9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

makanan sedap malaysia

Makanan sedap khas Malaysia menjadi hal yang wajib kamu coba karena sudah jauh-jauh datang ke negara ini. Kondisi budaya dan masyarakatnya yang beragam, membuat Malaysia memiliki banyak pilihan menu makanan khas. Perpaduan budaya dalam makanan menjadi ciri khas adanya keberagaman pada negara ini. Setidaknya ada 3 etnis yang umum terlihat pada negara ini yaitu Melayu, India dan China. Makanya, banyak sajian makanan yang akhirnya berasal dari perpaduan 3 etnis tersebut.

Soal citarasa tak perlu ragu, banyak makanan bisa kamu pilih dengan rasa yang tak jauh berbeda seperti di Indonesia. Berikut rekomendasi makanan sedap yang bisa kamu pilih ketika berada di Malaysia. Hati-hati bisa ketagihan!

Nasi Lemak

nasi lemak discoversgdotcom 700x467 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: discoversg.com

Siapa tak kenal salah satu makanan sedap khas Negeri Jiran ini? Nasi lemak sudah menjadi makanan ikonik asal Malaysia yang pasti semua orang penasaran untuk mencicipi. Tak heran, banyak orang datang langsung ke negara ini hanya untuk merasakan sensasi makan nasi lemak ini. Satu porsi nasi lemak berisi lauk baik itu ayam goreng, daging sapi, atau ikan, telur rebus, sambal goreng bisa menggunakan teri atau sambal kentang, mentimun dan tumisan sayur. Makanan merakyat ini memiliki cita rasa gurih pedas yang membuat kamu pasti ketagihan. Nasi lemak menggunakan santan dan pandan ketika memasak nasinya hal inilah yang membuat sajian ini memiliki aroma khas yang gurih dan tekstur yang sedikit berminyak. Hidangan ini bisa kamu jumpai ketika pagi hari karena banyak orang senang sarapan dengan nasi lemak.

Nasi Kerabu

Nasi kerabu wikimediadotorg 700x470 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: wikimedia.org

Namanya cukup asing dan tidak banyak yang mengetahui keberadaan salah satu makanan sedap ini. Ketika kamu ke Malaysia, menemukan makanan ini tidaklah sulit. Nasi kerabu adalah sajian nasi berwarna biru beserta lauk pauk dan sayuran mentah. Warna nasi yang kebiruan ini berasal dari tanaman bunga telang. Ketika proses memasak, bunga telang dicampur pada beras sehingga ketika matang nasi menjadi berubah warna. Satu porsi nasi ini berisi lauk seperti ayam goreng, ikan goreng, telur, sambal, kerupuk dan juga sayuran mentah dengan bumbu seperti urap. Nasi kerabu memiliki aroma rempah yang kuat karena menggunakan rempah-rempah seperti daun kecombrang, daun kesum, daun kaduk dan rempah lainnya.

Nasi Kandar

nasi kandar crispoflifedotcom 700x467 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: crispoflife.com

Kalau di Indonesia kamu bisa menikmati nasi rames, di Malaysia kamu bisa menikmati nasi kandar. Sajian makanan sedap khas Malaysia ini ternyata sudah ada sejak abad ke-19 dengan proses masak tradisional menggunakan rempah-rempah bumbu kari. Para imigran Muslim Indialah yang membawa menu masakan ini, sehingga sekarang masyarakat Malaysia mengenalnya dan mudah menjumpai sajiannya. Satu porsi nasi kandar biasanya berisi nasi putih dengan aneka lauk seperti cumi goreng, telur, daging kambing atau sapi, jeroan ayam dan udang goreng. Ada juga sayuran pelengkap seperti tumisan terong atau pare. Terakhir, siram dengan kuah kari kental gurih.

Satar

satar submerryndotcom 700x529 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: submerryn.com

Makanan sedap khas Trengganu ini sekilas mirip dengan otak-tak khas Indonesia. Satar atau satah menggunakan bahan dasar ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan lain seperti kelapa parut, jahe, cabai dan bawang. Adonan ini kemudian dibungkus menggunakan daun pisang berbentuk kerucut dan dibakar. Satar sangat cocok untuk anak-anak karena rasanya tidak pedas dan tersaji lengkap dengan sambal kacang.

Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun c foodiefcdotblogspotdotcom 700x525 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: foodiefc.blogspot.com

Jajanan tradisional ini memiliki visual mirip seperti kwetiaw karena terbuat dari tepung beras dan menggunakan kecap asin atau saus asam manis sebagai kuahnya yang disebut dengan timzheong. Makanan sedap khas Malaysia ini memiliki 2 varian rasa, yaitu plain atau tawar dengan irisan daging sapi, udang atau babi serta versi vegetarian dengan isi sayuran cincang. Makanan adaptasi dari peranakan Tionghoa in berasal dari Kanton, wilayah Cina selatan termasuk Hongkong.

Asam Laksa

asam laksa prestigeonlinedotcom 700x467 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: prestigeonline.com

Kombinasi makanan sedap khas Melayu dengan China ini memiliki citarasa pedas segar. Malaysia memiliki hidangan laksa yang berbeda dengan laksa yang ada di Singapura. Satu porsi asam laksa berisi mi bihun dengan kuah kental yang rasanya asam pedas, potongan ikan makarel segar, selada, nanas, mentimun dan cabai atau sambal.

Ayam Pongteh

Ayam Pongteh dailymakandotcom 700x525 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: dailymakan.com

Sajian makanan sedap ini bisa kamu temui baik di Malaysia maupun Singapura. Satu sajian ayam pongteh berisi potongan ayam, potongan jamur shitake dan juga kentang. Warnanya yang kecoklatan membuat makanan ini mirip dengan semur ayam Indonesia. Aroma gurih dari ayam dan jamur membuat makanan ini cocok untuk sajian ketika cuaca hujan dengan nasi putih hangat. Pada awalnya, sajian ini menggunakan daging babi, namun sekarang berkembang dan bisa menggunakan daging ayam.

Umai

umai udang kualidotcom 700x467 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: kuali.com

Berkunjung ke Serawak Malaysia, kamu akan menjumpai salah satu makanan sedap khas daerah ini yang bernama umai. Makanan berbahan dasar ikan tengiri, ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam atau udang ini sangat mudah kamu temukan pada beberapa restoran. Makanan ini disajikan mentah, hal itu membuat pemilihan bahan ikan harus yang benar-benar segar. Kamu tidak perlu khawatir dengan rasa amis dari ikan, karena ada proses untuk menghilangkan bau amis tersebut. Caranya dengan merendam ikan pada perasan jeruk limau. Ikan hasil rendaman diberi bumbu irisan bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan jahe. Citarasa segar, asam dan pedas membuat makanan ini cocok untuk kamu santap dengan nasi putih panas yang pulen.

Palak Paneer

Palak Paneer thechaipressdotcom 700x466 - 9 Makanan Sedap Ini Wajib Kamu Coba Ketika di Malaysia!

sumber: thechaipress.com

Siapa suka kari? Sajian makanan yang kaya akan rempah dan berkuah sntan kental ini sangat identik dengan makanan India. Malaysia sebagai negara dengan penduduk beretnis Tamil banyak menyajikan makanan sedap khas India dan salah satunya adalah palak paneer. Palak paneer adalah sajian kari berwarna hijau yang terbuat dari bayam segar dengan campuran keju dari susu kambing. Makanan ini biasanya disantap dengan roti khas India yaitu chapatis dan bhaturas.

Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi tanpa tipu-tipu untuk kebutuhanmu belajar terkait dunia kerja, TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk transaksi keuangan Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,