar dan kehadiran di kampus. Hal tersebut untuk menunjukkan tujuan utama Anda berada di Malaysia adalah untuk belajar, sedangkan tujuan keluarga berada di Malaysia adalah untuk menemani Anda selama menempuh pendidikan. Selain itu, bawalah bukti keuangan atau tabungan yang bisa menunjukkan Anda dan keluarga memiliki finansial yang cukup untuk tinggal di Malaysia.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membawa keluarga tinggal bersama selama menempuh pendidikan di Malaysia. Secara umum, keluarga mahasiswa asing yang berada di Malaysia harus memiliki izin menetap sementara dari negara tersebut. Perlu Anda ketahui, persiapan yang matang akan membantu kelancaran administratif Anda selama di sana. Saat berkuliah di Malaysia, jangan lupa untuk selalu disiplin dalam mengatur waktu dan mengelola keuangan keluarga.

Dalam hal kelancaran pengelolaan keuangan selama di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Layanan keuangan Qelola memberikan kemudahan penyimpanan uang dalam bentuk e-wallet, proses transfer uang, dan beragam pembayaran tagihan ke Indonesia. Aplikasi Qelola dilengkapi berbagai pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Fasilitas yang diberikan Qelola sangat praktis, cepat, dan tentunya jauh lebih murah dibandingkan metode lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , , ,