Catat! Ini yang Harus Dilakukan Saat Berlibur ke Sabah

wisata sabah

Kamu bisa menikmati liburan di Malaysia lho. Ada banyak pilihan destinasi wisata di daerah Sabah, Malaysia. Tak perlu jauh-jauh sampai ke benua lain untuk berlibur. Pasalnya, negara tetangga juga menawarkan aneka destinasi wisata hingga wisata kuliner. Meskipun hanya memiliki waktu cuti atau libur beberapa hari saja, kamu bisa mengunjungi Sabah.

Tidak perlu banyak waktu untuk perjalanan antarnegara. Wisata alam di Sabah Malaysia wajib dijajal. Apalagi kalau memang berniat untuk berwisata alam maka Sabah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menikmatinya hanya seorang diri, bersama teman maupun keluarga. Pilihannya ada pantai hingga pegunungan. Sudah siap untuk berlibur ke Malaysia?

Negara Malaysia memang menjadi salah tujuan wisata. Ketika sedang bekerja atau kuliah di Malaysia ada baiknya juga menyempatkan diri untuk jalan-jalan. Mumpung ada di Malaysia maka nikmatilah keindahan alamnya. Berikut beberapa opsi destinasi wisata maupun hal-hal yang bisa dilakukan saat berlibur ke Sabah:

 

kinabalu 700x466 - Catat! Ini yang Harus Dilakukan Saat Berlibur ke Sabah

Sumber: Pixabay

Kota Kinabalu

Sampai di Sabah, jangan sampai melewatkan jalan-jalan di Kota Kinabalu. Inilah salah satu keunikan yang dimiliki Sabah. Ada wisata bersejarah hingga pusat bermain keluarga. Kamu bisa mengunjungi Museum Sabah, Pu Tuo Si Temple, Monumen Double Six, Menara Jam Atkinson, dan lainnya. Kamu bisa memilih menggunakan jasa pemandu wisata jika ingin mendapatkan informasi yang jelas. Apalagi bicara sejarah dan budaya tentunya membutuhkan informasi dari orang sempat.

Ada salah satu yang menarik di Kinabalu, yakni Kinabalu Cultural Dance. Inilah satu tempat yang direkomendasikan saat berada di Sabah. Kamu bisa menyaksikan penampilan aneka tarian khas Sabah maupun Malaysia. Pada kesempatan menyaksikan tarian juga akan dijelaskan arti gerakan tarian. Masih ada juga Kibalu Park yang cocok bagi pencinta alam. Ada pemandangan alam yang membentang dan tentu saja akan membuat rileks. Kamu pun dapat menikmati World Heritage Site yang masih menjadi bagian dari Kinabalu Park.

Makanan lokal

Jangan sampai tidak menikmati wisata kuliner di Sabah, Malaysia. Menyantap aneka hidangan olahan seafood tentu saja sudah menjadi hal yang biasa. Mumpung berada di Malaysia, tak ada salahnya untuk mencicipi hidangan khas atau masakan lokal. Ada berbagai pilihan makanan hingga kue tradisional yang bisa dicoba seperti Kolupis, Roti Kawin, Tuhau, Hinava, Ambuyat, Tuaran Fried Noodle, Wajit dan lainnya. Namun, jika hendak menikmati seafood ada restoran terkenal di Kota Kinabalu. Ada Kampung Nelayan Seafood Restaurant, Port View Restaurant, Gayang Seafood Restaurant, Salut Seafood Restaurant, dan lainnya.

Snorkeling di Sipadan

Kalau kamu suka menikmati keindahan bawah laut maka jangan lewatkan untuk snorkeling di Sipadan. Kamu bisa menyaksikan keragaman kehidupan laut. Di sinilah tempat asyik untuk menikmati waktu berlibur terutama para penggemar panorama bawah laut.

snorkeling Sabah 700x525 - Catat! Ini yang Harus Dilakukan Saat Berlibur ke Sabah

Sumber: Pixabay

Pulau Mantanani

Selain Sipadan, ada juga pilihan untuk melakukan snorkeling dan diving. Objek wisata di Sabah ini tak kalah seru karena para wisatawan juga akan dimanjakan dengan pasir putih di bibir pantai dan pemandangan keren di laut. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan terumbu karang, ikan kecil yang berwarna-warni. Ada banyak petugas yang akan membantu wisatawan saat snorkeling maupun diving.

Jalan-jalan Naik Kereta 

Kamu dapat menikmati perjalanan dengan naik kereta. Selagi ada di Kota Kinabalu kamu dapat melakukan perjalanan ke Beaufort melalui Sabah State Railway. Kamu bisa menikmati jalan-jalan di Beaufort sekitar 5 jam. Mulailah perjalanan pada pukul 07.30 pagi kemudian harus kembali lagi ke Kota Kinabalu sebelum pukul 14.00. Kamu bisa jalan-jalan di kota kuno Beaufort.

Taman Nasional

Ada pilihan wisata alam seperti taman nasiona, yakni Lembah Danum dan Suaka Margasatwa Tabin. Lembah Danum merupakan hutan hujan primer seluas 438 kilometer persegi yang masih alami. Sedangkan, Tabin sebagian besar terdiri dari hutan sekunder.

Sandakan

Inilah lokasi yang wajib dikunjungi jika menyukai flora dan fauna. Ada Sandakan yang dikenal sebagai Land of Diversity and Conservation. Kamu bisa melihat beragam flora dan fauna termasuk mengunjungi tempat rehabilitas orangutan, memasuki Gua Gemantong, Suaka Margasatwa Kinabatangan, hingga melihat museum.

Kundasang

Apabila tidak ingin mendaki Gunung Kinabalu, kamu juga bisa merasakan menginap di Kundasang. Ada berbagai pemandangan menarik di daerah dataran tinggi Kundasang. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengunjungi pertenakan susu sapi, jalan-jalan di kebun teh Sabah. Ada pula pemandian air panas Poring hingga menjelajah Taman Nasional Kinabalu.

Beli oleh-oleh

Usai berlibur tak lengkap rasanya kalau belum membeli buah tangan. Ada beberapa tempat untuk berbelanja suvenir lokal seperti Pasar Filipina di Kota Kinabalu. Ada juga Night Market di Kampung air.

Tentu waktu liburandi Sabah akan terasa lebih menyenangkan jika dilalui tanpa gangguan bukan? Terlebih gangguan seperti pembayaran tagihan bulanan yang jatuh tempo, pasti akan terasa menyebalkan. Kamu dapat menggunakan Qelola untuk mengatasi hal ini. Pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan BPJS bisa dilakukan langsung melalui aplikasi ini, dan selesai dalam hitungan menit. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan maksimalkan waktu liburan di Sabah.

Tags: , , , , , ,