Cara Praktis Membayar Berbagai Tagihan dengan E-Bayar

e-bayar

Teknologi saat ini telah mengubah dunia menjadi lebih canggih serta meningkatkan kualitas sistem yang digunakan sehari-hari, termasuk dalam sistem pembayaran. Seperti yang kita lihat saat ini, sudah banyak transaksi yang dijalankan tanpa menggunakan uang tunai atau cashless. Orang-orang lebih memilih metode transfer atau menggesek kartu ketika melakukan pembayaran. Di Malaysia, kini ada sistem yang cukup populer digunakan yang disebut dengan e-Bayar. Sistem e-Bayar ini dikembangkan seiring dengan banyaknya penggunaan kartu debit dan kredit serta ponsel pintar di masyarakat. Bagi Anda yang berencana tinggal di Malaysia untuk jangka waktu yang cukup lama baik untuk bekerja maupun belajar, mengetahui perihal e-Bayar merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Lalu apa sebenarnya e-Bayar itu sendiri? Apa manfaat yang diberikan serta bagaimana mendaftarkannya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu E-Bayar?

EP 25 1 - Cara Praktis Membayar Berbagai Tagihan dengan E-Bayar

Sumber: https://www.pratique.fr/

E-Bayar merupakan sistem pembayaran yang menjadi wujud perpaduan inovasi dari lembaga pemerintah pusat dan  daerah. E-Bayar adalah pusat layanan terpadu yang menyediakan layanan penagihan dan pembayaran elektronik untuk warga negara Malaysia. Ini merupakan perwujudan Rencana Strategis Pembayaran Elektronik (PSPSA) Sektor Publik 2016-2020 yang dicanangkan oleh pemerintah Malaysia. Intinya, inovasi e-Bayar diharapkan menjadi platform terbaik untuk menyediakan fasilitas pembayaran yang lebih cepat, sistematis, dan efisien bagi Anda. Di luar itu, kolaborasi yang kuat antar lembaga juga bisa menjadi wadah kampanye yang akan mendorong pencapaian pembayaran elektronik di sektor publik.

Karena ini merupakan program pemerintah, maka sistem pembayaran elektronik ini dijalankan untuk mempermudah pelunasan berbagai layanan pemerintah. Pada pengaplikasiannya masyarakat dianjurkan menggunakan  berbagai saluran nontunai seperti kartu kredit, kartu debit, kartu prabayar, internet banking, pembayaran seluler, dan lain sebagainya.

Manfaat Sistem E-Bayar

EP 25 2 2 - Cara Praktis Membayar Berbagai Tagihan dengan E-Bayar

Sumber: https://id.techinasia.com/

Transformasi layanan pembayaran menggunakan metode online yang pada hal ini adalah e-Bayar memiliki dampak positif yang sangat besar terutama dalam upaya untuk menciptakan masyarakat tanpa uang tunai. Ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika negara ini meluncurkan sistem ini dan Anda menggunakannya,  antara lain sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pembayaran yang kondusif, aman, dan efisien.
  2. Meningkatkan kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen karena seluruhnya tercatat dengan baik dan rinci.
  3. Mengurangi biaya operasional.
  4. Mengurangi biaya administrasi.
  5. Mengurangi korupsi karena lebih transparan.
  6. Meningkatkan penerimaan pajak sehingga meningkatkan infrastruktur publik dan kesejahteraan rakyat.
  7. Memastikan pemberian subsidi berada di tangan yang tepat.

Langkah-Langkah Menggunakan E-Bayar

Sebelum menggunakan fasilitas e-Bayar, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu di laman website https://ebayar.mpk.gov.my/daftar.php. Di laman ini, Anda diharuskan untuk mengisi data secara benar dan lengkap, mulai dari nama, alamat, nomor ID, nomor ponsel, dan lain sebagainya. Selain mudah, pendaftaran e-Bayar ini pun tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Sistem Pembayaran Terpadu di Indonesia

EP 25 4 - Cara Praktis Membayar Berbagai Tagihan dengan E-Bayar

Sumber: https://www.linkaja.id/

Sebagai perwujudan gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), pemerintah Indonesia telah meresmikan salah satu gerbang pembayaran terpadu yang bdiberi nama LinkAja. LinkAja dibentuk oleh Telkomsel dan tujuh bank BUMN dengan tujuan memberikan layanan keuangan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Layaknya e-Bayar yang ada di Malaysia, LinkAja juga dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan layanan pemerintah seperti tagihan listrik, tagihan PDAM, tagihan gas PGN, tagihan pajak, dan lain sebagainya.

Sistem Pembayaran Terpadu TKI di Malaysia

EP 25 3 - Cara Praktis Membayar Berbagai Tagihan dengan E-Bayar

Sumber: https://qelola.com/

LinkAja menjadi gerbang pembayaran terpadu untuk pembayaran dalam negeri dan berbagai tagihan layanan pemerintah. Selain itu aplikasi ini juga menjadi uang elektronik di Indonesia yang melayani remitansi dari TKI di Singapura yang ingin mengirimkan uang ke keluarga di Indonesia. Namun ini masih negara satu-satunya yang mendapatkan layanan ini. Padahal masih ada Malaysia yang menjadi negara tujuan TKI dan menjadi negara dengan jumlah TKI paling banyak.

Untuk menjawab masalah tersebut kini hadir aplikasi Qelola. Qelola merupakan aplikasi yang dibuat khusus agar dapat membantu para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia dalam hal pengelolaan keuangan secara efektif. Bagi para TKI Qelola dapat dikatakan sebagai aplikasi finansial yang wajib dimiliki karena mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Memberikan pilihan pembayaran multipayment yang lengkap dalam satu aplikasi. Dengan Qelola para TKI dapat membayar berbagai tagihan dan mengelola berbagai kebutuhan di Indonesia langsung dari Malaysia.
  • Memberikan kemudahan transfer internasional antara TKI dengan pihak yang berada di Indonesia. Kemudahan tersebut didapatkan dari proses yang cepat serta biaya yang murah. Selain itu, Anda pun tidak perlu repot menukar mata uang terlebih dahulu, karena Qelola yang akan melakukannya.
  • Memberikan fitur perencana keuangan sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola dana selama di Malaysia. Baik untuk biaya hidup, tabungan bahkan investasi, dengan menawarkan berbagai produk keuangan.

Sangat memudahkan bukan? Download aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,