Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Dulu 6 Tips Berikut

part time job

Hidup dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan bukanlah penghalang untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak calon mahasiswa yang berusaha keras untuk bisa tetap kuliah melalui jalur beasiswa. Untuk bisa mendapatkannya Anda tentunya harus rajin belajar ya! Selain mencari beasiswa kuliah, sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan yaitu kuliah sambil kerja. 

Melakukan dua hal sekaligus dalam satu waktu mungkin terdengar mustahil, namun jika Anda pandai mengatur waktu hal tersebut bisa dijalankan secara beriringan tanpa mengganggu proses kuliah. Justru pengalaman kuliah sambil kerja ini bisa memberikan manfaat tersendiri bagi Anda seperti mandiri secara finansial, punya riwayat bekerja, dan memperluas networking atau relasi kerja. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin terjun kuliah sambil kerja, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Punya Mental yang Kuat

change impossible into possible concept 254268 621.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Dulu 6 Tips Berikut

Kerja sambil kuliah tentunya bukanlah perkara yang mudah bagi seorang mahasiswa. Banyak hal yang benar-benar harus disiapkan terutama mental. Kehidupan yang akan dijalani tentunya akan berbeda 180 derajat dengan kehidupan teman-teman Anda. Di saat teman-teman Anda bisa fokus untuk urusan kuliah saja, tidak demikian dengan Anda. 

Selain belajar, Anda juga punya beban tersendiri untuk bisa membiayai kuliah dengan hasil keringat sendiri. Di kondisi tertentu mungkin Anda akan merasa bahwa hidup tidak adil atau merasa sangat kelelahan. Namun niatkan kembali pada tujuan Anda, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Cari Kerjaan Part Time/Freelance

Memilih jenis pekerjaan yang akan dilakoni selama kuliah sambil kerja juga harus dipikirkan masak-masak. Jangan sampai pada akhirnya Anda justru mengorbankan kuliah demi pekerjaan. Untuk bisa menyeimbangkan waktu kuliah dan kerja tetap selaras, carilah pekerjaan yang sifatnya part time atau freelance. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui portal media sosial atau dari rekan mahasiswa lainnya yang juga melakoni kuliah sambil kerja. 

Ada beberapa ide pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang bisa Anda coba seperti menjadi guru les privat, tutor online, penulis lepas, atau bisnis online. Beberapa restoran cepat saji atau kedai kopi franchise biasanya juga banyak membutuhkan tenaga kerja part time dari kalangan mahasiswa lho. Nah, Anda tinggal pilih pekerjaan mana yang sesuai dan bisa dijalankan tanpa mengganggu kuliah.

Baca Juga: Ingin Penghasilan Tambahan Selama Kuliah? Tengok 6 Peluang Berikut

Jangan Lupa untuk Menjaga Kesehatan

Kuliah sambil kerja pasti akan memforsir tenaga juga pikiran Anda. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan agar kondisi tubuh selalu fit. Anda tidak hanya dituntut untuk belajar saja, tapi juga bekerja keras untuk mencari uang. Rasa lelah yang Anda rasakan pasti dua kali lipat lebih banyak dibandingkan mahasiswa yang hanya fokus kuliah saja. 

Jadi jaga tubuh Anda dengan pola makan yang teratur, olahraga ringan, banyak minum air putih, jika perlu minum multivitamin. Usahakan tetap punya kualitas tidur yang cukup dan hindari stres karena hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kesehatan Anda.

Prioritaskan Tugas Kuliah

woman sitting ground working laptop 23 2148154860.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Dulu 6 Tips Berikut

Kuliah sambil kerja memang berat, tapi hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk menunda-nunda tugas yang diberikan dosen. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau yang dikenal dengan istilah procrastination ini malah bisa jadi bumerang tersendiri bagi Anda. Niat kuliah sambil kerja untuk bisa mewujudkan cita-cita yang diimpikan malah membuat kuliah Anda terbengkalai. 

Anda harus pintar-pintar membagi dan meluangkan waktu untuk membereskan tugas-tugas kuliah walaupun disambi bekerja. Jika tugas kuliah tidak bisa dikerjakan saat selesai bekerja, maka bangunlah pagi-pagi pada esok harinya untuk merampungkan segalanya. Jika tugas yang didapat adalah tugas kelompok, maka Anda bisa tukeran shift atau minta izin pada bos yang penting urusan kuliah tetap jadi prioritas utama.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Atasan

Menjalin komunikasi yang baik dengan atasan tempat Anda bekerja juga tidak boleh disepelekan. Anda pasti sesekali akan terlambat datang bekerja karena ada urusan kampus yang tidak bisa diabaikan. Sampaikanlah kendala-kendala yang membuat Anda terlambat dan ceritakan kondisi Anda apa adanya agar atasan bisa mengerti dan memberi sedikit kelonggaran. 

Membangun Relasi saat Bekerja

wooden cube block print screen person icon which link connection network organisation structure social network teamwork concept 50039 1638.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Dulu 6 Tips Berikut

Manfaatkan waktu Anda saat bekerja untuk mencari relasi. Saat menjalani pekerjaan paruh waktu, freelance, atau kerja shift Anda pasti akan berinteraksi dengan banyak orang. Berikanlah service yang maksimal agar mereka puas dengan kinerja Anda. Bisa jadi orang-orang yang jadi pelanggan, pembeli, atau klien Anda adalah orang yang akan jadi jalan pembuka rezeki selepas kuliah nanti. Saat tahu baik bagaimana kinerja Anda dulu, pastinya mereka tidak akan ragu untuk menggandeng Anda sebagai rekan kerja atau rekan bisnis di kemudian hari. Jadi selain prestasi, carilah relasi sebanyak-banyaknya ya!

Kuliah sambil kerja tidak mustahil untuk bisa dijalankan dengan seimbang. Akan tetapi, persiapkan diri Anda dengan baik dengan mengikuti beberapa tips di atas agar proses kuliah tetap bisa berjalan dengan baik. Yang paling penting tetap prioritaskan urusan kampus dulu ya, agar Anda juga bisa lulus tepat waktu. Nah jika Anda ingin tagihan listrik, air, dan BPJS Kesehatan selalu bisa dibayar secara tepat waktu bayarlah melalui aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang bisa Anda gunakan untuk bayar-bayar tagihan pokok langsung dari ponsel. Cukup mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore Anda sudah bisa melunasi segala tagihan dengan sekali klik saja. Berminat? Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola di sini. Pelajari lebih jauh tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

Tags: , , ,