Traveller Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Visa Online Imigrasi

visa online imigrasi

Jika Anda ingin pergi ke mana saja di dunia ini, yang namanya paspor dan visa pasti sangat Anda butuhkan. Karena tanpa dua hal ini, Anda tidak akan bisa travelling ke luar negeri meskipun persiapan lainnya sudah matang. Memang, ada beberapa negara yang membebaskan visa bagi orang yang datang dari Indonesia. Namun, ketentuan pembebasan visa tersebut tidak berlaku di semua negara. Oleh karena itu, jika Anda hendak pergi ke luar negeri dalam waktu dekat, pastikan Anda telah mengetahui cara mengurus paspor serta visa online imigrasi. Nah, berikut ini adalah beberapa panduan pengajuan visa yang harus Anda pahami.

Baca juga: Perlukah WNI Membuat Visa Malaysia?

Mengenal Jenis-Jenis Visa

visa online imigrasi 1 - Traveller Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Visa Online Imigrasi

Paspor saja tidak cukup jika Anda ingin menjelajah ke luar negeri. Anda juga butuh visa untuk bisa masuk secara legal ke negara tujuan. Visa merupakan dokumen resmi dari negara yang menjadi destinasi liburan Anda. Mendapatkan visa, artinya Anda bisa masuk secara legal ke negara tersebut. Untuk tujuan berlibur, terdapat 2 jenis visa yang disesuaikan dengan negara tujuan yaitu Visa pre Arrival dan Visa on Arrival. Penetapan kedua jenis visa ini sangat bergantung pada kerja sama antar negara.

  1. Visa pre Arrival. Merupakan visa yang harus Anda ajukan sebelum waktu keberangkatan. Segala persyaratan dan biaya yang dikenakan akan berbeda tergantung dengan kebijakan setiap negara. Anda bisa mencari informasinya di situs website yang telah disediakan oleh keimigrasian negara terkait.
  2. Visa on Arrival. Merupakan visa yang bisa diurus setibanya Anda di bandara atau pelabuhan internasional negara tujuan. Di terminal kedatangan biasanya terdapat Kantor Imigrasi yang menangani pengajuan Visa on Arrival ini. Sama seperti Visa pre Arrival, segala biaya dan persyaratan untuk mengajukan visa jenis ini tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Selain itu, batas masa kunjungan juga berbeda untuk setiap negara tujuan Anda.

Mengurus Visa Secara Online

visa online imigrasi 2 - Traveller Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Visa Online Imigrasi

Saat ini, cara membuat visa sudah banyak yang dibantu dengan sistem online. Oleh karena itu, Anda sebaiknya sering-sering mengakses website Kedubes negara tujuan. Hal ini penting Anda lakukan untuk mendapatkan update informasi dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

Dari situ, Anda akan diarahkan untuk menuju ke website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal untuk verifikasi. Selanjutnya akan ada pemberitahuan melalui e-mail tentang kapan dan di mana waktu verifikasi atau wawancara akan dilakukan.

Memanfaatkan Travel Agent

Bagaimana jika menjelang keberangkatan Anda ke luar negeri Anda terlalu sibuk atau berlokasi jauh dari kedutaan negara tujuan? Mengurus visa melalui Travel Agent mungkin bisa menjadi solusi. Namun, Anda harus berhati-hati. Cari tahu terlebih dahulu apakah pihak Kedutaan Besar memang memperbolehkan sembarang Travel Agent untuk mengurus visa. Atau hanya Travel Agent yang ditunjuk saja. Jika memang Anda bebas memilih Travel Agent, maka Anda tinggal mengirimkan beberapa dokumen penting sebagai berikut ini:

  • Paspor.
  • Formulir permohonan aplikasi pengajuan visa.
  • Pas foto yang sesuai dengan format dan ukuran yang diminta oleh Kedubes yang bersangkutan.
  • Surat sponsor atau surat keterangan kerja.
  • Bukti keuangan selama 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi KK.
  • Itinerary atau surat keterangan atas tujuan Anda pergi ke negara tujuan.
  • Bukti pemesanan tiket keberangkatan ke negara tujuan.

Biasanya, pihak Travel Agent lah yang akan mengurus proses permohonan visa Anda dan melakukan pengambilan dokumen jika permohonan tersebut sudah disetujui. Sementara pengambilan oleh pemohon bisa dilakukan di cabang Travel Agent terdekat atau dikirim via pos ke alamat Anda sebagai pemohon aplikasi. Namun terkadang, pihak Kedubes masih meminta keterangan lain yang bersifat custom. Jadi sebaiknya Anda lebih sering untuk mengecek website Kedubes yang bersangkutan.

Tips Agar Lebih Cepat Mengurus Visa

visa online imigrasi 3 - Traveller Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Visa Online Imigrasi

Nah, setelah membahas cara pengajuan visa online imigrasi hingga penggunaan Travel Agent, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama proses pembuatan visa.

  • Yang pertama, pilihlah bulan-bulan low season untuk mengajukan permohonan aplikasi visa Anda. Pada saat tersebut, antrian akan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan high season. Sehingga proses pengajuan visa online imigrasi Anda akan lebih cepat.
  • Setiap Kedubes memiliki standar waktu pemrosesan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menunda-nunda waktu pembuatan atau pengurusan visa. Dengan mengurus visa jauh-jauh hari, resiko gagalnya keberangkatan Anda ke luar negeri akan semakin minim.

Setelah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan permohonan visa online imigrasi, semestinya Anda sudah lebih siap untuk mengurus perjalanan ke luar negeri yang telah direncanakan. Sedangkan untuk urusan pengelolaan keuangan selama di luar negeri, Anda juga tidak perlu khawatir. Aplikasi Qelola telah menyediakan pilihan fitur lengkap yang mendukung kegiatan berlibur Anda. dengan aplikasi Qelola, Anda tidak perlu pusing saat harus kirim uang ke antar negara, bayar tagihan, beli pulsa, dan lain sebagainya. Unduh aplikasinya sekarang dan coba berbagai fitur menariknya.

Tags: , , , , , ,