8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

ilmu komputer

Di era perkembangan teknologi saat ini, ilmu komputer menjadi jurusan kuliah yang populer di kalangan para pelajar. Sebagian besar pelajar menginginkan kuliah ilmu komputer karena ingin menambah wawasan di bidang teknologi serta mendapatkan prospek kerjanya yang bagus setelah lulus. Bagi Anda yang menginginkan jurusan ilmu komputer, Malaysia bisa menjadi negara tujuan studi yang tepat. Pasalnya, banyak universitas berkualitas di Malaysia yang membuka jurusan tersebut.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan di sana. Mulai dari sistem pendidikan, program magang, gelar internasional, hingga prospek kerja. Untuk mengetahui lebih detail keuntungan apa saja yang akan Anda peroleh saat kuliah jurusan ilmu komputer di Malaysia, simak penjelasannya berikut ini.

1.  Kualitas Pendidikan Terjamin

group asian college student reading books tutoring special class exam table outdoors 10307 178 - 8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Pendidikan tinggi di Malaysia terkenal dengan sistem pendidikannya yang unik dan terstruktur dengan baik. Sistem pendidikannya juga selalu diawasi oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. Pengawasan tersebut bertujuan agar setiap institusi pendidikan di Malaysia mencapai pendidikan yang berkualitas tinggi sehingga para lulusan yang dihasilkan pun berkualitas dan bisa bersaing secara global. Jadi, jangan ragu lagi untuk melanjutkan studi di pendidikan tinggi yang ada di Malaysia.

2.  Program Pendidikan Lengkap

Program pendidikan di Malaysia terutama untuk jurusan ilmu komputer memiliki pilihan yang cukup beragam. Mulai dari program diploma yang setingkat akademi, program sarjana, program magister, hingga program doktor. Ada juga program di luar tingkatan studi tersebut seperti program twinning. Anda tentu bisa memilih program mana yang akan Anda ikuti sesuai dengan tujuan studi yang Anda inginkan. Bahkan, Anda masih tetap bisa melanjutkan program pendidikan jurusan ilmu komputer di Malaysia sampai tingkat magister dan doktor.

3.  Universitas Berkualitas

graduation concept with student holding hat 23 2148201873 - 8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Ada banyak pilihan universitas berkualitas yang menyediakan jurusan ilmu komputer di Malaysia. Baik dari universitas negeri maupun universitas swasta. Bahkan, beberapa universitas tersebut masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Contohnya, Monash University Malaysia, Universiti Teknologi Petronas, Taylor’s University, Curtin University, dan masih banyak lagi.

4.  Tersedia Banyak Pilihan Spesialisasi

Ada banyak spesialisasi yang bisa Anda pilih saat kuliah di Malaysia. Hal ini dikarenakan banyaknya perbedaan spesialisasi yang ditawarkan di setiap universitas. Anda bisa memilih spesialisasi yang sesuai dengan minat Anda sejak awal masuk kuliah. Contoh spesialisasi di jurusan ilmu komputer seperti spesialisasi sistem informasi, informatika, sains, dan lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

5.  Kesempatan Magang di Perusahaan Ternama

asia businessmen businesswomen meeting brainstorming ideas conducting business presentation project colleagues working together plan success strategy enjoy teamwork small modern night office 7861 2388 - 8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Peluang magang di Malaysia sangat terbuka lebar untuk mahasiswa internasional yang berkuliah di bidang teknologi. Banyak perusahaan ternama di Malaysia yang menawarkan kesempatan magang bagi mahasiswa internasional dan memberikan gaji kerja yang cukup besar untuk itu. Selain bisa menghasilkan uang selama kuliah, kesempatan magang ini tentu sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dan relasi di dunia kerja kelak.

6.  Terbiasa dengan Lingkungan Global

Malaysia terkenal sebagai negara yang beratmosfer global. Hal ini dikarenakan lebih dari 170.000 pelajar internasional dari berbagai negara berkuliah di Malaysia. Bagi Anda yang berkuliah di Malaysia, Anda tentu telah terbiasa dengan lingkungan global tersebut. Terlebih, bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pengantar perkuliahan semakin melatih Anda untuk menghadapi iklim global sejak di tingkat perkuliahan.

7.  Memungkinkan Bekerja di Malaysia

young asian business colleges look work tablet together happy achievement success 1150 3157 - 8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Pelajar lulusan dari universitas-universitas di Malaysia tentu memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Malaysia. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan di Malaysia memandang positif akan kualitas dari lulusan tersebut. Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan ternama di Malaysia, maka kuliah di Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat.

8.  Berpeluang Mendapat Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Kuliah di Malaysia bisa menjadikan Anda sebagai lulusan luar negeri dengan bukti gelar internasional yang didapat. Selain itu, mutu pendidikan tinggi di Malaysia juga terbilang bagus dan diakui secara internasional. Gelar dan mutu pendidikan tersebut tentu berpengaruh positif terhadap karir kerja Anda kelak. Anda memiliki peluang besar untuk dapat bekerja di negara manapun, termasuk di Malaysia dengan gaji yang cukup tinggi. Sebagai contoh, Anda bisa bekerja sebagai konsultan IT di Malaysia dengan rata-rata gaji Rp25 juta per bulan.

Itulah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh saat kuliah jurusan ilmu komputer di Malaysia. Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat? Bagi Anda yang tertarik melanjutkan kuliah di Malaysia, mulai lakukan persiapan yang matang untuk mewujudkan impian tersebut. Salah satu persiapan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kemampuan mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang tepat akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan di sana. Untuk itu, layanan Qelola hadir untuk membantu Anda.

Qelola menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,