Yuk, Wisata Kuliner! Ini Pilihan Tempat Menarik di Penang

Tempat menarik Penang

Kamu sedang berada di Malaysia atau baru berencana hendak mengunjungi Malaysia? Penang harus masuk dalam daftar tujuan wisata selama berada di Negeri Jiran. Ada berbagai tempat menarik Penang. Penang adalah pulau yang letaknya berada di sisi barat laut semenanjung Malaya. Daerah ini dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara karena ada banyak pilihan tempat untuk liburan.

Sebagai informasi, Goerge Town adalah salah satu kota di Penang. Daerah ini merupakan kota terbesar kedua di Malaysia. UNESCO juga telah menobatkan kota ini sebagai Kota Warisan Budaya. Pasalnya, kota ini terkenal akan sejarah dan kebudayaannya. Nah, ketika kamu berniat mau pergi ke Negeri Jiran tentu saja harus perlu mengetahui informasi tempat menarik Penang.

Sebelum membahas wisata kuliner di Penang, ada satu museum yang menarik dan berkaitan dengan kuliner. Kamu dapat mengunjungi Wonderfood Museum di Penang. Inilah destinasi wisata yang menyimpan koleksi informasi dan pengetahuan seputar dunia kuliner Malaysia. Tempat ini memamerkan bahan makanan, sejarah perkembangan teknologi pengolahan makanan, hingga replika kuliner yang begitu detail dan tampak asli. Kunjungi Wonderfood Musuem Penang untuk melihat dan mengetahui aneka kuliner di Malaysia.

Deretan Tempat Menarik Penang

Penang memiliki spot wisata kuliner menarik. Spot jajanan kaki lima biasanya disebut Hawker Centre atau disebut juga dengan istilah pujasera. Soal urusan wisata kuliner hidangan yang sebenarnya, Penang adalah tempat yang tak boleh dilewatkan. Ada berbagai lokasi menarik untuk wisata kuliner. Simak deretan tempat menarik Penang untuk wisata kuliner yang perlu dicoba berikut ini:

kuliner penang 700x525 - Yuk, Wisata Kuliner! Ini Pilihan Tempat Menarik di Penang

Sumber : Pixabay/Melvin Chia

Gurney Drive Hawker Center

Inilah salah satu tujuan untuk wisata kuliner di Penang. Lokasi ini cocok bagi kamu yang suka mencicipi kuliner apalagi khas Penang. Ada banyak pilihan makanan yang bisa kamu coba saat berada di Penang, Malaysia. Ada camilan, minuman, olahan seafood, hidangan aneka mie dan lainnya. Tak jauh dari Gurney Drive Hawker Center, ada juga Campbell Street, Gurney Plaza yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Penang. Menarik kan? Kamu pun bisa menikmati dua wisata sekaligus.

New Lane Hawker Centre

Detinasi wisata kuliner Penang ini terleta di Jalan Lorong Baru, George Town. Kamu pun akan dibuat senang dan tergiur untuk menikmati aneka jajanan kaki lima. Jika tertarik mengunjungi New Lane Hawker Centre, tempat ini dibuka pada hari Kamis hingga Selasa. Biasanya mulai ramai pengunjung mulai pukul 16.00 hingga 23.00 waktu setempat. Di sana ada banyak pilihan makanan yang perlu dicicipi seperti char koay teow ( kwetiau goreng), fried oyster omelette (telur dadar dengan tiram), chee chong fun, dan wan tan mee (mi pangsit) yang nikmat.

Sri Weld Food Court

Kamu ingin menikmati wisata kuliner di siang hari? Tenang saja, ada Sri Weld Food Court yang buka pada hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 15.00 waktu setempat. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu sampai sore atau malam untuk menikmati hidangan khas Penang. Sri Weld ini merupakan pusat jajanan yang terletak di pusat kota tua George Town. Apa saja yang bisa dicoba? Pengunjung dapat menikmat hidangan nasi lemak yang dibungkus daun pisang, ada char koay teow, white curry mee (mie kari putih) dan hidangan lainnya yang diolah dengan bumbu rempah Malaysia.

The Jetty Food Court

Kamu menyukai olahan mie pangsit? Datanglah ke The Jetty Food Court. Adapun makanan yang terkenal di pusat jajanan ini adalah wan tan mee (mie pangsit), char koay teow dan sate lok-lok. Lokasi ini merupakan pusat jajanan terbesar di pusat kota George Town. Biasanya, The Jetty Food Court yang terletak di Gat Lebuh Armenian buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 01.00 waktu setempat. Kamu harus bersabar karena saking terkenalnya tempat ini kadang kala kesulitan mencari tempat duduk yang kosong.

Cecil Street Food Court

Tempat menarik Penang berikutnya untuk wisata kuliner adalah Ceceil Street Food Court. Inilah pusat jajanan yang menyediakan banyak pilihan makanan mulai dari camilan hingga makanan yang tentunya membuat perut kenyang. Ada makanan seperti curry puffs, wan tan mee, char koay teow dan masih banyak lagi. Kamu bisa sarapan di Cecil Street Food Court ini karena buka setiap hari mulai pukul 07.30 waktu setempat. Food court yang terletak di Lebuh Cecil, George Town ini tutup pukul 19.00 WIB.

Lebuh Presgrave Hawker Centre

Letaknya memang cukup tersembunyi tapi jangan salah karena tempat ini dikenal di kalangan para turis. Salah satu hidangan yang dikenal pengunjung adalah hookien mee. Selain hidangan itu, sebenarnya ada banyak aneka hidangan yang menyegarkan yakni, ais kacang merah.

Esplanade Park Food Court

Tempat menarik Penang berikutnya adalah Esplanade Park Food Court. Letaknya berada di dekat monumen bersejarah, yakni di padang Kota Lama, George Town. Adapun hidangan yang khas adalah hameed ‘pata’ special mee. Hidangan ini berupa olaha mie goreng yang dikombinasikan dengan sotong (cumi) serta diberi bumbu khas. Tempat untuk wisata kuliner ini buka setiap Senin hingga Sabtu mulai siang hari pukul 11.00 dan tutup pada pukul 23.00 waktu setempat. Dengan begitu kamu bisa datang pada rentan waktu siang hingga malam hari.

Demikianlah rangkuman informasi tempat menarik Penang yang wajib dikunjungi untuk menikmati wisata kuliner. Nah, sekarang ini pembayaran semakin mudah bisa langsung dari handphone. Ada aplikasi Qelola sebuah aplikasi e-wallet yang memudahkan berbagai transaksi keuangan seperti membayar tagihan, bayar listrik, beli pulsa hingga transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Para TKI dapat menggunakan aplikasi Qelola selama berada di Malaysia. Unduh aplikasi Qelola di sini sekarang juga.

Tags: , , , , ,