3 Cara Menuju Kota Kuala Lumpur Malaysia dari KLIA 2, Simak Ya!

kuala lumpur malaysia

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kuala Lumpur? Kota yang satu ini adalah salah satu kota terbesar dan paling ramai dikunjungi wisatawan yang datang ke negara Malaysia. Bagi turis dari belahan dunia manapun, Kuala Lumpur adalah kota pertama yang wajib disinggahi saat travelling ke Negeri Jiran ini. Nah, untuk wisatawan asing yang menuju Malaysia ini biasanya turun di bandara yang letaknya ada di Kuala Lumpur yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Dari bandar udara ini ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Kota Kuala Lumpur. Ingin tahu apa saja dan pilihan cara sampai ke Kota Kuala Lumpur Malaysia? Simak panduannya berikut ini.

KLIA 1 dan KLIA 2 Berbeda, Jangan Sampai Salah

kuala lumpur - 3 Cara Menuju Kota Kuala Lumpur Malaysia dari KLIA 2, Simak Ya!

Sebelum membahas tentang bagaimana caranya agar bisa sampai ke Kota Kuala Lumpur, ada informasi menarik yang harus Anda ketahui lebih dulu. Perlu diperhatikan bahwa bandar udara di Kuala Lumpur ini ada dua yaitu KLIA 1 dan KLIA 2. Walau berbeda, baik KLIA 1 dan KLIA 2 ini sama-sama terletak di lokasi yang sama yaitu wilayah Sepang. Yang membedakan keduanya adalah terminalnya. Total luas dari bandar udara ini adalah 479 sqm dan berbatasan langsung dengan Selangor dan Negeri Sembilan. Sedangkan jarak bandar udara KLIA 1 dan KLIA 2 ke pusat Kota Kuala Lumpur adalah 50 km. 

KLIA 1 pada umumnya melayani penerbangan domestik dari Malaysia Airlines, pengiriman kargo nasional dan internasional serta penerbangan internasional dari dan menuju Kuala Lumpur. Nah, untuk KLIA 2 merupakan bandara yang lebih modern. Bandara ini melayani baik penerbangan domestik dan internasional dari maskapai Air Asia, Cebu Pacific, Tiger Air, Lion Air, dan Malindo. 

Cara Menuju ke Kuala Lumpur dari KLIA 2

kuala lumpur 2 - 3 Cara Menuju Kota Kuala Lumpur Malaysia dari KLIA 2, Simak Ya!

Umumnya, para wisatawan mancanegara ini banyak yang turun di bandar udara KLIA 2. Nah, berikut ini ada beberapa panduan bagi Anda yang ingin menuju pusat Kota Kuala Lumpur dari KLIA 2. Berikut informasinya:

  • City Bus

Ada beberapa pilihan untuk Anda agar bisa sampai ke pusat Kota Kuala Lumpur Malaysia, salah satunya dengan bus. Bagi Anda yang berwisata ala backpacker atau ingin menghemat budget, bus ini adalah pilihan yang tepat. Bus ini pun memang diperuntukan khusus untuk perjalanan dari KLIA 2 ke KL Sentral dan sebaliknya. Untuk bisa mendapatkan tiketnya, Anda bisa membelinya di konter khusus penjualan tiket bus khusus. Bus yang Anda naiki nantinya juga harus sesuai dengan nomor bus yang tertera pada tiket, jadi Anda tidak bisa memilih bus mana yang ingin dinaiki. Harga tiket bus ini adalah 12 ringgit Malaysia atau setara dengan 43 ribu rupiah.

  • Kereta

Pilihan yang kedua untuk bisa sampai ke KL Sentral adalah dengan menumpangi kereta cepat. Nah, bagi Anda yang diburu waktu dan mengutamakan kenyamanan, alangkah baiknya menggunakan kereta cepat atau KLIA Express ini. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk naik KLIA Express ini juga lebih mahal sekitar 56 ringgit Malaysia atau setara dengan 196 ribu rupiah. Harga yang mahal ini pun terbayar dengan fasilitas yang disediakan karena menawarkan kursi penumpang yang nyaman, kebersihan yang terjaga, dan adanya fasilitas free wifi. 

  • Taksi Konvensional dan Taksi Online

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk bisa sampai ke pusat Kota Kuala Lumpur adalah dengan menunggangi taksi konvensional atau taksi online seperti Grab. Cara memesan taksi online yang ada di Malaysia juga sama dengan cara memesan yang ada di Indonesia. Cukup pesan lewat aplikasi dan bayar saat sampai ke lokasi tujuan. Ada beberapa keuntungan jika Anda menggunakan moda transportasi yang satu ini terutama jika Anda travelling bersama teman-teman. Biaya naik taksi online ini bisa Anda bagi sesuai dengan jumlah teman yang naik. Selain itu Anda juga bisa berhenti tepat di lokasi yang diinginkan misalnya langsung berhenti di hotel tempat beristirahat. Hal ini tentu tidak bisa dirasakan bagi Anda yang menumpangi moda bus dan kereta karena akan diberhentikan di KL Sentral. 

Baca Juga: Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Itu tadi beberapa panduan yang bisa Anda baca untuk bisa sampai ke pusat Kota Kuala Lumpur Malaysia. Berbagai pilihan seperti bus, kereta, dan taksi online bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget travelling Anda. Saat mengunjungi negara Malaysia, pastikan komunikasi Anda dengan keluarga di tanah air tetap berjalan lancar ya! Nah, jika kehabisan pulsa Anda bisa melakukan pembelian pulsa melalui aplikasi online yang populer di Malaysia yaitu aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia langsung dari handphone. Selain untuk transfer uang, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan TV Kabel. Ditambah lagi, melalui aplikasi ini Anda juga bisa isi ulang pulsa dan kuota internet. Caranya bagaimana? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu melalui Playstore dan daftarkan nomor Anda. Selanjutnya segera nikmati fitur yang ada di dalamnya dalam sekali klik saja. Informasi lainnya tentang Qelola bisa Anda temukan lewat website resminya di sini.

Tags: , , ,