Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

EP 8 - Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

Dengan nuansa klasik dan budaya Melayu yang kental, Johor Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, meskipun letaknya di bagian paling selatan dan jauh dari Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, keindahannya yang menakjubkan tidak akan menyurutkan keinginan Anda untuk berkunjung ke sana. Setelah jauh-jauh menempuh perjalanan tentunya wisata Anda untuk menikmati keindahan Johor Malaysia tidak ingin terganggu karena keperluan-keperluan yang tidak dipersiapkan dengan baik. Layaknya berwisata ke tempat lainnya Johor Malaysia pastinya mempunyai aturannya sendiri. Anda pun tidak ingin terkena masalah karena tidak menaati peraturan bukan? Oleh karena itu, sebelum berkunjung sebaiknya perhatikan tips dan aturan ketika berada di Johor Malaysia berikut untuk wisata yang aman dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terbaik di Johor Malaysia

Tips Menyiapkan Wisata Menyenangkan di Johor Baru

EP 8 1 - Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

Tentukan Tujuan

Johor berjarak cukup jauh dari Kuala Lumpur, selain itu daerahnya juga cukup luas sehingga peting untuk menentukan kota tujuan Anda sebelum berangkat. Hal ini dibutuhkan karena akan berpengaruh pada transportasi apa yang Anda gunakan dan jalur mana yang akan dipilih. Apakah melewati jalur darat dari Kuala Lumpur atau Melaka, apakah lewat jalur darat dari Singapura atau langsung memilih pesawat dengan tujuan bandara di Johor Bahru. Jika belum menentukan tujuan dan salah memilih transportasi bisa sangat menyulitkan apalagi jika berwisata dengan budget terbatas.

Buat Rencana Perjalanan Lengkap

Selain tujuan, buatlah rencana perjalanan yang lebih lengkap. Rencanakan jadwal per hari, akomodasi, transportasi, berbagai keperluan, biaya hingga kegiatan membeli oleh-oleh. Berikan gambaran umum destinasi mana saja yang dituju, perhitungan jarak, serta waktu yang dipergunakan untuk menuju dan ketika berada di sana. Ini akan berpengaruh pada jadwal bus yang dipilih, dimana saja harus menyewa penginapan, dan apa saja yang diperlukan selama perjalanan.

Cari Tiket dan Penginapan

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah mencari tiket pesawat dan juga penginapan. Ada beberapa alternatif penerbangan yang bisa dipilih untuk sampai ke Johor. Anda bisa langsung mengambil penerbangan internasional ke Bandar Udara Intenasional Senai di Johor Bahru. Namun penerbangan menuju bandara ini hanya tersedia dari Jakarta dan Surabaya serta hanya ada 2 hari sekali. Untuk Anda yang berasal dari kota lain bisa mengambil penerbangan menuju Kuala Lumpur atau Singapura terlebih dahulu. Selanjutnya perjalanan menuju Johor dapat dilakukan melalui jalur darat. Untuk penginapan disarankan memesan sebelum berangkat ke Johor karena harga yang didapat bisa lebih murah. Dengan bantuan aplikasi pencarian penginapan, Anda pun tidak perlu repot berkeliling mencari penginapan secara langsung.

Tukar Uang

Tukar uang paling lambat seminggu sebelum berangkat ke Malaysia. Hindari menukar uang pada waktu yang mepet sehingga bisa melakukan perbandingan dan membuat keputusan yang lebih baik. Opsi lainnya adalah menukar uang di hari Senin atau Selasa, atau ketika pasar baru dibuka. Selain itu, hindari menukar uang di bandara karena money changer bandara biasanya mengenakan biaya yang lebih mahal. Bahkan saking mahalnya, Anda bisa kehilangan hingga 20% nilai uang. Menukar uang di Malaysia juga tidak disarankan. Ini karena nilai tukar rupiah cenderung lebih lemah ataupun rendah dibandingkan dengan ringgit.

Aturan Berwisata di Johor Baru

EP 8 2 - Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

Ketika mengunjungi negara orang, bukan hanya diri Anda dan rencana wisata saja yang harus disiapkan. Anda juga butuh membaca lingkungan sekitar serta mengetahui peraturan agar dapat menyesuaikan diri dan tetap aman. Dan ketika berada di Johor, aturan-aturan berikutlah yang harus diperhatikan:

Perbedaan Budaya

Indonesia dan Malaysia memang menganut budaya ketimuran yang cukup kental. Namun, dibandingkan negara kita, Malaysia jauh lebih konservatif baik tentang agama atau budaya. Sehingga perlu berhati-hati dalam berpakaian serta tidak menyinggung permasalahan ras atau etnis.

Perhatikan Lalu Lintas

Untuk Anda yang mempunyai SIM internasional dan ingin mengemudi sendiri di Johor, wajib memperhatikan peraturan lalu lintas di sana ya! Walaupun lalu lintas di Johor akan sama padatnya dengan di Indonesia, dan Anda sudah terbiasa, namun jangan sampai mengemudi sesuka hati. Selain itu perhatikan pula jalur-jalur yang mungkin akan macet dan berbahaya. Seperti contoh, di Jalan Raya Pasir Gudang yang mengarah ke luar kota. Sepanjang melewatinya Anda akan menemukan banyak jalan sempit serta berpapasan dengan truk tangki. Jadi usahakan untuk berhati-hati. Selain bagi pengemudi, aturan lalu lintas juga harus diperhatikan oleh pejalan kaki. Di Johor, menyeberang jalan sembarangan bisa dikenakan denda. Jangan menyeberang sembarangan ya!

Aturan Minuman Beralkohol

Di sana terdapat wilayah yang tidak mengizinkan membawa minuman beralkohol, namun ada pula yang mengizinkan bahkan menyediakan dengan harga yang lebih terjangkau. Bagi Anda yang mengonsumsi alkohol, bisa memperhatikan tanda peringatan yang dipasang di depan umum dan jangan membawa minuman beralkohol ke daerah tersebut. Dan jika berada di zona yang memperbolehkan, usahakan untuk tidak minum berlebihan dan mabuk di depan umum.

Tingkat Kriminalitas

Anda mungkin tidak mengetahui ini namun Johor tercatat mempunyai tingkatan kejahatan yang lebih tinggi dibandingkan negara bagian lainnya. Perampokan dan pencurian sering terjadi. Ini terlihat dari banyaknya hotel yang mempunyai keamanan pribadi untuk menjamin keamanan pengunjungnya. Anda juga perlu berhati-hati ketika berjalan-jalan di kota atau tempat wisata. Jangan memakai perhiasan terlalu mencolok, karena Anda tidak mau pencopet tergiur dan mengambilnya bukan?

EP 8 3 - Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

Itu tadi beberapa tips dan aturan berwisata aman dan menyenangkan di Johor Malaysia. Untuk mempermudah transaksi Anda selama berada di sana, kini telah hadir Qelola yang menghadirkan banyak layanan fiansial termasuk penukaran mata uang asing. Aplikasi ini mempermudah Anda yang berada atau ingin ke Malaysia dalam melakukan berbagai transaksi. Anda tidak perlu repot menukar uang terlebih dahulu di money changer ketika ingin bertransaksi atau mengirim uang. Cukup dengan sekali klik, Qelola yang akan bekerja untuk menukar mata uang sesuai dengan jumlah dan transaksi yang Anda butuhkan. Download aplikasinya di sini dan rasakan berbagai kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , ,