Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

wisata alam malaysia

Berencana berlibur ke Malaysia dan suka menjelajah alam? Cari tahu berbagai destinasi wisata alam Malaysia yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan berikut ini. Check this out!

1. Gunung Mulu National Park

SpotOn GunungMulu 01 Cover 1471522827 - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: ifly.magazine.com

Destinasi wisata alam Malaysia yang terletak di Serawak ini sudah sangat terkenal. Anda bisa menggunakan pesawat untuk bisa sampai di sini dan dilanjut dengan perjalanan menggunakan mobil rental. Daya tarik wisata alam Gunung Mulu adalah terdapat dua gua yang memiliki keunikan masing-masing. Pertama, Cave of The Winds menyuguhkan keindahan stalagtit dan stalagmit di langit-langit gua. Kedua, Deer Cave yang menyuguhkan berbagai sarang kelelawar di sepanjang langit gua. Kapal dan perahu mesin disediakan jika ingin menyusuri sungai alami yang berada di antara dua gua tersebut.

2. Batu Caves, Wisata Alam, dan Religi

Untitled design268 - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Batu Caves berlokasi relatif dekat, 15 kilometer dari Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Wisata ini merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam Batu Caves, bangunan kuil agama Hindu serta galeri seni yang berada di salah satu gua. Sampai di depan Batu Caves, para turis disambut oleh salah satu icon patung Malaysia, Dewa Muragan, setinggi 42 meter. 

Keunikan yang terdapat di kawasan ini, yaitu terdapat kurang lebih 272 anak tangga yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses menuju kuil. Beberapa gua yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum. Anda juga dapat melihat aktivitas secara langsung salah satu hewan primata, yaitu monyet. Sebagai wisata religi, ribuan umat Hindu setiap tahun di akhir bulan Januari datang untuk merayakan Festival Thaipusam. Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Malaysia terkenal ini setiap harinya pukul 06.00 – 21.00 waktu setempat.

3. Pulau Redang

yPJZLtHjogWdA4kMiRpCV7ylMm7B0dSA5J4GNx5enqwQnyBJvI3qutFZBW062 D ZxpqoLcSV2jW1HoAaViGXJPoaNZdRLO5yX AcT6lxhQp5BYkaOOSd93I vLY8WEOOVXJs m7 - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: summerbayresort.com.my

Wisata Malaysia terpopuler selanjutnya adalah Pulau Redang. Pulau Redang terbesar dan tercantik di timur Malaysia ini terletak di Lautan Cina Selatan dan menjadi bagian dari taman laut Terengganu, Malaysia. Air lautnya sangat jernih, pantai berpasir putih, dan dihuni ikan-ikan tropis di sekitar pulau. Pulau ini menawarkan banyak spot diving, kursus scuba diving, snorkeling, memancing, jungle tracking, bermain kano, dan lain-lain. Pulau ini cocok dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara yang berasal dari kalangan menengah atas. Karena hampir seluruh resort menawarkan fasilitas dengan harga lumayan tinggi. Jika Anda mengunjungi di luar musim liburan, jangan heran apabila Anda merasakan sensasi berada di pantai milik pribadi. Waktu terbaik untuk menikmati indahnya sunrise sekitar pukul 06.45 pagi waktu setempat.

4. Sky Mirror

Untitled design 43 - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: Travelholic

Sky Mirror adalah salah satu destinasi wisata alam Malaysia terpopuler dan unik di Selangor. Lokasinya tepat berada 2,8 kilometer lepas pantai Desa Jeram, Selangor (di tengah Selat Malaka). Di sini Anda bisa melihat pantulan bayangan langit dan semua objek berada di atas perairan. Cuaca dan pasang surut air laut untuk menimbulkan efek cermin menjadi faktor pendukung utama Sky Mirror. Bayangan langit yang dapat memantulkan objek hanya muncul saat 3 hari sebelum bulan baru, 5 hari setelah bulan baru, dan saat bulan purnama.

5. Langkawi Cable Car

240 F 62837445 J6b4x5ijkHxeNTzvzs355oC97tTaTF5d - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Cobalah naik kereta gantung ke puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi ini dengan ketinggian 709 meter di atas permukaan laut. Jika cuaca cerah, Anda bisa melihat Indonesia di arah barat daya dan Thailand di bagian utara. Anda akan melintasi hutan hujan tropis dan air terjun yang begitu indah. Perjalanan sepanjang 2,2 km ditempuh selama 20 menit. Biaya tiket tergantung dengan jenis gondola yang Anda naiki, berkisar antara RM30 sampai RM550.

Baca Juga: Traveller Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Visa Online Imigrasi

6. Genting Highland, Las Vegas-nya Malaysia

genting highlands l - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: stay-list.com

Genting Highlands atau Tanah Tinggi Genting (2000 m di atas permukaan laut) merupakan puncak gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia. Letaknya di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor. Jarak tempuh dari Kuala Lumpur sekitar satu jam menggunakan kendaraan roda empat atau melalui kereta gantung Genting Skyway. Tempat ini dikenal sebagai Las Vegas-nya Malaysia. Hotel First World yang dioperasikan oleh Resorts World Bhd ini merupakan hotel kedua terbesar di dunia saat ini dengan memiliki 6.118 kamar. Anda bisa mampir di Sky Avenue Mall untuk berbelanja. Para pecinta seni dan budaya juga bisa mampir di Senikome Pengheng yang mempromosikan keindahan budaya pesisir timur Malaysia.

7. Penang National Park

penangpark 58a59f4b3df78c345bd44c5d - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: tripsavvy.com

Lokasi Taman Nasional Penang berada di sebelah timur laut dari Pulau Teluk Bahang. Di sini, Anda bisa berkemah, memancing, trekking di hutan, dan merasakan hidup di alam bebas. Terdapat 2 jalur trekking yang bisa anda lewati. Jalur pertama melalui Monkey Beach (Teluk Duyung) dan jalur kedua yaitu jalur menuju ke Pantai Kerachut. Kedua jalur tersebut dapat diselesaikan kurang lebih dalam dua hari dan memiliki jalan yang terjal dan licin dengan banyak pepohonan.

Selain trekking, Anda bisa menyewa kapal untuk berkeliling pantai. Anda bisa menikmati tour dengan pemandangan sunset yang sayang untuk dilewati. Anda bisa menyaksikan bayi kura-kura dan menikmati pemandangan di atas 15 meter dengan berjalan di atas kanopi yang memiliki panjang 250 meter.

8. Gunung Kinabalu, Atap Tertinggi Malaysia

Untitled design - Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Sumber: mrizag.com

Bagi pendaki dan pecinta alam, Gunung Kinabalu yang terletak di Sabah bisa menjadi tujuan pendakian Anda selanjutnya. Kinabalu merupakan gunung tertinggi di negara Malaysia yang memiliki ketinggian 4.095 m di atas permukaan laut. Gunung ini menjadi salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan keanekaragaman flora dan fauna di dalamnya. 

Perlu Anda ketahui, meski Gunung Kinabalu termasuk salah satu gunung tertinggi di ASEAN, pendakian di gunung ini bisa dilakukan dengan mudah dan jauh lebih murah dibandingkan saat mendaki Puncak Jayawijaya. Bagi pendaki pemula dapat memanfaatkan fasilitas helipad untuk mengantarkan makanan ke atas gunung dan menginap di hotel di Pos Laban Rata.

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata alam Malaysia yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , ,