Universiti Malaya: Profil, Jurusan, dan Akomodasi

Universiti Malaya

Kuliah di luar negeri merupakan kesempatan yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena masih banyak orang yang menganggap bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang lebih besar. Padahal siapapun bisa kuliah di luar negeri secara gratis jika dia tekun dan mempraktekkan tips dan triknya. Salah satu negara yang banyak dituju pelajar Indonesia adalah Malaysia. Malaysia memiliki banyak kampus atau universitas yang membuka kelas bagi mahasiswa dari luar negeri, tak terkecuali mahasiswa dari Indonesia. Salah satu kampus internasional yang terkenal adalah Universiti Malaya. Jika Anda baru kali ini mengetahuinya, berikut adalah profil singkat dari Universiti Malaya serta akomodasi terdekat di sekitarnya.

1.  Profil Singkat Universitas Malaya

Universiti Malaya atau UM merupakan salah satu universitas tingkat internasional, dibuktikan dengan 2 akreditasi dari AACSB dan AMBA. UM juga merupakan satu-satunya universitas di Malaysia yang masuk dalam 100 universitas terbaik di dunia. Sehingga tidak heran jika kapasitas mahasiswa yang dapat ditampung dapat mencapai lebih dari 10.000 mahasiswa karena tingginya minat pelajar dari berbagai negeri pada universitas ini. Namun karena UM merupakan universitas negeri, sehingga mahasiswa internasional yang diterima masih terbatas pada 1%. Meskipun begitu, bukan berarti kesempatan Anda untuk belajar di sini ditutup.

Berdiri pada tahun 1949, UM menjadi universitas tertua di Malaysia. Kemudian pada tahun 2012, kampus ini mendapat status otonomi dari Departemen Pendidikan Malaysia sehingga kebijakannya menjadi lebih meluas. Kemudian untuk lokasinya, jangan kuatir karena kampus ini berada di perkotaan Kuala Lumpur, sehingga transportasi umum mudah untuk diakses. Hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang berencana tidak akan membawa kendaraan sendiri.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Memilih Melanjutkan Pendidikan di Malaysia

2.  Jurusan yang Ditawarkan

business 1868015 960 720 - Universiti Malaya: Profil, Jurusan, dan Akomodasi

Sebagai universitas bertaraf internasional, tentu UM memiliki pilihan jurusan yang banyak dan beragam. Saat ini saja, kampus ini memiliki total 12 fakultas, 2 akademi, dan 3 pusat studi. Akademi yang disediakan kampus UM adalah Akademi Studi Melayu dan Akademi Studi Islam. Kemudian untuk 3 pusat studinya, yaitu Pusat Studi Kebudayaan, Pusat Studi Olahraga, dan Pusat Studi Yayasan (University of Malaya). Sedangkan untuk fakultas yang disediakan sangat beragam, mulai dari klaster sosial humaniora terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Seni dan Ilmu Sosial, Fakultas Bisnis dan Akuntansi, dan lain sebagainya. Lalu klaster sains terdapat Fakultas Sains, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, dan lain-lain. Hingga klaster kesehatan seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Planologi.

3.  Akomodasi Terdekat dan Terjangkau

kamar airbnb - Universiti Malaya: Profil, Jurusan, dan Akomodasi

Untuk urusan akomodasi, khususnya tempat tinggal, Universiti Malaya menyediakan 12 perumahan yang ada di dalam kampus. Serta beberapa rumah pribadi yang disewakan dan rumah internasional. Berikut rinciannya:

a.  Perumahan Dalam Kampus

Perumahan dalam kampus yang mirip dengan apartemen bersusun ini dapat menampung hingga 11.000 mahasiswa. Tidak hanya disediakan bagi mahasiswa penduduk asli Malaysia saja, namun juga bagi mahasiswa internasional yang sedang menjalani Program Pertukaran Mahasiswa dari UM. Hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang mengambil Summer Course atau program pertukaran mahasiswa sejenis di Universiti Malaya. Biayanya pun sangat terjangkau, mulai dari tarif harian hingga tarif bulanan. Untuk tarif harian, yang biasanya diakses bagi mahasiswa program khusus, cukup membayar RM10 – RM20 per harinya. Kemudian bagi mahasiswa yang mengambil program kuliah sarjana yang butuh beberapa tahun biasanya akan disarankan membayar setiap bulan dengan tarif RM150 – RM360 per siswa per bulan.

b.  Rumah Internasional

Kemudian bagi mahasiswa internasional yang tidak mendapatkan kuota di dalam kampus, dapat menggunakan fasilitas rumah internasional ini. Lokasinya terletak 2 km dari kampus utama Universitas Malaya. Meskipun kurang dekat, kampus UM telah menyediakan transportasi berupa shuttle bus sehingga Anda tidak perlu mengakses transportasi umum lagi. Untuk fasilitas setiap unitnya sendiri, sudah disediakan furniture pokok dengan AC untuk masing-masing kamar (terdapat 2 kamar dan 1 kamar mandi). Tarif sewanya adalah RM1.500 per bulan tapi belum termasuk air dan listrik. 

Setelah melihat deskripsi di atas, apakah Anda tertarik mengenyam pendidikan di Universiti Malaya? Jika iya, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang jalur yang bisa Anda akses, serta persyaratan untuk bisa kuliah di universitas ini. Kemudian pelajari juga kondisi sosial budaya di Malaysia agar Anda tidak kesulitan beradaptasi nantinya.

Persiapan yang tak kalah pentingnya adalah merencanakan keuangan Anda selama tinggal di Malaysia. Biasanya Anda akan mendapat kiriman uang dari orang tua atau pemberi beasiswa di Indonesia. Tahukah Anda bahwa ada aplikasi keuangan yang mampu membantu Anda mengelola uang dengan mudah dan memiliki biaya transfer yang murah? Jika belum, aplikasi keuangan tersebut adalah Qelola. Dengan berbagai fitur menariknya, Qelola juga memungkinkan Anda menerima saldo Qelola dari Indonesia dengan lebih mudah. Pelajari penggunaannya dari sekarang dengan download Qelola disini, kemudian rasakan langsung manfaatnya.

Tags: , , , ,