Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

kelebihan kuliah di Malaysia

Malaysia adalah negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Maka tidak heran jika banyak sekali mahasiswa asal Indonesia yang menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan untuk kuliah. Sektor pendidikan di Malaysia juga telah mencapai kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir ini dan telah mengukir nama sebagai pusat keunggulan pendidikan di Asia Tenggara. Kualitas sumber daya manusianya pun juga menjadi faktor utama yang ikut mempengaruhi kualitas pendidikan.

Kuliah di luar negeri khususnya di Malaysia mungkin menjadi salah satu pengalaman paling bermanfaat bagi sebagian mahasiwa. Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaya pendidikan yang berbeda. Membenamkan diri dalam sistem pendidikan di luar negeri adalah cara yang bagus untuk benar-benar memahami orang-orang, tradisi, dan budayanya. Selain itu, perkembangan ekonomi yang dinamis, keadaan politik yang stabil, serta budaya yang beragam juga akan membuat para mahasiswa internasional betah untuk tinggal di Malaysia.

Jika Anda berminat untuk kuliah di Malaysia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, kelebihan apa saja jika berkuliah di sana. Berikut kami rangkum beberapa kelebihan kuliah di Malaysia yang perlu Anda ketahui.

  1. Jarak yang Dekat dengan Indonesia

Untitled design602 - Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

Salah satu hal yang menjadi kelebihan kuliah di Malaysia adalah karena jaraknya yang lebih dekat dengan Indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Seperti yang kita tahu, salah satu wilayah Malaysia berbatasan langsung dengan pulau Kalimantan, Indonesia. Maka tidak heran jika banyak sekali mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Negeri Jiran tersebut. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh ini, Anda bisa menghemat biaya transportasi. Anda juga tidak perlu merasa kawatir untuk pulang ke Indonesia karena hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 2 (dua) jam perjalanan dengan pesawat terbang Anda sudah bisa sampai di Indonesia. Berbeda jika kuliah di negara lain yang harus menempuh waktu beberapa jam lebih lama untuk bisa sampai ke Indonesia dan dengan biaya transportasi yang juga tidak sedikit.

  1. Beriklim Tropis

pantai feringhi 2 - Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

Sebagai negara yang jaraknya terbilang dekat dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki kesamaan iklim dengan Indonesia. Keduanya sama-sama beriklim tropis dan ini akan membuat Anda tidak kesulitan untuk beradaptasi dengan iklim dan suhu di sana. Malaysia memiliki suhu rata-rata sekitar 27 derajat celcius dengan 2 musim antara November dan Februari, serta dari bulan April sampai Oktober.

  1. Bahasa dan Budaya

rsz 30bh11watransformed - Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

Kelebihan kuliah di Malaysia juga bisa dilihat dari faktor bahasa dan budaya. Dari segi kebudayaan, antara negara Malaysia dengan Indonesia tidak memiliki banyak perbedaan. Secara khusus adalah adanya kesamaan bahasa. Di Malaysia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu. Bahasa ini hampir mirip dengan bahasa Indonesia, jadi Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam berkomunikasi. Dengan adanya kesamaan bahasa inilah Anda akan lebih mudah menyesuaikan serta akan terjalin komunikasi yang bisa langsung dipahami. Berbeda halnya dengan negara-negara lain yang mempunyai bahasa yang jauh berbeda dengan bahasa Indonesia.

  1. Biaya Terjangkau

gaji e1590915639721 - Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

Hal lain yang menjadi kelebihan kuliah di Malaysia adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif terjangkau dibanding negara lain. Biaya kuliah di Malaysia relatif murah dan bisa dijangkau oleh para pelajar Indonesia dari kalangan biasa. Jadi, bila Anda memilih kuliah di Malaysia, maka Anda akan mendapatkan mutu pendidikan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau. Apalagi biaya kuliah di Malaysia sudah mencakup biaya pendaftaran, uang spp (biaya pendidikan), biaya laboratorium, biaya perpustakaan, deposit, biaya ujian, pemeriksaan medis, dan premi asuransi kesehatan dan kecelakaan. Dengan biaya yang terjangkau dan dengan adanya afiliasi internasional, para pelajar bisa mendapatkan ijazah dari universitas asing dengan biaya terjangkau.

  1. Kualitas Pendidikan yang Baik

pendidikan di malaysia 1 - Wajib Baca! Ini 5 Kelebihan Kuliah di Malaysia yang Perlu Anda Tahu

Malaysia merupakan salah satu tujuan utama studi untuk mendapatkan pendidikan yang diakui secara internasional. Pemerintah Malaysia berkomitmen memberikan mutu pendidikan tinggi kepada para pelajar internasional yang sedang kuliah di Malaysia. Seluruh insititusi pendidikan tinggi selalu dipantau oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. Hal ini bertujuan agar setiap institusi pendidikan tinggi mencapai mutu pendidikan dengan standar yang tinggi. Dengan demikian para pelajar dan orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan mutu pendidikan jika memilih kuliah di Malaysia. Pemerintah Malaysia juga telah menyiapkan sumber daya manusia terbaik melalui lembaga pendidikan tinggi dan keterampilan yang terakreditasi, baik negeri maupun swasta, yang mampu menghasilkan lulusan kompetitif berskala global. Standar dan kualitas pendidikan di Malaysia pun juga dimonitor dan diatur oleh Malaysian Qualifications Agency Act 2007 dan Private Higher Education Institutions Act 1996. Selain itu banyaknya universitas luar negeri (yang berasal dari Inggris, Amerika, Australia, Selandia Baru dan negara lainnya) yang bersedia bekerjasama dengan institusi-institusi pendidikan di Malaysia menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Malaysia diakui secara internasional.

Baca Juga: Intip Daftar 4 Universitas Swasta Terbaik di Malaysia

Itulah ulasan mengenai kelebihan kuliah di Malaysia. Saat berhasil mewujudkan kuliah di Malaysia, jangan lupa untuk selalu disiplin dalam mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Segera unduh  aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari berbagai fiturnya sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , ,