Ingin Kerja di Luar Negeri? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Kerja Di Luar Negeri

Berkat majunya teknologi saat ini, kerja di luar negeri tidak sekedar bisa didapatkan oleh orang-orang tertentu saja, namun hampir semua orang bisa mendapatkan aksesnya. Dengan catatan, Anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Selama hal ini sudah Anda miliki, sisanya tinggal proses mencari, memasukkan lamaran kerja, wawancara, dan semoga, diterima dan mulai bekerja di luar negeri.

Meski kini kerja di luar negeri cenderung lebih mudah, tapi tidak berarti Anda bisa bekerja di sana tanpa persiapan apapun. Tentu harus ada hal-hal yang Anda persiapkan agar proses yang Anda lalui hingga dapat bekerja dan hidup di luar negeri bisa berjalan lancar.

Tapi bukankah semua bisa dipersiapkan selama memiliki informasi yang cukup? Well, Anda akan mendapatkan bekal informasinya di sini. Simak beberapa tips dan persiapan yang sebaiknya Anda lakukan, sebelum Anda kerja di luar negeri. Check this out!

Cari Tahu Serba-Serbi Negara Tujuan

Untitled design421 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Ketika bekerja di luar negeri, praktis Anda akan memasuki budaya dan nuansa kehidupan yang baru dan benar-benar berbeda dengan di Indonesia. Pemahaman atas informasi ini harus dimiliki agar Anda dapat mempersiapkan diri pada perubahan yang menanti Anda. Tanpa informasi yang cukup, bisa jadi Anda akan kaget dan merasa tak cocok bekerja di sana.

Berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah di mesin pencarian yang ada di smartphone Anda. Beberapa informasi yang penting antara lain adalah harga tiket pulang-pergi, biaya hidup, biaya tempat tinggal, iklim dan cuaca, kondisi sosial ekonomi, informasi komunitas orang Indonesia, serta lokasi Kantor Kedutaan Besar dan perwakilan lain.

Wawancara Kerja, Persiapkan dengan Baik

Proses mendapatkan pekerjaan tentu akan melewati wawancara kerja. Selain mempersiapkan ‘presentasi’ diri dan memahami informasi perusahaan, Anda juga harus menyiapkan koneksi internet (jika wawancara online), waktu wawancara yang mungkin berbeda jauh, serta bahasa yang akan digunakan.

Wawancara kerja adalah fase penting dalam proses mencari pekerjaan karena secara langsung akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Dengan wawancara yang berjalan baik, kesempatan Anda untuk diterima bekerja akan lebih tinggi. Maka persiapkan hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya dengan baik. Akan menjadi anti klimaks bukan jika kesempatan kerja di luar negeri gagal karena kondisi jaringan internet buruk?

Legalitas Agensi Penyalur dan Perusahaan Tujuan

Untitled design420 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Terkait dengan status hukum dari agensi yang Anda gunakan, harus jelas benar legalitasnya. Status legal dari agen penyalur tenaga kerja yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh pada urusan imigrasi dan legalitas Anda sebagai tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Biasanya agen penyalur tenaga kerja resmi akan memberikan informasi mengenai legalitas lembaganya, sebagai salah satu nilai promosi.

Sedangkan untuk perusahaan tujuan tempat Anda memasukkan lamaran pekerjaan, juga perlu dipastikan legalitas dan izin mempekerjakan pekerja asing. Pekerja asing, dalam hal ini Anda, perlu izin yang jelas dan sah dari negara tujuan. Anda bisa menanyakan hal ini kepada perusahaan tempat Anda melamar agar mendapat kejelasan sebelum benar-benar berangkat untuk kerja di luar negeri.

Berkas Kelengkapan Imigrasi dan Tenaga Kerja Indonesia

Nah, setelah memastikan setiap lembaga yang terkait sudah berstatus legal, Anda juga harus menyiapkan semua berkas yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri. Mulai dari berkas terkait imigrasi, status TKI, serta berkas yang diminta oleh perusahaan di negara tujuan Anda. Perlu dipastikan bahwa setiap berkas sudah berstatus resmi dan valid, jangan lupa memeriksanya kembali sebelum Anda berangkat.

Anda bisa memeriksa apa saja yang diperlukan pada kantor imigrasi di daerah Anda, atau dengan mengakses berbagai sumber yang tersedia di internet.

Kerja di Luar Negeri Jangan Lupa Kesehatan Anda

Untitled design419 - Ingin Kerja di Luar Negeri? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Yang penting namun sering diabaikan, adalah menjaga kesehatan Anda ketika persiapan, selama bekerja, hingga ketika Anda pulang nantinya. Tanpa kesehatan yang baik, Anda tak akan bisa bekerja dengan optimal. Bahkan ketika sebelum berangkat Anda harus lolos tes kesehatan yang disediakan. Meski bersifat normatif dan idealnya Anda pasti lolos, namun jika tidak dipersiapkan bisa saja Anda tersandung hal ini dan gagal berangkat.

Baca Juga: Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Kerja di luar negeri menawarkan gaji yang lebih tinggi serta pengalaman hidup yang bernilai besar. Tidak heran banyak orang yang mendambakan bisa bekerja di luar negeri. Status TKI yang dahulu lekat dengan pekerjaan di sektor informal perlahan mulai berubah seiring peningkatan tenaga kerja bidang profesional yang mendapatkan kepercayaan bekerja di luar negeri.

Jika Anda ingin kerja di luar negeri, tips di atas bisa Anda ikuti dan aplikasikan. Ketika Anda sampai di negeri orang nanti, jangan lupa untuk memastikan layanan pengiriman uang atau remitansi tersedia. Untuk Anda yang diterima bekerja di Malaysia, Anda bisa menggunakan Qelola untuk hal ini. Dengan layanan lengkap dan kualitas terjamin, Qelola siap menjadi partner remitansi Anda untuk mengirimkan uang ke Indonesia. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga pekerjaan Anda lancar!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,