Fakta Menarik Daerah Johor Bahru yang Belum Banyak Diketahui

johor bahru - Fakta Menarik Daerah Johor Bahru yang Belum Banyak Diketahui

Ada yang belum tahu dimana daerah Johor Bahru? Johor Bahru adalah ibu kota negara bagian Johor, Malaysia yang memiliki populasi sejumlah 497.067 jiwa dan merupakan kota terbesar kedua di negara Malaysia serta kota paling selatan kedua di Semenanjung Malaya. Daerah Johor Bahru memiliki nama resmi Johor Darul Takzim yang masuk dalam wilayah negara Malaysia yang letaknya jauh lebih selatan dibanding dengan Kuala Lumpur. Daerah ini menempel diujung dengan negara Singapura dan terpisahkan laut dengan negara Indonesia khususnya yang terdekat dari daerah Batam.

Saat ini popularitas Johor Bahru mulai menyaingi Kuala Lumpur yang telah populer terlebih dahulu dan memperoleh julukan The Jewel of Malaysia atas keindahannya. Selain itu masih banyak fakta menarik lainnya tentang daerah Johor Bahru yang belum banyak orang ketahui. Ingin tahu apa saja fakta menariknya? Simak informasinya di bawah ini.

1. Libur Akhir Pekan di Hari Jumat dan Sabtu

libur 700x467 - Fakta Menarik Daerah Johor Bahru yang Belum Banyak Diketahui

sumber: pexels/Tran Long

Hari libur akhir pekan di Johor Bahru berubah dari Sabtu dan Minggu menjadi hari Jumat dan Sabtu, sejak tanggal 1 Januari 2014. Alasan perubahan ini adalah agar para penduduk yang beragama Islam dapat melaksanakan ibadah sholat Jumat dengan lebih leluasa. Meskipun pemerintah menetapkan libur resmi pada hari Jumat dan Sabtu, namun pihak swasta sebagian besar masih menerapkan libur akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu bagi pegawainya.

Johor Bahru juga menerapkan sejumlah syariat Islam secara ketat. Laki – laki muslim yang tidak melaksanakan sholat Jumat akan dijatuhi hukuman penjara atau denda yang mencapai RM 3.000 atau sekitar Rp. 12juta. Pada bulan puasa juga terdapat larangan bagi masyarakat muslim untuk makan di tempat dan larangan pada warung makan dan restoran untuk menyajikan hidangan di tempat. Selain warga, pihak restoran juga akan dijatuhi hukuman denda apabila melanggar ketentuan ini.

2. Banyaknya Destinasi Wisata dan Jumlah Pengunjungnya

wisatawan 700x481 - Fakta Menarik Daerah Johor Bahru yang Belum Banyak Diketahui

sumber : pexels/Tyler Lastovich

Daerah Johor Bahru telah menjadi destinasi wisata dengan jumlah pengunjung yang semakin banyak. Harga yang relatif terjangkau dan semakin banyaknya tempat wisata yang menarik menjadikan Johor Bahru tujuan tempat wisata oleh wisatawan domestik maupun asing. Beberapa destinasi wisata favorit diantaranya taman hiburan Legoland Malaysia, Angry Birds Theme Park, Johor Premium Outlets dan pantai Desaru. Terdapat juga wisata kuliner yang menawarkan aneka hidangan lezat seperti aneka Roti Canai, Nasi Lemak, Laksa, Asam Pedas dan masih banyak lagi yang juga telah menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Johor Bahru

3. Berpengaruh bagi Perekonomian Singapura

Johor Bahru sangat berpengaruh bagi kemajuan perekonomian di Singapura. Johor Bahru merupakan tetangga yang juga sebagai penyedia tenaga kerja, kebutuhan bahan makanan serta sumber daya alam. Letak geografis yang sangat dekat dan hanya dipisahkan oleh sebuah jembatan, setiap hari ribuan warga Johor berangkat bekerja di Singapura untuk mengisi permintaan tenaga kerja Singapura. Mereka rela melakukan perjalanan pulang pergi setiap hari demi mendapatkan gaji yang besarannya mencapai tiga kali lipatnya. Minimnya lahan perkebunan yang dimiliki Singapura juga menjadi peluang impor bahan makanan seperti sayur, buah dan hewan ternak dari Johor. Setiap hari puluhan truk melintasi jembatan perbatasan Johor-Singapura untuk mengangkut kebutuhan tersebut.

Pada hari libur, Johor pun menjadi tempat tujuan berlibur dan belanja warga Singapura. Banyak hal yang dilakukan wisatawan Singapura seperti menyewa hotel, berbelanja, menikmati kuliner, mencuci mobil, pijat badan hingga potong rambut. Hal ini tentu tidak lepas dari fakta bahwa harga untuk produk dan jasa di Johor jauh lebih murah dari Singapura. Sebaliknya, Johor pun turut menikmati hasil devisa yang masuk dari kunjungan warga Singapura. Namun tidak semua barang yang dibeli di Johor diperbolehkan masuk ke Singapura karena Singapura memiliki kebijakan perlindungan bagi industri domestiknya.

4. Arti Penting bagi Indonesia

Kedekatan letak geografis daerah Johor Bahru dan Indonesia, khususnya Kepulauan Riau, serta akses transportasi yang semakin praktis, kemiripan bahasa serta budaya, membuat jumlah wisatawan dan pekerja migran asal Indonesia semakin banyak. Terdapat juga peningkatan jumlah warga negara Indonesia yang belajar dan berwisata ke Johor Bahru. Bahkan di Johor hanya terdapat 2 (dua) perwakilan negara asing, yaitu Konsulat Jenderal Indonesia dan Konsulat Singapura. Hal ini merupakan bukti akan meningkatnya kepentingan kedua negara.

Di daerah Johor Bahru sendiri tercatat jumlah warga negara Indonesia maupun pekerja migran Indonesia yang resmi mencapai jumlah 120.000. Namun mayoritas adalah pekerja migran Indonesia. Para pahlawan devisa ini menjadi tulang punggung bagi pembangunan dan perekonomian negeri Johor. Bagi Indonesia, mereka menjadi penyumbang remittance yang berjumlah besar. Banyaknya warga negara Indonesia yang telah menetap juga turut menyebabkan terjadinya pembauran budaya.

Bagi Anda yang telah menetap ataupun berlibur ke daerah Johor Bahru, Anda bisa mempermudah liburan dan tinggal Anda dengan memiliki aplikasi pengelola keuangan dua negara. Yup, benar saat ini sudah ada aplikasi keuangan Qelola yang siap membantu. Dengan biaya transfer sangat terjangkau dan kemudahan pembayaran pajak di Indonesia, Qelola jelas lebih unggul di banding aplikasi lainnya. Segera unduh Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,