Serba-Serbi Mengenai Aplikasi yang Harus Anda Ketahui

aplikasi

Anda pasti sudah akrab dengan istilah ‘aplikasi’ bukan? Ketika menggunakan smartphone yang dibuka adalah aplikasi, ketika mengoperasikan komputer yang dijalankan juga aplikasi. Namun dari sekian sering menggunakannya, apakah Anda mengerti apakah aplikasi itu sebenarnya? Seberapa banyak jenisnya? Dan mungkin Anda pun tidak menyadari ada banyak sekali fungsinya yang tidak digunakan selama ini. Agar bisa memanfaatkannya dengan lebih baik dan lebih jauh lagi, Anda bisa membaca ulasan mengenai aplikasi berikut ini.

Baca Juga: Bingung Pilih Aplikasi Transfer Uang Lewat Hp? Pakai Qelola!

Apa itu Aplikasi?

EP 5 1 - Serba-Serbi Mengenai Aplikasi yang Harus Anda Ketahui

Aplikasi adalah suatu perangkat lunak (software) atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Pada hakikatnya sebuah perangkat lunak ini dibuat untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan yang merupakan beban bagi pemakainya.

Jenis-Jenis Aplikasi

EP 5 2 - Serba-Serbi Mengenai Aplikasi yang Harus Anda Ketahui

Berbagai kemudahan yang bisa didapatkan tentu saja tidak dijalankan hanya dengan satu jenis aplikasi saja. Saat ini ada berbagai jenis aplikasi yang dikhususkan untuk setiap lini kehidupan dengan fungsinya masing-masing. Jenis-jenis tersebut antara lain:

  1. Desktop

Aplikasi desktop adalah perangkat lunak yang dapat dijalankan secara offline atau tanpa menggunakan sambungan internet. Perangkat lunak jenis ini biasanya harus didownload terlebih dahulu dan dipasangkan di smartphone atau komputer Anda. Ada banyak jenisnya yang kita ketahui selama ini. Namun secara garis besar jenis ini dibagi atas dua kategori yakni memiliki banyak fitur seperti Microsoft Word dan yang hanya mempunyai satu atau dua fitur seperti jam atau kalender.

  1. Grafis

Seperti namanya, jenis ini difungsikan untuk mengolah data berformat gambar baik dengan membuat gambar baru ataupun mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

  1. Web Browser

Jenis inilah yang difungsikan untuk membantu Anda mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Dengan web browser Anda bisa menjelajah berbagai belahan dunia hanya menggunakan smartphone atau komputer saja.

  1. Multimedia

Ada beberapa elemen yang digabungkan dalam perangkat lunak jenis ini. Gambar, video, suara animasi serta teks ada di dalamanya. Aplikasi multimedia biasa Anda manfaatkan sebagai media hiburan. Windows Media Player, iTunes, I Music, dan yang sejenis dengan ini merupakan contohnya.

  1. Communication

Yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan dan yang paling populer. Karena sebagian besar orang-orang saat ini pasti mempunyai media sosial dan perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Perangkat-perangkat lunak populer seperti Line, Whatsapp, Instagram, Pinterest adalah contohnya.

  1. DBMS

DBMS atau Database Management System adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk menyimpan data, mengolah data, dan untuk menghasilkan output berupa informasi. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dll.

Fungsi Aplikasi

EP 5 3 - Serba-Serbi Mengenai Aplikasi yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perangkat lunak ini difungsikan untuk membantu mempercepat dan memudahkan beban kerja penggunanya. Fungsi memudahkan ini pun diterapkan di berbagai bidang yang antara lain:

  • Bidang Pendidikan

Saat ini banyak sekali bermunculan bimbingan belajar yang memanfaatkan teknologi sebagai media bertemu dengan para siswa dan mengajar. Selain itu banyak pula pengajar yang mengganti kelas-kelas mereka atau sekadar memberikan materi melalui perangkat lunak berbasis teknologi lainnya. Ini merupakan fungsi di bidang pendidikan.

  • Bidang Ilmu Pengetahuan

Seperti diketahui internet dan teknologi lainnya merupakan sumber berbagai informasi. Apapun informasi yang Anda cari bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan sekali klik. Ketika mencari informasi ini, Anda telah menggunakan software pencarian seperti Google Chrome, Opera Mini dan lain sebagainya. Dengan pencarian tersebut pun Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru.

  • Bidang Kedokteran

Saat ini banyak sekali software yang dikembangkan untuk membantu para medis dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah aplikasi yang digunakan untuk cek rutin atau konsultasi dengan dokter. Aplikasi-aplikasi ini bahkan bisa diakses secara gratis di smartphone Anda.

  • Bidang Militer

Bidang militer pun tidak ketinggalan untuk mendapatkan manfaat. Ada berbagai software seperti aplikasi navigasi dan pengendalian pesawat yang bisa dimanfaatkan untuk pertahanan militer.

  • Bidang Bisnis

Dan yang juga banyak mendapatkan manfaat adalah bidang bisnis. Ada berbagai software yang tersedia untuk mempermudah proses berjalannya suatu bisnis seperti aplikasi akuntansi, kasir, dan lain sebagainya.

Selain fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi pun memberikan Anda kesempatan menikmati aplikasi finansial untuk kebutuhan pribadi. Salah satu contohnya adalah Qelola. Qelola hadir untuk membantu Anda melakukan transfer uang secara cepat dan aman langsung dari smartphone. Yang membuat Qelola spesial adalah Anda tidak hanya bisa melakukan transfer uang di dalam negeri, tetapi juga transfer luar negeri. Anda juga bisa membayar berbagai tagihan mulai dari tagihan listrik, PDAM, TV Kabel, dan BPJS Kesehatan. Unduh aplikasinya sekarang dan dapatkan kemudahannya.

 

 

Tags: , , , ,