12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

wisata melaka

Berwisata ke Melaka bisa menjadi salah satu alternatif tujuan Anda selanjutnya ketika mengunjungi Negeri Jiran Malaysia. Melaka memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda hanya memerlukan perjalanan darat sekitar 2 jam dari Kuala Lumpur untuk sampai di Melaka. Kota ini terkenal dengan unsur sejarah dan akulturasi budaya yang kental di setiap sudut kotanya. Berikut daftar destinasi wisata Melaka yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Melaka. Check this out!

1. Melaka Heritage City Tour

melaka malaysia - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Destinasi wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Melaka Heritage City Tour. Perlu Anda ketahui, Melaka sudah mendapatkan gelar World Heritage City dari UNESCO. Anda akan menjumpai berbagai jenis bangunan rumah yang telah beragam dan berakulturasi dengan budaya dari negara lain, seperti China, Belanda, Inggris, dan Spanyol. Dulunya, tempat ini sangat strategis untuk perdagangan di zaman kolonial, sehingga membuat banyak pedagang menetap di Melaka. 

2. Stadthuys, si Bangunan Sejarah Warna Merah

melaka malaysia 4 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Stadthuys terletak di jantung Kota Melaka yang memiliki ciri khas bangunan berwarna merah yang mudah dikenali. Bangunan ini didirikan pada tahun 1650 pada masa kolonial Belanda dan dahulunya merupakan pusat administratif Gubernur Belanda. Stadthuys berada di kawasan Red Square karena seluruh bangunannya dicat warna merah. Anda cukup berjalan kaki untuk menyusuri bangunan-bangunan bergaya arsitektur kolonial yang eksotis dan instagramable. 

3. St. Paul Hill and Church, Gereja Tertua di Asia Tenggara

Untitled design 63 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Sumber: gotravelly.com

St. Paul Church merupakan gereja bersejarah yang selesai dibangun pada tahun 1521. Gereja ini dikenal sebagai gereja tertua di Asia Tenggara. Sayangnya, St. Paul Church kini hanya tinggal reruntuhan akibat mengalami kebakaran pada tahun 1824 ketika dialihfungsikan sebagai pabrik bubuk mesiu.

Meskipun tinggal reruntuhan, Anda tetap wajib mengunjungi gereja ini karena dari sekitar area gereja Anda bisa menyaksikan pemandangan seluruh kota tua Melaka. Untuk mencapai gereja ini, Anda harus menaiki anak tangga karena letaknya berada di atas bukit. Di sekitar gereja juga ditemukan banyak batu-batu nisan berukuran besar yang bertuliskan bahasa Belanda dan Portugis. 

4. Christ Church Melaka

Untitled design 61 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Gereja ini dibangun oleh Belanda dan berdiri sejak tahun 1753 dan masih kokoh berdiri hingga sekarang. Awalnya gereja ini digunakan oleh para jemaat Kristen protestan Belanda, dan dialihkan menjadi gereja Anglikan oleh jemaat Inggris saat masa kolonial Inggris. Pengunjung dapat masuk ke gereja tanpa dipungut biaya alias gratis. Di dalam gereja tampak deretan batu nisan, baik bertuliskan bahasa Belanda maupun Inggris.

5. A Famosa, Bangunan Klasik Gaya Eropa

Untitled design 59 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Sumber: www.gotravelly.com

A Famosa merupakan benteng peninggalan Portugis di Melaka yang dibangun pada tahun 1511. Benteng ini menjadi salah satu bangunan peninggalan bangsa Eropa tertua yang masih ada di Asia Tenggara. Kondisi bangunannya kini sudah tidak utuh dan tinggal reruntuhan. Lokasi dari reruntuhan benteng ini berada di atas bukit yang dapat Anda lihat dari jalan menuju gerbang utama. Anda masih tetap bisa berfoto di gerbang benteng yang masih berdiri kokoh bernama Porta de Santiago.

6. Malaka Straits Mosque (Masjid Selat Malaka)

Untitled design 60 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Sumber: www.gotravelly.com

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri karena terapung di salah satu kawasan pulau komersial di bagian Selat Malaka. Siapapun dapat mengunjungi ikon Kota Melaka ini dengan syarat memakai pakaian tertutup dari badan hingga kaki. Pada saat senja, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini dalam foto.

7. Cheng Hoon Teng Temple Melaka

Untitled design 64 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Sumber: instagram.com/cugi222018

Kuil tertua di Melaka ini menjadi destinasi wisata Melaka yang memikat para pengunjung. Kuil ini masih aktif berfungsi hingga sekarang dan menerapkan tiga jenis ajaran sekaligus di dalamnya. Tiga ajaran itu antara lain Buddhist, Khonghucu, dan Tao. Perlu Anda ketahui, dengan adanya Undang-Undang yang menetapkan bahwa bangunan bersejarah di Melaka diilarang dirubah sedikitpun. Hal inilah yang membuat banyak dijumpai bangunan bersejarah asli yang kokoh berdiri.

Baca Juga: Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

8. Jonker Walk Street, Jalan Legendaris

photo 1565167261010 febf94a0f5a7?ixlib=rb 1.2 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Dari Stadthuys seberangi Sungai Melaka dan Anda akan menuju jalan legendaris di Kota Melaka, yaitu Jonker Walk Street. Jalan ini merupakan bagian dari kawasan Chinatown di Melaka. Jonker Walk Street menjadi pilihan tepat untuk mencari barang antik yang berkualitas. Pada hari Sabtu atau akhir pekan, Anda bisa menikmati pasar malam yang menjual barang yang bisa ditawar hingga harga termurah. Tak hanya menjual berbagai barang antik, kawasan ini memiliki banyak gerai makan yang menghidangkan menu masakan China.

9. Melaka River Cruise, Romantisme Kota Melaka

beautiful view building malacca architecture 1122 1641 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Destinasi wisata Melaka ini menjadi wisata unggulan yang dikenal karena sisi keromantisannya di Kota Melaka. Melaka River Cruise menghadirkan nuansa berbeda dengan destinasi wisata lain di Melaka. Anda bisa menyusuri sungai dengan perahu dan menikmati keindahan kawasan ini. Sore atau malam hari merupakan waktu paling tepat bagi wisatawan untuk mengunjungi Melaka River Cruise. Pada saat malam hari, kawasan ini akan berkilau dengan lampu-lampu neon hias yang cantik.

10. Maritime Museum Melaka

ship outdoor history background sky 1122 1656 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Maritime Museum Melaka sering disebut dengan Muzium Samudera yang menggunakan replika kapal perang Portugis yang dikabarkan tenggelam di kawasan pantai Melaka. Daya tarik museum ini yaitu menceritakan berbagai sejarah mengenai kelautan Melaka dan masa keemasan Kesultanan Melaka. Lokasinya berada di Jalan Merdeka, Bandar Hill, Melaka, Malaysia.

11. Bermain Layang-Layang di Pantai Klebang

Untitled design 65 - 12 Destinasi Wisata Melaka, Kota Tua Paling Bersejarah di Malaysia

Sumber: instagram.com/zainalazrin

Pantai Klebang merupakan salah satu pantai yang terkenal di Melaka dan letaknya berada di Tanjung Kling. Kawasan Pantai Klebang digunakan sebagai areal bermain layang-layang saat akhir pekan. Tempatnya luas serta memiliki angin yang berhembus kuat sangat cocok untuk bermain layang-layang. Di sekitar pantai banyak ditemukan penjual yang menjual layang-layang mulai dari harga RM5 hingga RM15. Selain bermain layang-layang, Anda juga bisa menikmati hamparan pasir dan gelombang ombak sambil duduk-duduk di gazebo tepi pantai.

12. Kawasan Perbelanjaan Dataran Pahlawan

Anda bisa berwisata belanja di Dataran Pahlawan yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Melaka. Semua kebutuhan tersedia untuk pengunjung mulai dari item fashion bermerek, gerai kuliner, beragam produk perawatan, dan masih banyak lagi. Mall ini memang berkonsep one stop shopping yang sangat cocok dijadikan tempat berkumpul, bersenang-senang, dan berbelanja barang kesukaan. Jam operasional Dataran Pahlawan mulai jam 10.00 – 21.00.

Melaka memang sebuah kota tua yang masih menjunjung tinggi adat dan kebudayaan. Bagaimana dengan daftar rekomendasi destinasi wisata Melaka di atas? Menarik semua bukan? Masih banyak lagi destinasi wisata lain di Melaka yang harus Anda kunjungi. Tenang saja, biaya yang akan Anda keluarkan untuk wisata Melaka bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,