Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

bandara malaysia

Bandara di Malaysia menjadi salah satu sarana tempat pemberhentian pesawat yang pasti dikunjungi wisatawan. Puluhan bandara di Malaysia melayani berbagai rute baik domestik maupun internasional. Ketika hendak berwisata ke Malaysia, pesawat menjadi transportasi alternatif yang banyak digunakan oleh wisatawan karena mudah dijangkau. Hal tersebut membuat beberapa bandara di Malaysia sangat ramai dengan padatnya jadwal penerbangan yang ada. Mulai dari Bandara Internasional Kuala Lumpur di Selangor Malaysia hingga Bandara Internasional Kuching di wilayah Sarawak selalu sibuk dengan aktivitas penerbangan. Berikut adalah daftar 7 bandara paling ramai yang sering digunakan untuk penerbangan domestik dan internasional di Malaysia.

1. Kuala Lumpur International Airport

rsz 15355524295 4dafa59b3a b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Bandara ini merupakan bandar udara utama yang ada di Malaysia. Tak heran, bandara ini memiliki aktivitas penerbangan yang sangat padat. Dibuka pada tahun 1998, bandara yang terletak di Selangor Malaysia ini memiliki misi untuk membawa dunia ke Malaysia dan membawa Malaysia mendunia. Kuala Lumpur International Airport melayani penerbangan domestik dan internasional. Bandara dengan luas mencapai 100 kilometer persegi ini dilengkapi dua menara pengendali dan mampu melayani 100 pergerakan penerbangan setiap saat.

Kuala Lumpur International Airport yang lebih sering disebut KLIA ini memiliki dua bandara, bandara KLIA 1 dan KLIA 2. Perbedaan KLIA 1 dan KLIA 2 ada pada letaknya. Wisatawan bisa menggunakan moda transportasi kereta seperti KLIA Ekspres atau KLIA Transit untuk menjangkau bandara ini. Bus dan taksi juga menjadi moda transportasi alternatif yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga: 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

2. Bandara Internasional Kota Kinabalu

rsz 8211385802 a55aed2338 b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Bandara Malaysia tersibuk di urutan kedua adalah Bandar Udara Internasional Kota Kinabalu yang terletak di negara bagian Sabah. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional. Di bandar udara ini, ada penerbangan ke Bangkok, Manila, Bandar Seri Begawan, Manila, dan berbagai tempat lainnya. Maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Internasional Kota Kinabalu pun cukup banyak. Ada Air Asia, Air Seoul, Asiana Airlines, Lion Air, Malaysia Airlines, Royal Brunei Airlines, dan banyak lainnya.

3. Penang International Airport

rsz 22797123218 4544b57387 b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Bandara ini terletak di negara bagian Penang. Penerbangan domestik dan internasional tersedia di bandara ini. Penang International Airport melayani penerbangan tujuan ke Singapura, Hongkong, Taipe, Jeddah, Kuala Lumpur, Kuching, dan sebagainya. Sedangkan, penerbangan yang dilayani dari dan ke Indonesia meliputi beberapa kota seperti Jakarta, Medan, Semarang, Banda Aceh, Bandar Lampung, dan Surabaya.

Maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Penang International Airport adalah Cathay Dragon, China Airlines, Lucky Air, Malindo Air, Malaysia Airlines, dan masih banyak lainnya. Di Indonesia, maskapai yang melayani penerbangan ke bandara ini adalah Air Asia, Lion Air, Firefly, dan Sriwijaya Air.

4. Kuching International Airport

rsz 14394369877 c04c90a1b4 b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Bandara ini terletak di negara bagian Sarawak. Dalam bahasa Melayu, bandar udara ini disebut sebagai Lapangan Terbang Antar Bangsa Kuching. Selain itu, Kuching International Airport merupakan markas bagi Angkatan Udara Malaysia. Seperti bandara di Malaysia lainnya, Kuching International Airport juga melayani penerbangan domestik dan internasional. Untuk penerbangan lokal yang dilayani adalah penerbangan dengan tujuan Bintulu, Johor Bahru, Kota Bharu, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Miri, Penang, dan Sibu. Tujuan penerbangan internasional yang tersedia seperti penerbangan menuju ke Hongkong, Singapura, Indonesia, Manila, Shanghai, Taipe, dan masih banyak lainnya.

5. Bandara Miri

busy airport with aircrafts gates taking off 39420 236 - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Bandara di Malaysia ini lebih dikenal sebagai Lapangan Terbang Miri. Bandara Miri terletak di negara bagian Sarawak yang menyatu dengan Pulau Kalimantan. Utamanya, bandara ini melayani penerbangan domestik ke Sarawak, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Johor Bahru, dan Kuching. Tak hanya itu, tersedia juga penerbangan ke Mukah, Mulu, Tanjung Manis, dan berbagai kota di Malaysia lainnya. Penerbangan internasional yang dilayani hanya ke Singapura dan Indonesia. Untuk penerbangan Indonesia menuju ke Majalengka, Jayapura, dan Merauke.

6. Langkawi International Airport

rsz 9205828841 739451526e b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Langkawi International Airport terletak di negara bagian Kedah. Jika Anda hendak menikmati Pulau Langkawi dari ketinggian, penerbangan melalui bandara ini bisa menjadi solusinya. Penerbangan domestik bandara ini melayani tujuan ke Subang Jaya, Penang, dan Kuala Lumpur. Untuk penerbangan internasional hanya tersedia menuju Singapura. Maskapai yang tersedia meliputi Air Asia, Berjaya Air, Firefly, Malaysia Airlines, dan SilkAir.

7. Senai International Airport

rsz 5441217201 75971ae7f1 b - Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Senai International Airport awalnya bernama Bandar Udara Sultan Ismail. Bandara ini terletak di semenanjung selatan Malaysia. Penerbangan domestik bandara ini menuju ke Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuala Terengganu, Kuching, Langkawi, Miri, dan Penang. Sementara penerbangan internasional Senai International Airport menuju ke beberapa kota besar seperti Jakarta, Bangkok, Guangzhou, Ho Chi Minh City, Surabaya, dan Shenzhen. Pada musim haji, bandara ini juga melayani penerbangan menuju Jeddah dan Madinah.

Ada banyak akses bandara yang bisa Anda gunakan jika ingin berkunjung ke Malaysia. Mulai dari bandara di Kuala Lumpur hingga bandara di Senai selalu tersedia. Pilihan bandara yang tepat akan memberikan Anda akses terbaik saat berwisata ke Malaysia. Jika Anda membutuhkan akses yang mudah untuk bertransaksi di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola. Dengan fitur e-wallet, transfer uang, dan multi-billing yang tersedia akan memudahkan Anda bertransaksi dan menikmati kunjungan ke Malaysia. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola dan manfaatkan berbagai fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,