6 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Perantauan Saat Homesick

cara mengatasi homesick

Bagi Anda yang merantau ke luar kota atau bahkan ke luar negeri untuk bekerja atau kuliah pasti pernah merasakan yang namanya homesick. Homesick adalah perasaan rindu akan rumah atau keluarga yang berada jauh dari Anda. Perasaan ini lumrah terjadi, terutama bagi Anda yang belum lama atau baru pertama kali terpisah sekian mil dari orang-orang tercinta. 

Tak hanya keluarga dan rumah saja, Anda mungkin juga merindukan tempat-tempat yang biasa dikunjungi atau makanan khas yang hanya ada di tempat asal Anda. Butuh adaptasi yang tidak mudah agar bisa segera terbiasa dengan rutinitas dan tempat baru yang sekarang Anda tinggali. Jika Anda merasa kesulitan, lakukan beberapa tips ini untuk mengobati rasa homesick.

Pernah Mengalami Homesick?

Kangen rumah atau yang sering disebut dengan homesick adalah sebuah perasaan yang muncul ketika Anda tidak lagi bisa menemukan kebiasaan-kebiasaan lama di tempat yang baru. Perasaan ini lumrah terjadi pada Anda yang sedang bekerja atau kuliah di luar kota atau luar negeri. Saat tiba-tiba harus berada jauh dari keluarga atau rumah pasti merasakan ada sesuatu yang hilang. Hal ini terkadang membuat Anda cemas, gelisah bahkan mungkin sampai mengganggu keseharian Anda. 

Perasaan seperti ini sebenarnya normal dan sering terjadi pada siapa saja. Umumnya orang akan mengalami perasaan homesick pada rentang waktu satu sampai enam bulan sejak kepergian. Ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya perasaan kangen rumah. Anda mungkin adalah tipikal orang yang dekat dengan orang tua dan perpisahan ini jadi penyebab timbulnya homesick. Jarak tempat tinggal Anda saat ini sangat jauh dari rumah asal atau Anda harus merantau dalam waktu yang sangat lama juga bisa jadi pencetusnya. 

Selain itu, bisa juga Anda mengalami masa-masa sulit atau kesusahan dalam beradaptasi di tempat yang baru. Apapun alasannya, Anda tidak perlu khawatir karena perasaan ini nantinya akan berlalu dengan sendirinya. Namun jika Anda sulit mengendalikan rasa homesick, cobalah lakukan hal-hal berikut ini.

Sibukkan Diri dengan Berbagai Kegiatan

Perasaan kangen rumah biasanya muncul saat Anda sedang sendiri atau tidak punya kegiatan. Untuk itu mulailah menyibukkan diri Anda dengan kegiatan-kegiatan baru sehingga Anda tidak melulu memikirkan keluarga atau tempat asal. Bagi mahasiswa di luar negeri, Anda bisa menyibukkan diri dengan mengikuti berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat. Jika hal ini konsisten Anda lakukan, perasaan homesick lambat laun pasti akan hilang dengan sendirinya.

Cari Teman Curhat

two female friends telling gossiping secret 9563 5797.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Perantauan Saat Homesick

Perasaan rindu suasana tempat asal biasanya akan membuat Anda gampang gelisah dan murung. Apalagi saat Anda sedang sendiri, perasaan ini akan semakin tidak nyaman dan menjadi-jadi. Cobalah untuk utarakan perasaan Anda kepada teman atau sahabat di tempat baru. Sampaikan apa yang Anda alami dan kesulitan yang harus Anda lawan agar perasaan homesick ini tidak muncul lagi. Usahakan lawan bicara Anda adalah pendengar yang baik sehingga mampu memahami dan menyemangati Anda agar tidak melulu sedih. 

Perluas Pergaulan Anda

Hal yang harus dilakukan untuk membunuh perasaan homesick adalah dengan banyak bergaul. Perluas pertemanan Anda dengan bergabung dengan berbagai komunitas yang ada di kampus atau lingkungan sekitar yang sifatnya positif. Entah itu komunitas olahraga, komunitas spiritual, atau komunitas belajar. Yang pasti, jangan sampai Anda lebih banyak menghabiskan waktu dalam kesendirian karena hanya akan membuat rasa homesick selalu hadir.

Baca Juga: 9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

Minta Bantuan Profesional

Jika berbagai cara sudah dilakukan namun perasaan homesick tidak kunjung pergi, cobalah untuk meminta pertolongan pada seorang yang profesional. Hal ini bisa Anda dapatkan dari konseling mahasiswa. Anda juga bisa mendatangi konselor universitas yang dapat memberikan contoh teknik relaksasi atau manajemen stres yang bisa mengendalikan perasaan homesick. Pilihan lainnya adalah bergabung dengan klub yoga yang ada di kampus Anda saat ini.

Cari Solusi yang Menyulitkan Anda Saat Ini

Perasaan homesick juga bisa muncul karena Anda susah beradaptasi di tempat yang baru. Biasanya hal ini dipicu karena ada masalah yang sedang Anda hadapi. Misalnya saja Anda kesulitan dalam hal bahasa sehingga komunikasi dengan orang lain menjadi beban tersendiri. Bisa juga Anda tidak nyaman dengan teman satu kamar atau satu kos yang sekarang. Hal-hal seperti itu harus dicari solusinya agar Anda bisa cepat betah dan segera beradaptasi dengan mudah di tempat yang sekarang.

Jangan Berlarut Larut dalam Kesedihan

girl lift her hands sky feel freedom 1204 253.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Perantauan Saat Homesick

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, Anda harus menanamkan keyakinan bahwa perasaan ini lambat laun pasti akan hilang. Jangan biarkan perasaan rindu akan rumah ini membuat Anda terus larut dalam kesedihan dan ingin mengakhiri apa yang sudah Anda mulai di tempat yang baru. Paksa diri untuk punya jiwa dan mental yang kuat sehingga perasaan homesick tak lagi berani muncul di benak Anda.

Jika perasaan homesick memang sudah tak terbendung lagi, Anda bisa meluapkannya dengan cara menghubungi orang tua atau sanak saudara di tanah air. Untuk isi ulang pulsanya bisa Anda lakukan melalui aplikasi Qelola. Caranya mudah, unduh dahulu aplikasinya di sini, lakukan pendaftaran kemudian lakukan top up saldo. Apabila sudah terisi Anda bisa langsung melakukan isi ulang pulsa atau kuota internet dengan mengikuti petunjuk di dalam aplikasi. Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola hanya di sini.

Tags: , ,