5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

cara memilih tempat kuliah di Malaysia

Saat ini, banyak para pelajar yang mencari berbagai cara untuk mewujudkan impian kuliah di Malaysia. Selain karena jarak yang dekat dengan Indonesia serta biaya hidup yang terjangkau, universitas di Malaysia juga mampu memberikan kualifikasi internasional bagi mahasiswa di sana. Melanjutkan pendidikan di Malaysia begitu diminati kalangan pelajar karena kualitas universitas dan sistem pendidikan di Malaysia sangat menjanjikan.

Berbagai tawaran yang menguntungkan saat kuliah di Malaysia terkadang membuat para pelajar bingung menentukan tempat kuliah yang tepat. Banyak pelajar yang asal pilih tempat kuliah dan akhirnya menyesal di kemudian hari. Agar terhindar dari penyesalan tersebut, Anda bisa mengikuti 5 cara berikut ini untuk menentukan tempat kuliah yang tepat di Malaysia.

1. Pilih Universitas dan Jurusan yang Sesuai Keinginanmu

rear view audience listening speakers stage 41418 3454 - 5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

Cara pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan tempat kuliah di Malaysia adalah memilih jurusan, kualifikasi, dan universitas. Jurusan yang ditawarkan universitas Malaysia sangatlah banyak. Mulai dari jurusan teknik, pertanian, peternakan, kedokteran, bahasa, ilmu sosial, komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya. Kualifikasi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kualifikasi asal Malaysia, Inggris, Australia, hingga Amerika. Ada berbagai pilihan universitas di Malaysia, baik universitas negeri maupun swasta. Sebaiknya, pilih universitas yang menawarkan jurusan dan kualifikasi seperti apa yang Anda inginkan.

Hindari memilih tempat kuliah di Malaysia dengan cara mengurutkan dari tingkat kepopulerannya. Pilihlah tempat kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda serta karir seperti apa yang ingin Anda telusuri nanti. Pastikan jurusan, kualifikasi, dan universitas yang Anda pilih mampu mendukung prospek karir Anda nantinya.

2. Ketahui Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

Jika sudah menemukan universitas yang tepat, cara selanjutnya adalah mencari tahu informasi biaya kuliah, biaya hidup, dan akomodasi selama melanjutkan pendidikan di Malaysia. Biaya kuliah di Malaysia umumnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yang artinya lebih murah daripada kuliah di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, atau Australia. Perlu Anda ketahui, universitas negeri di Malaysia tentu memiliki biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan universitas swasta. Pastikan universitas yang Anda pilih sesuai dengan biaya yang Anda miliki.

Terkait biaya hidup, umumnya biaya hidup rata-rata per tahun mahasiswa di Malaysia sebesar Rp50 juta. Agar lebih hemat, Anda bisa memilih tempat tinggal dengan harga yang lebih terjangkau seperti asrama kampus. Namun, jika Anda ingin mendapatkan privasi, Anda bisa menyewa apartemen studio atau flat. Biaya hidup kuliah di Malaysia tentunya bisa berubah-ubah tergantung bagaimana cara Anda mengelola keuangan selama berkuliah di sana.

Baca Juga: Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

3. Ketahui Kuota Penerimaan Mahasiswa Asing

analysis data statistics analyzing price 1232 4204 - 5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

Jika Anda menginkan berkuliah di universitas negeri, Anda harus mengetahui kuota penerimaan mahasiswa internasional di tempat tersebut. Sebab, kuota di universitas negeri lebih terbatas dibandingkan dengan universitas swasta. Secara umum, kuota mahasiswa asing di universitas negeri hanya sebesar 5% dari total mahasiswa baru yang diterima. Perlu diingat, untuk mendapatkan kuota tersebut, Anda harus bersaing dengan calon mahasiswa lainnya, baik dari Malaysia atau dari negara asing.

4. Waktu Pendaftaran dan Proses Seleksi

Cara keempat yang bisa Anda jadikan pertimbangan kuliah di Malaysia adalah mengetahui waktu pendaftaran dan proses seleksi mahasiswa baru di universitas yang Anda pilih. Umumnya, tahun akademik perkuliahan dimulai pada bulan September. Jika Anda ingin kuliah di Malaysia, pastikan Anda telah mempersiapkan semua syarat pendaftaran paling lambat pada bulan Mei. Hal ini dikarenakan proses seleksi dokumen akan memakan waktu yang cukup lama. Berkas yang lolos biasanya akan diumumkan pada bulan Juli sampai Agustus dalam bentuk offer letter yang dikirim melalui e-mail. Agar tetap mengetahui update informasi terbaru, sebaiknya Anda selalu rutin memantau website universitas yang Anda pilih. Mengenai proses seleksi, secara umum dimulai dari seleksi dokumen bukan ujian masuk universitas.

5. Buat Visa Pelajar (Student Pass)

visa passport approved stamped document top view immigration visa approve 36325 1622 - 5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

Setelah memilih universitas dan mempersiapkan dokumen, cara terakhir adalah membuat Visa Pelajar atau Student Pass untuk kuliah di Malaysia. Semua mahasiswa yang kuliah di Malaysia wajib memiliki Student Pass untuk izin belajar dan tinggal di sana. Berikut adalah urutan cara mendapatkan Student Pass saat kuliah di Malaysia.

  • Pastikan universitas yang Anda tuju telah memiliki izin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima mahasiswa asing.
  • Setelah memiliki offer letter dari universitas, Anda perlu mengurus pembuatan Visa Approval Letter (VAL) di lembaga Education Malaysia Global Service (EMGS).
  • Setelah terbit, selanjutnya Anda perlu membuat Single Entry Visa (SEV) di Kedutaan Besar Malaysia. Visa ini berlaku selama tiga bulan, sebelum Anda mendapatkan Student Pass.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa cara tepat yang bisa Anda lakukan agar tidak bingung menentukan tempat kuliah di Malaysia. Jadi, jangan sampai melewatkan beberapa cara di atas jika tidak ingin salah pilihan saat melanjutkan kuliah di sana. Selalu lakukan persiapan dengan cermat dan lengkap dari jauh-jauh hari. Baik itu dari sisi akademis, administratif, maupun dalam urusan mengelola keuangan.

Perlu Anda ketahui, pengelolaan keuangan yang tepat akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan di sana. Untuk itu, layanan Qelola hadir untuk membantu Anda. Qelola menawarkan berbagai fitur seperti transfer uang dan pembayaran banyak tagihan yang dapat mempermudah transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari berbagai fiturnya sekarang juga!

 

Tags: , , , , , ,