4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

malaysia

Saat mendengar kata Malaysia pasti akan dikaitkan dengan TKI/Tenaga Kerja Indonesia. Negara Malaysia juga selama ini identik dengan Kota Kuala Lumpur. Selain banyaknya objek wisata yang menarik, Kuala Lumpur merupakan kota modern yang menawarkan pusat belanja yang murah. Padahal masih ada kota wisata lainnya di Malaysia yang tak kalah menarik dan wajib ada di daftar rencana perjalanan/itinerary Anda saat jalan-jalan ke negeri Jiran ini. Nah, untuk Anda yang sedang bingung mencari referensi kota wisata mana saja yang ingin dikunjungi saat singgah ke Malaysia, baca artikel berikut ini!

Referensi Kota Wisata di Malaysia yang Wajib Masuk Daftar untuk Dikunjungi

  • Penang

kota wisata 55 - 4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

Kota wisata pertama yang harus Anda kunjungi saat berada di Malaysia adalah Pulau Penang atau orang biasa menyebutnya Penang saja. Untuk bisa sampai ke sana, ada banyak pilihan kendaraan yang bisa Anda coba. Jika Anda menggunakan bus atau mobil, waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah 5 hingga 6 jam. Jika memilih naik kereta akan lebih singkat 1 jam. Namun jika Anda ingin akses yang paling cepat maka gunakanlah pesawat karena hanya akan memakan waktu 30 menit saja. 

Bangunan yang jadi ikon di kota wisata Penang tak lain dan tak bukan adalah Penang Bridge. Konon, jembatan ini juga merupakan jembatan terpanjang di Malaysia, lho! Selain itu, objek wisata menarik lainnya yang harus dikunjungi di kota wisata Penang adalah Penang Hill. Di sini Anda bisa menyaksikan pemandangan kota Penang dari atas dataran tinggi. Untuk mencapai Bukit Penang ini Anda dapat menggunakan funicular train dari Railway Lower Station di Ayer Itam dengan ongkos sekitar 30 ringgit Malaysia untuk perjalanan berangkat-pulang.

Selain sebagai tujuan kota wisata lainnya, Penang juga ramai didatangi masyarakat Indonesia untuk berobat, lho. Bahkan kota ini jadi alternatif tujuan berobat orang Indonesia setelah negara Singapura. Bagi Anda yang gemar dengan kuliner lokal jangan sampai melewatkan Penang ya! Karena di Penang Anda akan menemukan banyak ragam wisata kuliner yang wajib dicoba. Bahkan, kota wisata Penang ini sampai dijuluki the best street food karena banyaknya pusat kuliner yang ada. Gurney Hawker Center adalah pusatnya pedagang kaki lima di Penang yang menjual berbagai macam makanan mulai dari Malaysia, Cina, dan India. Apalagi bagi Anda yang ingin liburan murah ke Malaysia wajib hukumnya datang ke sini karena harga makanannya sangat murah. 

  • Kuching

kota wisata 22 - 4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

Sumber : https://blog.airpaz.com/

Kota wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kota Kuching. Kota Kuching ini adalah surganya belanja bagi Anda yang gemar shopping barang-barang brand ternama. Segala hal yang ada di kota wisata Kuching ini tergolong murah dari hotel, tempat kuliner dan souvenir oleh-olehnya. Orang Indonesia yang datang ke kota ini didominasi oleh orang Kalimantan Barat. Berbeda dengan Kuala Lumpur dengan hingar bingarnya, Kota Kucing menawarkan atmosfer wisata yang tenang. Bahkan kota ini sudah mulai hening dari kesibukan setelah jam 8 malam, lho. Selain surga belanja, Kuching juga menawarkan wisata alam yang wajib dikunjungi yaitu Bako National Park.

  • Johor Bahru

kota wisata 3 700x467 - 4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

Sumber : https://www.linkedin.com/

Johor Bahru jadi kota wisata ketiga lainnya yang harus didatangi saat jalan-jalan ke negara Malaysia. Kota wisata yang satu ini sangat cocok untuk family trip karena menyuguhkan berbagai theme park yang menarik. Umumnya masyarakat Indonesia datang ke Johor Bahru untuk mampir ke Legoland. Theme Park yang satu ini banyak menarik minat pelancong karena memiliki keunikan tersendiri. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai wahana keren dengan konsep permainan Legoland. Wah pasti anak-anak akan betah kalau diajak ke tempat ini. Selain Legoland, ada theme park lainnya yang bisa jadi alternatif yakni Hello Kitty Town, The Little Big club dan Kebun Binatang Johor.

  • Melaka

kota wisata 4 700x527 - 4 Rekomendasi Kota Wisata di Malaysia Selain Kuala Lumpur Ini Menarik Lho!

Sumber : https://www.kompasiana.com/

Pilihan kota wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi selama travelling ke Malaysia adalah Kota Melaka. Perlu Anda tahu bahwa Kota Melaka sangat terkenal karena situs-situs dan bangunan peninggalan sejarahnya. Walaupun bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Melaka ini sudah sangat tua namun kondisinya masih kokoh lho. Hal ini karena keseriusan dan kemampuan pemerintah setempat dalam merawat situs-situs bersejarah tersebut. Bangunan bersejarah di Melaka yang bisa Anda datangi adalah Queen Victoria Fountain, Benteng A Famosa, dan gereja St. Peter’s Church yang sudah berdiri sejak tahun 1710. Hebatnya, Kota Melaka ini bahkan mendapat anugerah pusat “World Heritage” oleh organisasi dunia UNESCO.

Mengunjungi kota wisata di Malaysia akan lebih nyaman dengan bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran digital. Umumnya, Anda pasti akan menukarkan mata uang ringgit di money changer untuk membeli keperluan selama di Malaysia. Cara lainnya, diantara Anda pasti ada yang memegang kartu debit berlogo mastercard untuk sewaktu-waktu bisa dipakai mengambil uang via ATM di Malaysia. Namun, biasanya Anda akan dikenakan biaya tarik tunai/biaya administrasi jika menarik uang dari ATM di sana. Sekarang ada solusi baru bagi Anda untuk melakukan tarik tunai atau pembayaran secara non tunai di Malaysia, yaitu dengan memakai aplikasi Qelola. 

Dengan aplikasi Qelola, Anda hanya perlu men-download aplikasinya melalui ponsel. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan/pembayaran digital yang akan membantu Anda dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran selama di Malaysia. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti transfer uang dan bayar-bayar tagihan ke Indonesia. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. Jangan khawatir dengan biaya transaksinya, karena Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia saja per transaksi. Bagaimana menarik bukan? Lengkapi liburan murah Anda ke kota wisata di Malaysia dengan aplikasi Qelola, download aplikasinya disini ya!

 

Tags: , , , , ,