7 Pulau di Sabah Terbaik Ini Wajib Dikunjungi

Pulau di Sabah

Setelah Sarawak, Sabah merupakan negara bagian terbesar kedua di Malaysia. Ibukotanya yaitu Kota Kinabalu. Sabah berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Pulau di Sabah ada banyak jumlahnya dengan suguhan pemandangan menawan sehingga sayang jika dilewatkan. Kamu perlu meluangkan waktu untuk berkunjung ke berbagai pulau di Sabah tersebut.

Jika kamu sedang bekerja di Malaysia atau berada di sekitar Kalimantan, sempatkan untuk berlibur sejenak ke pulau di Sabah. Para pecinta pantai dan laut tidak akan kecewa ketika berkunjung ke pula-pulau yang ada di Sabah. Apa saja daftar pulau yang menarik untuk dikunjungi tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pulau Labuan 

Pulau di Sabah pertama yang perlu kamu kunjungi yaitu Labuan. Terletak sekitar 10 km dari pantai Sabah, pulau ini menawarkan wisata sejarah juga, lho! Terdapat kompleks pemakaman tentara Sekutu yang tewas pada Perang Dunia II. Pemakaman tersebut berjumlah kurang lebih 3900 banyaknya. Selain itu, kamu tentu juga bisa menyelam di pulau ini.

Bagi para penyelam yang masih pemula, Pulau Labuan cocok dijadikan destinasi utama. Selain itu, keunggulan bawah laut Pulau Labuan yaitu suguhan terumbu karang yang menempel langsung pada bangkai kapal tenggelam. Beberapa kapal tenggelam di lautan dangkal pulau ini sehingga membuat pemandangan buatan tersebut muncul.

2. Pulau Mabul

mabul island - 7 Pulau di Sabah Terbaik Ini Wajib Dikunjungi

Sumber: pulaumabul.com/photo by Capt. Nanu Kiob

Terletak di pesisir pantai tenggara Sabah, pulau Mabul cukup terkenal. Ukuran pulau ini tidak terlalu besar, tetapi tetap jempolan untuk dikunjungi. Terdapat batu karang yang mengelilingi pulau dengan aneka jenis. Akibat banyaknya batu karang tersebut, populasi ikan marin pun turut melonjak. Untuk mendatangi pulau Mabul, kamu bisa menyewa speedboat dari Tawau.

3. Pulau Sipadan 

sipadan 700x394 - 7 Pulau di Sabah Terbaik Ini Wajib Dikunjungi

Sumber: zubludiving.com

Hampir semua pulau di Sabah bisa digunakan untuk menyelam karena kedalaman airnya memungkinkan. Namun, Pulau Sipadan merupakan yang terbaik untuk aktivitas satu itu. Bahkan Pulau Sipadan disebut-sebut sebagai lokasi menyelam terbaik di dunia. Pemandangan bawah lautnya menakjubkan sehingga pulau ini menjadi destinasi wajib para penyelam.

Jika kamu tidak bisa menyelam, pemandangan sekitar pulau pun tidak kalah bagusnya untuk dinikmati. Pulau ini juga cukup dekat dengan Kalimantan, Indonesia. Lokasimu berada di Malaysia atau Indonesia, tentu sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke pulai ini. Namun, pulau Sipadan masih menjadi sengketa rebutan oleh kedua negara (Indonesia dan Malaysia).

4. Pulau Pom Pom

Pulau Pom Pom seringkali direkomendasikan untuk pasangan yang ingin liburan bulan madu setelah menikah. Alasannya karena suasana pulau Pom Pom yang romantis dan tenang. Ada banyak resort yang bisa dipilih jika ingin menginap di pulau Pom Pom. Selain menikmati pemandangan pantai dengan pasir putihnya, kamu juga bisa menyelam di pulau ini. Tentu akan menyenangkan jika bisa menyelam berdua bersama pasangan, ya!

5. Pulau Tiga

Terdapat tiga pulau kecil saling berdekatan sehingga gabungan area di Sabah tersebut diberi nama Pulau Tiga. Untuk kamu yang mendamba tempat sepi untuk bersantai, cobalah berkunjung ke pulau ini. Kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang indah nan menawan. Air laut di Pulau Tiga masih sangat jernih serta pasir pantai putih menambah daya tarik tersendiri.

6. Pulau Timba Timba

Timba timba - 7 Pulau di Sabah Terbaik Ini Wajib Dikunjungi

Sumber: sabahtourism.com

Bulan April hingga September merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Timba Timba. Pada bulan bulan tersebut, cuaca umumnya cerah sehingga kamu bisa menikmati seluruh pemandangan dengan lebih maksimal. Timba Timba termasuk salah satu pulau di Sabah yang eksotis. Banyak burung beterbangan serta air lautnya masih bening. Bayangkan bersantai di pinggir pantainya sore hari sambil mendengarkan suara ombak. Syahdu sekali, bukan?

7. Pulau Lankayan

Pulau di Sabah terakhir yang direkomendasikan untuk berlibur yaitu Lankayan. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pulau ini seperti memancing, bermain kayak, serta berenang. Pada musim tertentu, jika beruntung kamu bisa melihat paus berenang di sekitar pulau. Pulau Lankayan juga cukup tenang sehingga sangat cocok untuk bersantai, baik sendiri maupun bersama keluarga.

 

Tertarik untuk berkunjung ke mana dulu, nih? Luangkan waktu untuk berlibur saat bekerja di Malaysia agar tidak penat. Selain pulau di Sabah, tentunya ada banyak pilihan wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Selama masa pandemi, pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan saat berwisata. Jika berlibur bersama teman, rombongan kecil juga lebih disarankan guna menghindari kerumunan besar.

Saat berwisata pun, kamu tetap bisa mengirimkan uang ke Indonesia dengan mudah. Caranya? Gunakan saja aplikasi Qelola. Tidak ada tambahan biaya ketika kamu kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Aplikasi ini mudah dan praktis juga untuk membayar berbagai tagihan seperti BPJS, PDAM, dan listrik bulanan. Nah, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola di Google Play Store dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,