Procrastination adalah Hal Merugikan, Stop dengan Cara Ini

pengertian procrastination

Apakah Anda termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan? Apakah Anda juga termasuk orang yang suka mengerjakan tugas di menit-menit terakhir tenggat deadline? Jangan sepelekan ya, bisa jadi Anda sedang mengalami procrastination. Procrastination adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang baik secara sadar atau tidak sadar. 

Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi terjadinya procrastination. Bisa jadi kurang menguasai materi, merasa masih banyak waktu, takut tidak sesuai ekspektasi, tertekan, atau terpengaruh kebiasaan orang lain. Bagi Anda mungkin ini hanyalah masalah sepele, namun jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan psikis lho! Ketahui ciri-cirinya berikut ini agar bisa mengatasinya sebelum terlambat.

Apakah Anda Terkena Procrastination? Kenali Gejalanya

woman wearing black robe hugging pillow bed 1150 23254.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Procrastination adalah Hal Merugikan, Stop dengan Cara Ini

Procrastination adalah hal yang lumrah dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun jika sudah jadi kebiasaan, biasanya hal ini akan mengacaukan segalanya. Kinerja Anda jadi menurun, hasil kerja kurang maksimal, bahkan bisa membuat orang di sekitar Anda meniru kebiasaan buruk ini. Supaya Anda bisa segera mengantisipasinya, yuk kenali ciri-ciri procrastination berikut.

Merasa bahwa Menunda Pekerjaan akan Membuahkan Hasil yang Lebih Baik

Ciri-ciri pertama Anda mengidap procrastination adalah merasa bahwa dengan menunda pekerjaan, hasil yang didapat nanti akan lebih baik. Anda punya anggapan bahwa pekerjaan yang dikerjakan lebih awal akan kurang maksimal karena ide yang didapat masih belum matang. Anda butuh waktu lama untuk memulai dan berpikir terlalu jauh tentang hal yang harus dikerjakan. Bukannya lahir ide atau gagasan yang brilian, justru pekerjaan Anda tidak segera dimulai. Alhasil Anda pun menunda-nundanya dengan dalih belum ada ide yang pas.

Suka Mempersulit Diri Sendiri

Ciri selanjutnya dari procrastination adalah Anda suka mempersulit diri sendiri. Perasaan ini timbul karena Anda merasa tidak percaya diri. Anda dihadapkan pada perasaan minder karena merasa orang lain lebih baik dari Anda. Karena alasan tersebut, Anda jadi ragu-ragu untuk memulai suatu pekerjaan. Anda tidak cukup yakin bisa mengerjakannya dengan baik. Padahal belum tentu hal itu benar, jika terus-terusan seperti ini Anda sama saja dengan mempersulit diri sendiri.

Gagal Move On dari Kesalahan Sebelumnya

Dalam hidup Anda pasti sering berbuat kesalahan. Dari kesalahan tersebut seharusnya Anda bisa mengambil hikmah dan memperbaikinya. Namun hal ini tidak berlaku bagi Anda yang mengalami procrastination. Kesalahan di masa lalu jadi momok tersendiri bagi Anda, sehingga ragu-ragu untuk memulai suatu pekerjaan yang sama. 

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Penyakit Akibat Kerja yang Dapat Menyerang Karyawan

Hentikan Procrastination Sekarang Juga!

girl holding clock with copy space 23 2148277140.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Procrastination adalah Hal Merugikan, Stop dengan Cara Ini

Jika Anda mengalami ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas segera antisipasi agar tidak menimbulkan gangguan psikis. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Berhenti Jadi Orang yang Perfeksionis

Bisa mengerjakan sesuatu dengan sempurna tentunya jadi kepuasaan tersendiri bagi Anda. Namun jika Anda selalu menuntut hasil yang sempurna dari setiap pekerjaan justru akan membuat Anda stres sendiri. Jika dirasa ada sesuatu yang kurang pas, Anda pasti akan mencoba mengulanginya sampai mendapatkan hasil yang menurut Anda pas. Jika terus dibiarkan justru pekerjaan Anda semakin tertunda dan tidak selesai tepat pada waktunya.

Cobalah untuk bersikap santai dan apa adanya. Kerjakanlah apa yang bisa dikerjakan walaupun hasilnya mungkin tidak sesempurna yang Anda bayangkan. Hal ini bukan berarti pekerjaan Anda bisa dikerjakan asal-asalan ya. Lambat laun Anda pun bisa memperbaiki hasil kerja yang dirasa belum sempurna tadi secara bertahap saat sudah terbiasa. 

Jangan Melakukan Pekerjaan di Penghujung Deadline

Kebiasaan orang yang terkena procrastination adalah suka mengerjakan sesuatu di waktu-waktu terakhir. Anda lebih suka mengerjakan tugas dalam satu waktu secara langsung daripada harus mencicilnya sedikit demi sedikit tiap harinya. Cobalah untuk mengubah kebiasaan seperti ini. Jika Anda mengerjakan tugas dengan cara seperti ini bukankah justru membuat Anda tertekan. Jika Anda tertekan maka Anda jadi tidak fokus dan pekerjaan Anda punya kualitas yang kurang baik. Jadi sebaiknya ubahlah mindset seperti itu dan jangan menunda-nunda pekerjaan lagi.

Stop Meremehkan Pekerjaan

Ciri pengidap procrastination adalah meremehkan pekerjaan Anda saat ini. Anda menganggap bahwa pekerjaan Anda hanyalah pekerjaan sepele yang bisa dikerjakan dengan cepat nantinya. Dengan kata lain Anda menggampangkan pekerjaan yang semestinya harus segera diselesaikan. Nah, jangan sampai kebiasaan ini justru menyusahkan Anda sendiri di akhir deadline. Walaupun bagi Anda pekerjaan ini sangat mudah, akan lebih bijak jika dikerjakan secara berkala sehingga selesai tepat waktu tanpa merasa dikejar-kejar waktu.

Apakah Anda mengalami gejala procrastination di atas? Jika ya segera hentikan dan lakukan upaya-upaya untuk mengatasinya ya! Selain berhenti menunda pekerjaan, Anda juga jangan sampai menunda pembayaran tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan atau bakal terkena denda. Lakukan pembayaran berbagai tagihan tersebut melalui aplikasi Qelola. Caranya sangat mudah, unduh aplikasi Qelola yang ada di Playstore dan lunasi tagihan Anda langsung dari ponsel. Pelajari lebih jauh tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

Tags: , , ,