Wajib Dikunjungi! Ini Daftar Pantai Menarik di Kelantan Malaysia

pantai di Malaysia

Sudah sampai Kelantan maka wajib mengunjungi pantai yang menarik. Tidak hanya wisata bangunan bersejarah saja tetapi ada pantai menarik di Kelantan. Sebelum membahas wisata pantai, Kelantan memiliki banyak tempat wisata. Adapun objek wisata di Kelantan yang kerap dikunjungi antara lain Tumpat, Pasar Besar Siti Khadijah, Istana Jahar, Taman Negara, Muzium Diraja Istana Batu, Water and Moon Temple, Museum Kerajinan Tangan Desa Kelantan, Gunung Stong dan lainnya.

Nah, bicara soal pantai menarik di Kelantan Malaysia, ada beberapa pilihan untuk para wisatawan maupun para buruh migran di Malaysia. Kelantan merupakan salah satu negara bagian Malaysia. Daerah ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah dengan luas wilayahnya sekitar 14.922 km persegi. Kelantan merupakan daerah yang memiliki keunikan dengan beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya.

Di sinilah budaya Melayu masih terasa kental dan melekat pada setiap tempat wisata. Pasalnya, penduduk lokal Malaysia mengembangkan budaya Melayu di Kelantan. Kelantan juga disebut sebagai tempat lahirnya budaya Melayu sehingga sangat menjaga tradisi hidup mereka. Kelantan ini berada di timur laut Semenanjung Malaysia dan berhadapan dengan Laut China Selatan. Selain itu juga berbatasan dengan negara Thailand.

keindahan pantai 700x466 - Wajib Dikunjungi! Ini Daftar Pantai Menarik di Kelantan Malaysia

Sumber: Pixabay/ Quang Nguyen vinh

Kamu pun dapat menikmati berbagai tempat wisata yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Selain wisata yang ada di area perkampungan, perkotaan, maupun pegunungan, ada juga wisata bahari atau pantai. Lantas apa saja pantai yang wajib dikunjungi ketika berada di Kelantan?

Pantai Cahaya Bulan

Destinasi wisata ini termasuk populer di Kelantan. Keindahan Pantai Cahaya Bulan ini terus dicari oleh wisatawan. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Kota Bharu. Sebelumnya pantai ini diberi nama Pantai Cinta Berahi oleh seorang pendatang asal Inggris. Pemberian nama pantai itu terjadi pada masa Perang Dunia II. Pemberian nama tersebut karena cintanya yang tidak berbalas. Namun, saat ini dikenal dengan sebutan Pantai Cahaya Bulan atau PCB. Pantai yang panjangnya sekitar 1,2 kilometer ini berpasir cantik dan air yang jernih. Apalagi ada banyak pohon kelapa yang menyambut para pengunjung. Di dekat PCB ada berbagai restoran, kafe, maupun warung makan sederhana. Pengunjung pun tak perlu khawatir kelaparan saat berlibur di Pantai Cahaya Bulan Kelantan. Tak jauh dari PCB ada pula tempat wisata bernama Kubu Kebal.

Pantai Mek Mas

Inilah salah satu pantai menarik di Kelantan yang wajib dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Pantai Mek Mas ini berada di Semenanjung Malaysia. Datanglah saat bulan April hingga September karena bukan musim hujan. Waktu yang pas main di pantai saat musim panas dan merasakan terik sinar matahari. Hindari mengunjungi pantai saat bulan Oktober hingga Februari, pasalnya sedang mengalami musim penghujan. Rencana main di pantai pun bisa gagal karena turunnya hujan. Jangan lupa membawa perlengkapan untuk menikmati keindahan pantai seperti pakaian, bekal, kacamata, topi dan lainnya.

pantai malaysia 700x466 - Wajib Dikunjungi! Ini Daftar Pantai Menarik di Kelantan Malaysia

Sumber: Pixabay/ Vihgnesh Subramaniam

Pantai Irama

Selanjutnya, masih ada Pantai Irama yang berada di Bachok, Kelantan juga memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Pantai menarik di Kelantan ini terletak di daerah Bachok atau kira-kira 20 kilometer dari Kota Bharu. Pantai Irama begitu menarik untuk dikunjungi wisatawan karena menghadap ke Laut China Selatan. Tak sedikit keluarga yang berlibur di akhir pekan. Pantai ini dikenal sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Bisa bersantai, bersenang-senang maupun mengadakan pesta di tepi pantai.

Ada aktivitas yang menarik di sepanjang Pantai Irama seperti persewaan ATV, kereta kuda, banana boat, dan basikal. Bahkan, ada pasar malam yang tentunya akan berlangsung di malam hari. Namun, pasar malam hanya diselenggarakan pada hari tertentu saja. Barang yang dijual seperti cenderamata aneka pernak-pernik, hingga makanan atau minuman.

Pantai Sri Tujuh

Lokasi Pantai Sri Tujuh ini menghadap ke Laut China Selatan. Dinamakan Sri Tujuh karena terdapat 7 teluk bahkan lebih di kawasan pantai ini. Sri Tujuh pun termasuk dalam daftar menarik di Kelantan. Tak sedikit pelancong yang berdatangan menikmati keindahan Pantai Sri Tujuh. Suasananya begitu damai dan menenangkan. Ada pohon rhu menjadi daya tarik tersendiri. Ada berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sini seperti berkemah, main bola, memancing ikan, menikmati panorama laut, melihat aktivitas para nelayan dan lainnya.

Demikianlah informasi daftar pantai menarik di Kelantan, Malaysia. Kamu perlu mengumpulkan banyak informasi seputar tempat wisata yang hendak dikunjungi. Apalagi saat pandemi Covid-19, setiap negara memberlakukan aturan yang berbeda-beda. Selain menyiapkan rencana liburan di pantai jangan lupa untuk membuat anggaran hingga uang yang cukup.

Sementara itu, urusan pembayaran tagihan bisa dilakukan secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mengurus pembayaran seperti beli pulsa, listrik, BPJS, hingga air. Bahkan, kamu juga bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan cepat dan murah. Aplikasi Qelola memiliki berbagai fitur seperti e-wallet dan layanan multi-billing untuk berbagai transaksi online. Unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati kemudahannya hanya dari handphone saja.

Tags: , , , , , , ,