5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Rumah Sakit Terbaik di Malaysia

Rumah sakit terbaik di Malaysia sering dijadikan tujuan pengobatan para pasien dari Indonesia. Berbagai peralatan medis yang canggih serta dokter senior berpengalaman menjadi pertimbangan banyak pasien memilih berobat ke Malaysia. Salah satu jenis penyakit yang cukup sulit pengobatannya yaitu kanker. Di Indonesia sendiri, alat yang ada untuk pasien kanker belum secanggih di Malaysia. Berbagai rumah sakit terbaik di Malaysia tersebar di Penang, Kuala Lumpur, Melaka, dan Johor Baru. Beberapa di antaranya dianggap mampu menangani pasien kanker dengan lebih efisien. Berikut ini merupakan 5 rekomendasinya khusus untuk pasien kanker.

1. Sunway Medical Center Malaysia

sunway medical centre - 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Sumber: smarthelath.id

Salah satu rumah sakit terbaik di Malaysia untuk penderita kanker yaitu Sunway Medical Center. Berlokasi tidak terlalu jauh dari Kuala Lumpur membuat rumah sakit ini semakin mudah di akses. Lokasi tepatnya ada di Lagoon Selatan, Bandar Sunway, Selangor, Darul Ehsan, Malaysia. Sunway Medical Center telah berdiri sejak 1999 dengan daftar dokter spesial lengkap.

Khusus untuk penanganan penyakit kanker, rumah sakit ini tidak hanya siap dengan tenaga medis cakap namun juga sederet alat canggih yang lengkap. Tidak semua rumah sakit memiliki peralatan untuk pemeriksaan dan penyembuhan kanker secara lengkap. Beberapa alat untuk menangani kanker yang ada di rumah sakit ini seperti Truebeam STx, Gamma knife, DA vinci robot surgery, PET CT Scan, dan IORT.

2. Beacon Hospital

Beacon Hospital masih tergolong sebagai rumah sakit berusia muda sebab baru berdiri sejak 2005. Meski demikian, Beacon Hospital merupakan Salah Satu rumah sakit terbaik khususnya untuk pasien kanker. Berbagai penghargaan pernah diterima oleh rumah sakit ini karena fasilitas serta metode canggih pengobatan kanker yang ditawarkan. Salah satu penghargaan bergengsi tersebut didapat tahun 2018 yaitu Europan Society for Medical Onkologi.

Fasilitas di Beacon Hospital mencakup 4 ruang operasi, perawatan intensif pasien, serta 100 ranjang pasien. Metode pengobatan kanker yang ada pun tidak perlu diragukan. Di antara semua rumah sakit Asia Tenggara, hanya Beacon Hospital yang menerapkan terapi radionuklida Lutetium 177. Tidak hanya itu, Beacon Hospital juga menjadi rumah sakit pertama yang menawarkan pada pasien kanker perawatan imunoterapi. Lokasi rumah sakit ini ada di Petaling Jaya, Selangor.

3. RS Loh Guan Lye Penang

loh guan 1 - 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Sumber: doktersehat.com

Pamor Loh Guan Lye Hospital amat tinggi. Rumah sakit terbaik di Penang ini cukup populer untuk dikunjungi. Selain fasilitas yang sangat baik, pelayananya pun efektif dan efisien. Terdapat 5 pusat kesehatan unggulan di Loh Guan Lye hospital, salah satunya yaitu penanganan penyakit kanker. Menariknya, rumah sakit ini memiliki kafe di dalamnya yang menyajikan makanan halal.

Rumah sakit terbaik ini berlokasi di 238, Jalan Macalister, 10400 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Berbagai peralatan medis canggih untuk penyakit kanker yang ada di rumah sakit ini termasuk PET Scan, Linear Accelerator, dan Zeiss Intrabeam System. Alat medis Zeiss Intrabeam System khusus digunakan pada pasien kanker payudara sebagai alat radioterapi stadium awal.

4. Gleneages Penang

Gleneagles Penang merupakan rumah sakit khusus kanker. Ada banyak pilihan dokter onkologi berpengalaman dengan dukungan alat canggih untuk pengobatan. Layanan onkologi multi-disiplin bisa dilayani mencakup diagnosis, operasi, serta terapi. Rumah sakit ini telah berpengalaman menangani banyak kasus penyakit kanker berbagai jenis. Setiap tahunnya, pasien kanker kemoterapi yang ditangani sekitar 4800 dan lebih dari 700 pasien radioterapi.

Berbagai jenis kanker yang bisa dilakukan pengobatannya di Gleneages Penang yaitu kanker darah, kanker payudara, kanker kandungan, kanker kepala dan leher, kanker saraf dan otak, kanker tulang, serta kanker kolorektal. Perawatan lain yang ditawarkan yaitu onkologis klinis dan radioterapi, bedah saraf dan otak,  bedah kanker, dan urologi. Rumah sakit terbaik di Penang ini juga memiliki pusat radioterapi serta laboratorium patologi yang sangat bagus.

5. Mount Miriam Cancer Hospital

mountmiriam - 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Mount Miriam Center terletak di Penang. Rumah sakit ini fokus pada perawatan pasien kanker pascaoperasi. Bed rawat inap yang disediakan hanya 40 saja sehingga tidak dapat menampung terlalu banyak pasien. Umumnya pasien yang bergbat ke Mount Miriam Cancer Hospital tidak menginap atau rawat jalan saja. Tindakan medis seperti diagnosis dan operasi tidak bisa dilakukan di rumah sakit ini.

Meksi tidak bisa melakukan operasi, rumah sakit ini tetap padat pengunjung dari Indonesia setiap harinya. Pasien yang berkunjung ke rumah sakit terbaik di Malaysia satu ini biasanya menjalani kemoterapi pascaoperasi. Di sekitar rumah sakit tidak banyak hotel, maka disarankan menginap di hotel pusat kota.

 

Itulah daftar rumah sakit terbaik di Malaysia yang dapat dipilih untuk dikunjungi. Masing-masing rumah sakit memiliki keunggulan tersendiri. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kondisi medis yang dialami dan biaya. Selama di Malaysia melakukan pengobatan, kamu tetap bisa mengirim uang ke Indonesia dengan mudah menggunakan aplikasi Qelola. Tidak ada tambahan biaya untuk pengiriman uang luar negeri khususnya dari Malaysia ke Indonesia. Aplikasi ini juga membantu pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan tagihan bulanan lainnya. Unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , ,