Ikuti 5 Cara Strategis Mendapatkan Teman di Luar Negeri

mendapatkan teman di luar negeri

Selamat! Anda berhasil masuk kampus luar negeri. Kuliah di luar negeri berarti harus tinggal di lingkungan yang baru. Apalagi posisi Anda adalah mahasiswa baru yang akan masuk dunia pendidikan dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Oleh karena itu, proses beradaptasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya menjadi keahlian penting dan sangat dibutuhkan. Sayangnya, hal semacam ini tidak diajarkan di kelas sehingga Anda harus belajar secara mandiri. Keuntungannya, Anda dapat menyesuaikan bagaimana cara terbaik versi Anda dalam mendapatkan teman di luar negeri. Mengapa harus mencari teman? Karena teman akan sangat membantu Anda menjalani hari-hari di perkuliahan. Mulai dari membantu kesulitan mengerjakan tugas hingga teman berdiskusi terkait mata kuliah. Jadi apa saja tips mendapatkan teman di luar negeri? Berikut daftarnya.

1.  Bergabung dengan Banyak Klub Universitas

Klub universitas memiliki peran yang hampir sama dengan kegiatan ekstrakurikuler di SMA. Namun klub ini lebih beragam jenisnya, mulai dari kegiatan olahraga hingga penelitian. Coba ikuti salah satu atau beberapa klub yang Anda minati lalu carilah teman dari klub tersebut. Pertemanan akan dengan mudah terjalin jika Anda dan orang tersebut memiliki hobi dan minat yang sama. Obrolan menjadi lebih nyaman dan mengalir.

Selain itu, dengan mengikuti klub, Anda akan lebih sering mendapat tawaran mengikuti kegiatan-kegiatan universitas. Karena beberapa acara universitas kadang lebih cepat diberitakan dari mulut ke mulut. Dari berbagai acara itulah Anda bisa mencari teman dengan karakter yang lebih beragam.

2.  Terbukalah dengan Lingkungan Tempat Tinggal

Selain lingkungan kampus, sebaiknya Anda juga menjalin hubungan dengan beberapa tetangga sekitar tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di asrama mahasiswa, sering-seringlah membuka pintu kamar agar orang-orang tidak ragu berkenalan dan memulai obrolan dengan Anda. Sesekali juga Anda dapat bermain ke kamar mereka jika memang kalian memiliki beberapa topik obrolan yang sama. Mudah bukan?

food 3230799 960 720 - Ikuti 5 Cara Strategis Mendapatkan Teman di Luar Negeri

3.  Jangan Ragu Mengajak Makan Bersama

Makan bersama adalah salah satu cara membuka diri dengan orang lain. Anda dapat mengajak makan bersama beberapa teman di tempat makan sekitar kampus yang terkenal enak. Bisa juga dengan mengajak mereka makan bersama di tempat tinggal Anda. Biasanya obrolan menjadi lebih fleksibel dan bahkan kalian bisa saling bertukar menu makanan khas dari negara masing-masing. Cukup masak makanan sederhana seperti nasi goreng atau resep rahasia keluarga Anda. Alternatif lainnya, bagaimana jika Anda membawa rendang kaleng dari Indonesia untuk mendapatkan teman baru?

4.  Gunakan Media Sosial untuk Memperbarui Berita Menarik

Ketika Anda sudah memiliki beberapa teman, temukan mereka juga di media maya. Sosial media akan membantu Anda untuk terus memperbarui informasi terkait teman baru Anda. Bisa jadi beberapa kegiatan terbaru mereka mengizinkan Anda untuk bergabung. Sehingga nantinya Anda bisa menambah teman lebih banyak lagi. Selain itu, sosial media juga akan membantu Anda menemukan acara atau kegiatan universitas yang mengasyikkan sekaligus bermanfaat untuk dihadiri.

5.  Tidak Mudah Menghakimi Orang Lain

Terkadang Anda terlalu cepat menilai seseorang yang mencoba mendekati Anda terlebih dahulu. Anda menilai orang tersebut tidak sesuai dengan kriteria teman Anda. Padahal Anda belum lama mengenalnya. Hal ini akan membuat Anda kesulitan mendapatkan teman di luar negeri. Anda harus membiarkan hubungan persahabatan tersebut mendapat waktu lebih banyak untuk tumbuh dan berkembang. Terlebih lagi hidup di luar negeri yang berarti Anda akan bertemu dengan orang yang jauh lebih beragam. Hal ini harus Anda manfaatkan sebagai kesempatan untuk mengembangkan kepribadian. Dengan begitu, pengalaman kuliah di luar negeri akan menjadi hal yang tak terlupakan bagi Anda.

faces 2679755 960 720 - Ikuti 5 Cara Strategis Mendapatkan Teman di Luar Negeri

Mudah bukan tips-tips di atas? Jika Anda menemukan teman yang sekiranya akan memberi efek negatif dalam hidup Anda, jangan ragu untuk meninggalkan mereka. Karena Anda lebih mengetahui apa dan siapa yang terbaik bagi Anda. Begitu juga dengan Anda yang memang memiliki kepribadian yang lebih suka bergaul dengan kelompok pertemanan kecil, misal tidak lebih dari 5 orang dalam tiap lingkungan. Maka jangan paksakan untuk mendapatkan banyak teman. Pastikan saja Anda tidak sendiri dalam melakukan berbagai hal saat kuliah di luar negeri. Mempunyai setidaknya 1 atau 2 teman di berbagai lingkungan yang berbeda akan membuat Anda selalu memiliki seseorang untuk dihubungi. Serta pada dasarnya kita semua adalah makhluk sosial. Bukankah begitu?

Masih berkaitan dengan kuliah di luar negeri. Kendala yang paling sering ditemukan bagi mahasiswa kampus luar negeri seperti Anda adalah mengelola keuangan secara mandiri. Selain kebutuhan kuliah, Anda juga harus mengatur uang untuk bertahan hidup. Bahkan jika perlu gunakan aplikasi keuangan yang mudah digunakan. Qelola adalah salah satu aplikasi yang akan membantu Anda dan orang tua Anda mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri dengan lebih mudah. Yuk ketahui Qelola lebih lanjut di sini. Kemudian langsung download Qelola di sini.

Tags: , , ,