5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

mendaki gunung

Mendaki gunung menjadi aktivitas seru yang bisa kamu rencanakan untuk mengisi hari libur. Kegiatan ini pastinya menyenangkan, terutama bagi kamu yang berjiwa petualang. Gunung Kinabalu menjadi salah satu gunung yang menarik untuk ditaklukan. Terletak di wilayah Sabah, Malaysia, Kinabalu Mount merupakan puncak tertinggi yang ada di negeri Jiran tersebut.

Di dalamnya kamu akan disambut oleh hutan hujan tropis dan bebatuan granit saat sampai di puncak. Konon, jalur pendakian Gunung Kinabalu juga menjadi jalur favorit para pendaki karena akses menuju kesana tidak terlalu sulit. Jika ini adalah pengalaman pertama mendaki gunung Kinabalu, maka perhatikan beberapa tips agar bisa sampai ke puncak Kinabalu dengan aman berikut ini.

  • Tentukan Waktu yang Tepat

mendaki gunung - 5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

Sumber: unsplash

Hampir semua objek wisata selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba tak terkecuali Gunung Kinabalu. Jika kamu ingin menghindari keramaian maka bisa memilih waktu di luar hari libur. Umumnya, pada bulan Januari hingga Februari, spot Kinabalu Mount jarang dikunjungi karena bertepatan dengan puncak musim hujan.

Namun jika kamu tidak masalah, maka memilih bulan tersebut bisa jadi opsi terbaik. Akan tetapi kamu harus lebih berhati-hati karena medan yang harus ditempuh menjadi licin. Selain mewaspadai medan di sekitar pendakian, kamu juga harus membawa peralatan yang lengkap saat mendaki gunung Kinabalu.

  • Persiapkan Fisik yang Prima

mendaki gunung kinabalu e1632987279835 - 5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

Sumber: unsplash

Mendengar kata mendaki gunung saja sudah terasa melelahkan apalagi saat harus melakukannya. Perjalanan panjang dengan rute menanjak menjadi gambaran di pikiran saat akan berpetualang menaklukan gunung. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatan agar bisa mendaki gunung tanpa kendala.

Dari titik awal, kamu harus menyusuri rute sepanjang 9 kilometer untuk sampai ke puncak Kinabalu. Belum lagi jalur pendakian menuju kawasan gunung didominasi oleh anak tangga dengan tingkat kemiringan mencapai 60 derajat. Wajar saja jika persiapan fisik menjadi hal yang sangat penting yang harus kamu perhatikan dengan sungguh-sungguh.

  • Memakai Kartu Tanda Pendaki

name tag - 5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

Sumber: unsplash

Sebelum kegiatan mendaki gunung dimulai, para pendaki wajib melakukan pendaftaran di Kantor Kinabalu Park. Staf dari Kinabalu Park kemudian akan memberikan kartu tanda pendaki yang wajib kamu pakai. Selama perjalanan menuju Kinabalu Mount, kartu tersebut harus selalu dipakai. Kartu tanda pendakian tersebut juga menjadi bukti resmi yang harus dimiliki pendaki gunung yang akan pergi menuju puncak Kinabalu.

  • Membawa Barang Secukupnya

pendaki gunung - 5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

Sumber: unsplash

Jalur pendakian menuju puncak Kinabalu dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Mulai dari penginapan di tengah jalur pendakian, restoran, bilik-bilik toilet, dan tempat isi ulang air minum. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu membawa tenda saat mendaki gunung ini. Jika ingin beristirahat, kamu bisa singgah ke penginapan Laban Rata.

Selain penginapan, di sana juga terdapat restoran. Jadi kamu bisa makan atau minum di restoran tersebut. Kamu tidak perlu membawa barang-barang berlebihan seperti kantong tidur, kompor, atau bahan makanan. Cukup membawa jaket, botol minum, headlamp, baju ganti dan makanan ringan saja.

Jika persediaan air minum habis, kamu bisa menemukan fasilitas air minum alami yang berasal dari mata air Gunung Kinabalu. Selain itu, kamu juga tidak perlu buang air kecil sembarangan karena tersedia banyak toilet di setiap pos-pos pendakian.

  • Mengikuti Arahan Pemandu

pendaki gunung kinabalu - 5 Tips Mendaki Gunung Kinabalu yang Aman dan Nyaman

Sumber: unsplash

Demi keamanan selama mendaki gunung, sebaiknya kamu ditemani oleh pemandu profesional. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tersesat selama perjalanan. Selain itu, dengan adanya pemandu, kamu jadi tau hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama mendaki puncak Kinabalu.

Walaupun harus mengeluarkan uang untuk menyewa seorang pemandu, hal tersebut sepadan dengan rasa aman dan nyaman yang akan kamu rasakan. Tiap-tiap pemandu biasanya hanya diizinkan untuk mengawal tiga orang pendaki. Jadi pastikan kamu datang bersama dua orang teman saat ingin menaklukkan puncak Kinabalu. Selain perjalanan menjadi lebih aman, kamu juga bisa menghemat budget untuk membayar pemandu gunung karena bisa patungan dengan dua orang temanmu lainnya.

Baca juga: Jangan Lewatkan 6 Objek Wisata di Dekat Gunung Kinabalu Berikut

Demikian beberapa tips aman untuk mendaki Gunung Kinabalu. Aktivitas mendaki puncak Kinabalu pastinya membutuhkan banyak persiapan baik fisik maupun materi. Agar pendakian berjalan dengan aman dan mulus, pastikan untuk menerapkan berbagai tips yang sudah terangkum diatas. Jika kamu akan tinggal atau melancong ke Malaysia dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya jangan lewatkan untuk menginstal aplikasi Qelola.

Qelola adalah aplikasi keuangan populer di Malaysia yang menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Melalui Qelola, kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: ,