Pakai MRT Kuala Lumpur untuk Mendukung Liburan Anda!

MRT Kuala Lumpur

Berkunjung ke Malaysia rasanya tak lengkap jika tak mendatangi Kuala Lumpur sebagai salah satu destinasi wisatanya. Di kota ini, berbagai hal bisa Anda nikmati, mulai dari bangunan ikonik, hingga pusat perbelanjaan, dan pusat kuliner. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, Anda bisa menggunakan moda MRT Kuala Lumpur yang dapat mengantarkan ke tempat-tempat lain yang tak kalah seru.

Moda transportasi memang jadi salah satu faktor besar yang dapat mendukung pariwisata suatu tempat. Dengan moda transportasi umum yang ramah wisatawan, maka perkembangan industri ini akan dapat berjalan dengan optimal. Ini mengapa kemudian MRT Kuala Lumpur dibangun dan dikembangkan, tak hanya untuk memfasilitasi warga Malaysia, namun juga membantu turis untuk dapat berpindah dengan nyaman dan cepat.

Sejarah Dibangunnya MRT Kuala Lumpur

Untitled design404 - Pakai MRT Kuala Lumpur untuk Mendukung Liburan Anda!

Mulai beroperasi sejak tahun 2016 lalu, moda transportasi ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kuala Lumpur secara umum. Memang untuk MRT atau Mass Rapid Transportation baru dimiliki dan beroperasi pada 2016, namun sebelumnya Malaysia sudah memiliki 3 jalur LRT, 1 jalur kereta bandara, serta 1 jalur monorel yang beroperasi secara optimal.

Pada tahun 2016, awal masa operasional, MRT Kuala Lumpur sebenarnya difokuskan pada penggunaan sehari-hari masyarakat Kuala Lumpur untuk bekerja dan berpindah tempat. Hal ini dikarenakan jalur MRT ini belum melewati lokasi-lokasi objek wisata yang ada di Malaysia, sehingga dapat dikatakan belum terlalu nyaman digunakan oleh turis yang mengunjungi kota tersebut.

Baru pada pertengahan tahun 2017, pemerintah Malaysia membangun fasilitas MRT dengan tambahan sisa jalur untuk melewati berbagai objek wisata. Kini, MRT Kuala Lumpur membentang sejauh 51 kilometer dengan total stasiun sebanyak 31. Jika Anda berkunjung, Anda sudah dapat mengunjungi banyak lokasi wisata dengan menaiki MRT ini dari stasiun pusat yakni KL Sentral.

Tiket Perjalanan dengan MRT

Untitled design403 - Pakai MRT Kuala Lumpur untuk Mendukung Liburan Anda!

Tentu sama dengan moda transportasi umum lainnya, MRT di Kuala Lumpur ini juga menggunakan tiket untuk dapat menaiki dan memanfaatkan fasilitasnya. Namun demikian karena penjualan tiket sudah dilakukan secara modern, Anda tak perlu berdesakan pada loket yang tersedia di stasiun.

Anda bisa membeli tiket pada mesin tiket otomatis yang ada di stasiun dan pemberhentian terdekat. Selain itu, Anda juga dapat membeli tiket MRT Kuala Lumpur pada anjungan tunai mandiri yang sangat mudah ditemukan. Dengan catatan Anda memiliki pecahan mata uang yang sesuai dengan harga tiket yang akan dibeli, sehingga transaksi bisa berjalan lebih cepat.

Tiket yang Anda miliki kemudian Anda gunakan dengan menempelkannya ketika akan masuk, dan ketika Anda akan keluar. Maka dari itu, tiket yang Anda miliki harus dijaga baik-baik agar tidak hilang atau rusak. Bilamana Anda cukup sial dan kehilangan tiket, Anda harus segera menghubungi petugas stasiun yang bertugas.

Jangan Cemas Tak Nyaman, MRT Punya Banyak Fasilitas

Untitled design401 - Pakai MRT Kuala Lumpur untuk Mendukung Liburan Anda!

Mengingat moda transportasi ini digunakan setiap hari oleh sangat banyak orang, mungkin Anda akan meragukan tingkat kenyamanannya. Well, tidak heran memang, karena secara logis semakin sering barang digunakan maka semakin cepat pula barang tersebut mengalami pengurangan nilai atau kerusakan.

Namun demikian, komitmen yang baik ditunjukkan oleh pengelola MRT Kuala Lumpur. Kebersihan, fungsionalitas berbagai fitur yang ada seperti pendingin ruangan, pegangan tangan, pintu otomatis, semua terjaga dan terawat dengan baik. Hal ini semata agar setiap pengguna yang menaiki MRT tetap merasa nyaman dan dapat menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

Aturan yang Cukup Jelas Demi Kenyamanan

Untitled design402 - Pakai MRT Kuala Lumpur untuk Mendukung Liburan Anda!

Mengingat Kuala Lumpur adalah salah satu kota yang tergolong cukup maju di skala internasional, maka kota ini juga memiliki peraturan yang cukup ketat terkait dengan penggunaan moda transportasi umumnya. Khusus untuk Anda yang baru pertama kali ke sana, dianjurkan untuk memahami betul aturan yang berlaku agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Aturan paling sederhana, dan sepertinya paling utama dalam menjaga kondusifitas MRT Kuala Lumpur, adalah dengan memberikan kesempatan orang yang akan turun terlebih dahulu sebelum Anda masuk ke dalam gerbong MRT. Meski terdengar sederhana, namun nyatanya perilaku seperti ini benar-benar dapat menjaga moda transportasi ini tetap kondusif. Jangan cemas, semua sudah diperhitungkan sehingga Anda tidak akan ketinggalan kereta.

Baca Juga: Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

Moda transportasi yang nyaman dan berkualitas seperti MRT Kuala Lumpur sudah tersedia, tinggal Anda mengagendakan liburan Anda dengan baik selama berada di Malaysia. Jangan lupa, perhitungkan juga setiap biaya yang harus dikeluarkan agar Anda tidak tekor ketika pulang berlibur nanti. Nah, untuk memaksimalkan waktu liburan Anda, tentu Anda tidak perlu gangguan berupa tagihan rutin bulanan bukan? Seperti tagihan listrik misalnya, akan sangat mengganggu tentu jika harus dibayarkan segera. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk hal ini. Transfer pembayaran bisa dilakukan secara langsung, dengan mengisikan nomor rekening dan tinggal klik saja. Liburan makin maksimal tanpa gangguan, segera unduh aplikasi Qelola di sini!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,