Ini Perbedaan Kanker dan Tumor yang Perlu Anda Ketahui

kanker 4 - Ini Perbedaan Kanker dan Tumor yang Perlu Anda Ketahui

Banyak orang menganggap bahwa tumor itu kanker, atau pun sebaliknya. Bahkan, tak sedikit yang panik apabila mendengar kata tumor karena mungkin langsung membayangkan kanker yang mematikan. Ya, sebagian besar dari mereka memang masih bingung dan tidak tahu perbedaan kanker dan tumor. Padahal, tidak semua tumor berbahaya. Nah, agar tidak salah kaprah, berikut adalah perbedaan kanker dan tumor yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Terlihat Sama?

Sebelum mengenali perbedaan tumor dan kanker, perlu tahu alasan kenapa banyak yang beranggapan kanker dan tumor itu kondisi yang sama.

Berdasarkan definisinya, tumor yang dikenal dengan istilah medis dengan neoplasma adalah tumbuhnya jaringan akibat sel yang tidak normal. Sementara itu, kanker adalah penyakit yang terjadi akibat sel tertentu dalam tubuh menjadi abnormal, sel mampu membelah diri tanpa kendali dan menyebar ke jaringan sekitar.

Ada alasan kenapa banyak orang menganggap kanker dan tumor itu sama. Tumor dan kanker memiliki kemiripan, yakni menimbulkan adanya benjolan dengan ukuran dan bentuk beragam.

Tumor yang pada dasarnya merupakan jaringan tumbuh dapat menimbulkan benjolan. Begitu juga benjolan kanker yang terbentuk akibat sel yang terlalu aktif membelah sehingga menimbulkan penumpukan.

Selain itu, bisa kembali kambuh apabila pengobatan tidak dilakukan secara sempurna hingga sel abnormal terangkat sepenuhnya dari tubuh. Walaupun memiliki persamaan, tumor dan kanker tidaklah sama.

Apa Perbedaannya?

Yang perlu ditekankan adalah kanker bisa menimbulkan tumor, tapi tumor yang muncul belum tentu mengarah pada kanker.

Perlu diketahui bahwa tumor dapat bersifat jinak dan ganas. Dilansir pada situs John Hopkins Medicine, tumor jinak (benign) biasanya tidak mengancam jiwa. Jenis tumor ini tidak menyebar ke jaringan lain dan hanya menetap pada salah satu bagian tubuh saja. Pada kebanyakan kasus, tumor jinak ditemukan pada tulang (osteochondroma) atau jaringan ikat (displasia fibrosa).

Sementara tumor ganas (malignant) adalah jenis tumor yang terbentuk dari sel kanker. Tumor ganas inilah yang bisa Anda sebut sebagai penyakit kanker.

Tumor yang ganas ini dapat menyebar dengan cepat dan merusak jaringan sekitarnya, bahkan ke bagian tubuh mana pun (metastasis).

Oleh karena itu, beberapa orang bisa memiliki lebih dari satu kanker di area yang berbeda, contohnya berawal dari kanker payudara yang kemudian membentuk kanker di paru-paru. Kondisi ini dikenal juga dengan secondary cancer.

Penyebab tumor ganas bisa menyebar ke area ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, ahli kesehatan berpendapat bahwa ini ada kaitannya dengan faktor genetik, gaya hidup, dan kemungkinan penyebaran sel kanker melalui sistem limfatik.

Perbedaan tumor dan kanker juga dapat dilihat dari lokasi kambuhnya penyakit. Tumor jinak dapat kambuh kembali dan muncul di area yang sama. Sementara, kanker bisa kambuh di bagian tubuh mana pun.

Jenis-Jenis Tumor

tumor 700x467 - Ini Perbedaan Kanker dan Tumor yang Perlu Anda Ketahui

sumber : pexels/Thirdman

Tumor terjadi ketika sel-sel tubuh tumbuh terlalu cepat. Secara umum, tumor dapat dibedakan menjadi tiga jenis berbeda, yakni:

Jinak

Tumor jinak adalah jenis tumor tidak berbahaya. Pertumbuhannya pun cenderung lambat dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor jinak tidak mengandung sel-sel kanker. Ini artinya, mereka tidak berbahaya untuk tubuh.

Akan tetapi, tumor jinak bisa saja menyebabkan nyeri dan masalah serius lainnya apabila tumbuh di dekat organ-organ vital dan menekan pembuluh darah atau saraf.

Prakanker

Tumor prakanker adalah jenis penyakit yang belum menjadi kanker, tetapi berpotensi untuk menjadi ganas.

Meski tidak tergolong ganas, tumor jenis ini sebaiknya tetap perlu dicek secara rutin ke dokter. Langkah ini bertujuan mewaspadai apabila tumor ini sewaktu-waktu berubah ganas.

Ganas

Tumor ganas adalah kanker. Pada penyakit ini, sel-sel dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan memicu berbagai gangguan kesehatan.

Tumor ganas merupakan jenis penyakit yang perlu diwaspadai karena mengandung sel-sel kanker. Sel-sel tumbuh secara tidak terkendali dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, tumor ganas juga bisa kembali lagi walaupun sudah diangkat.

Tumor jinak tidak berbahaya dan biasanya tak perlu ditangani secara medis selama tidak mengganggu penderitanya. Sementara, tumor prakanker dan ganas  memerlukan tindakan medis tertentu sesuai evaluasi dokter.

Perawatan Medis yang Dibutuhkan

rumah sakit - Ini Perbedaan Kanker dan Tumor yang Perlu Anda Ketahui

sumber : unsplash

Penyakit kanker disebut-sebut sebagai penyakit terbanyak kedua yang bisa menyebabkan kematian. Meskipun begitu, Anda tidak boleh menganggap remeh tumor jinak yang tumbuh. Pasalnya, beberapa kasus penyakit ini juga bisa membahayakan jiwa jika berada di bagian tubuh tertentu, seperti tumor otak yang dapat menghancurkan struktur otak secara perlahan.

Agar mengetahui jenis tumor yang Anda miliki, pemeriksaan medis harus dilakukan. Pasalnya, hanya dokter yang dapat memastikan apakah Anda mengalami tumor jinak, atau ganas.

Pertumbuhan tumor juga terkadang tidak dapat diprediksi. Beberapa tumor jinak bisa pula berubah menjadi ganas di kemudian hari.

Maka dari itu, periksakan diri ke dokter apabila Anda memiliki benjolan atau perubahan yang janggal pada tubuh Anda, baik yang bergejala maupun tidak. Pasalnya, hanya pemeriksaan medis dan dokter yang bisa mendeteksi perbedaan keduanya.

Dengan memeriksakan diri ke dokter secara dini, tumor bisa diatasi secepat mungkin dan jangan menunda-nunda. Sehingga Anda pun terhindar dari penyebaran kanker maupun risiko komplikasi yang tidak diinginkan.

Jika Ingin Berobat ke Malaysia

Saat ini bagi Anda yang telah tinggal di Malaysia, atau kebetulan ingin berobat kanker di Malaysia tidak perlu khawatir lagi. Sudah banyak rumah sakit bagus yang bisa menangani di sana. Anda hanya perlu memikirkan masalah keuangan dan bagaimana cara menggunakannya dengan mudah agar tidak mengganggu pengobatan Anda.

Baca Juga : 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Beruntungnya saat ini sudah ada aplikasi keuangan Qelola yang bisa menangani masalah keuangan Anda dari Indonesia ke Malaysia. Dengan Menggunakan Qelola, Anda sudah tidak perlu lagi bersusah-susah untuk membayar semua keperluan tagihan di Indonesia. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga. Semoga artikel tentang perbedaan kanker dan tumor di atas bermanfaat.

 

 

Tags: , , , , , , ,