Yuk Berkunjung ke 5 Museum di Malaysia Berikut Ini!

Museum Di Malaysia

Berkunjung ke museum bagi sebagian orang memberikan kepuasan yang tidak tergantikan. Tidak hanya di Indonesia, Malaysia juga memiliki ratusan museum yang sangat menarik untuk didatangi. Museum di Malaysia sendiri memiliki berbagai genre, mulai dari museum nasional, museum kontemporer, museum dagang, dan berbagai jenis museum lainnya.

Ratusan museum yang tersebar di seluruh penjuru Malaysia dapat menjadi spot wisata yang seru. Tapi tentu tidak mungkin dalam sekali kunjungan ke negeri tetangga tersebut Anda bisa mendatangi semuanya bukan? Maka dari itu, dalam artikel ini akan diberikan rekomendasi museum yang cukup recommended untuk dikunjungi karena terbilang unik.

Tanpa banyak basa-basi lagi, simak daftar di bawah ini!

Museum di Malaysia: Baba and Nyonya Heritage

Untitled design533 - Yuk Berkunjung ke 5 Museum di Malaysia Berikut Ini!

Berawal sebagai sebuah bangunan tua milik seorang keturunan Tiongkok kaya raya, museum ini kemudian diresmikan sebagai tanda kenang-kenangan dari pemiliknya. Baba Chan, demikian pemiliknya dikenal, kemudian menjadikan banguna situs peninggalan Belanda miliknya ini untuk menjadi museum yang bisa dikunjungi semua orang.

Karena dimiliki oleh keturunan Tiongkok, maka seluruh perabotan serta tone dari museum ini kental sekali dengan budaya Negeri Tirai Bambu. Tentu karena tampilannya yang unik, Baba and Nyonya Heritage ini sangat tepat dijadikan spot mengambil gambar dan selfie. Museum yang satu ini terletak di Jalan Tun Tan Cheng Lock Nomor 48 50, Melaka Malaysia. Tiket masuknya cukup terjangkau, antara 4 sampai 8 ringgit Malaysia untuk setiap orangnya.

Museum Sejarah Naning, Perihal Suku Naning

Suku Naning merupakan suku yang dominan di Semenanjung Malaka pada zaman dahulu. Suku ini memiliki hubungan erat dengan suku Minangkabau yang ada di tanah air. Maka berbagai ornamen dan atribut yang ada di museum ini mungkin akan memiliki banyak kemiripan dengan yang dimiliki suku Minangkabau.

Mulai dari alat pertanian, peralatan kehidupan sehari-hari, pakaian adat yang dikenakan, hingga miniatur rumah trandisional yang digunakan oleh suku Naning semua ada di museum unik yang satu ini. Anda bisa mendatangi museum ini di Jalan Datuk Naning, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia dengan harga tiket hanya 3 sampai 5 ringgit Malaysia. Cukup murah bukan untuk melihat ‘saudara’ sebangsa kita?

National Textile Museum

Untitled design532 - Yuk Berkunjung ke 5 Museum di Malaysia Berikut Ini!

Salah satu museum tematik yang tersedia di Malaysia adalah Museum Tekstil Nasional. Museum ini sesuai namanya memiliki koleksi kain dan berbagai hal yang berkaitan dengan tekstil. Dalam setiap koleksinya, terdapat penjelasan singkat yang dapat menjadi pengetahuan baru yang bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Terletak di Jalan Sultan Hishamuddin, KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia, Anda bisa memasuki museum ini dan menikmati setiap koleksinya secara gratis. Salah satu museum  ini mulai buka pada pukul 09.00 dan tutup pada pukul 18.00 waktu setempat. Jadi tunggu apa lagi? Segera masukkan museum ini dalam daftar museum wajib dikunjungi yang Anda miliki.

Wonderfood Museum, Serba Makanan

Jika Museum Tekstil Nasional menawarkan koleksi kain, tekstil, dan segala serba serbinya, museum yang satu ini menawarkan banyak sekali jenis makanan yang pernah dan masih dijual bebas di Malaysia. Jika Anda penggemar berat wisata kuliner, museum yang satu ini tentu saja tidak boleh dilewatkan karena akan memberikan referensi lengkap mengenai khasanah kuliner di seantero negara Malaysia yang cukup luas.

Di dalam Wonderfood Museum Anda dapat menemui puluhan makanan khas Malaysia, makanan yang menjadi hasil akulturasi budaya Melayu dengan bangsa pendatang, serta makanan-makanan modifikasi yang dijual sebagai streetfood. Tentu saja makanan yang ada di dalam museum ini adalah replika. Setelah dari museum ini, tepat sekali rasanya jika Anda segera berburu kuliner yang sebenarnya untuk mengisi perut yang keroncongan.

Islamic Art Museum Malaysia

Untitled design531 - Yuk Berkunjung ke 5 Museum di Malaysia Berikut Ini!

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, tak heran rasanya jika Malaysia memiliki museum yang bertemakan agama Islam. Koleksi yang dimiliki juga tak hanya berasal dari negara Malaysia saja, namun juga berbagai barang yang berasal dari seluruh dunia yang masih memiliki kaitan dengan agama Islam. Dibuka pada tahun 1998, Anda bisa masuk ke museum ini dan menikmati koleksinya dengan membayar tiket seharga 14 ringgit Malaysia. Letaknya cukup mudah dijangkau, yakni di Perdana, Jalan Lembah, Tasik Perdana, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga: Penting! Anda Bisa Menemukan Destinasi Wisata di Malaysia Terbaru

Beberapa rekomendasi museum di Malaysia di atas tentu bisa jadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Masih ada ratusan museum menarik lain yang dapat Anda coba kunjungi untuk menambah wawasan dan pengalaman. Nah, untuk memaksimalkan waktu kunjungan dan wisata Anda, tentu Anda tidak mau direpotkan dengan urusan pembayaran tagihan bulanan bukan? Untuk hal ini Anda bisa mengandalkan aplikasi remitansi Qelola. Meski berfungsi utama sebagai layanan pengiriman uang, Qelola juga memiliki fitur untuk pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, hingga BPJS. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu liburan Anda!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,