Pilihan Kuliner Malaysia, Tidak Cuma Nasi Lemak Saja Lho!

Kuliner Malaysia

Cita rasa otentik serta suasana lingkungan yang mendukung bisa memberikan pengalaman berwisata kuliner yang menakjubkan. Tidak perlu jauh ke Eropa atau Australia, Anda bisa mencicipi rasa yang nikmat dengan menjajal kuliner Malaysia. Sepertinya karena kemiripan budaya dan leluhur, rasa dari masakan Malaysia akan lebih ‘ramah’ di lidah penduduk Indonesia.

Tentu saja artikel ini tak sekedar tentang nasi lemak yang melegenda di seluruh dunia sebagai makanan khas Malaysia. Terdapat beberapa jenis kuliner Malaysia yang lain yang juga sangat layak dicoba. Sensasi rempah yang pekat serta rasa makanan yang lezat, dijamin akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

Tidak perlu banyak basa-basi lagi, mari simak beberapa kuliner Malaysia yang memiliki rasa otentik di bawah ini!

Nasi Lemak, Pasti Masuk dalam Daftar

Untitled design1051 - Pilihan Kuliner Malaysia, Tidak Cuma Nasi Lemak Saja Lho!

Makanan yang sudah sangat populer sebagai salah satu makanan khas Malaysia ini sangat cocok disajikan ketika sarapan. Dengan kandungan kalori yang cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan asupan tenaga untuk beraktivitas seharian penuh. Tentu saja, nasi lemak akan terasa lebih nikmat ketika dikonsumsi dalam keadaan panas, lengkap dengan berbagai topping yang bisa ditambahkan.

Anda bisa menambahkan ayam goreng, ikan bakar, telur dadar, hingga kari. Tentu menu pokok jangan sampai terlewat dan wajib ada, seperti teri kacang dan timun. Nah, agar tidak kekenyangan, Anda bisa mengatur porsi nasi beserta lauk yang disantap. Jangan sampai niat Anda mengisi tenaga untuk berpetualang justru harus kandas karena perut yang kekenyangan dan tak lagi nyaman untuk bergerak.

Nasi Ulam, Nasi Rempah Khas Malaysia

Nasi ulam adalah nasi yang dimasak dengan banyak rempah sehingga rasanya benar-benar unik. Daun kemangi, sereh, jahe, hingga daun jeruk, semua dicincang halus dan ditambahkan pada saat memasak. Jika melihat rempah yang ditambahkan ke dalamnya, sudah bisa dibayangkan bukan betapa nikmatnya nasi ulam?

Untuk melengkapi sajian kuliner Malaysia yang satu ini, Anda bisa menambahkan udang kering, kelapa parut, atau bawang merah. Topping lain bisa menyesuaikan selera. Satu hal yang perlu diingat, makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang sensitif pada rasa rempah. Coba dahulu dalam porsi kecil, jika terasa nikmat, jangan ragu lagi untuk memesan porsi penuhnya!

Akulturasi Budaya India, Nasi Kandar

Untitled design1050 - Pilihan Kuliner Malaysia, Tidak Cuma Nasi Lemak Saja Lho!

Mengingat suku bangsa yang tinggal dan hidup di Malaysia cukup banyak, maka tak heran jika kuliner Malaysia juga ikut berkembang. Nasi kandar sendiri berasal dari komunitas keturunan India yang kemudian berupaya menyajikan makanan khas, namun tetap memiliki keunikan. Anda bisa menemukan banyak penjual nasi kandar di wilayah Penang.

Pada dasarnya nasi kandar sendiri adalah sajian nasi putih dengan perpaduan kari dan bumbu berbeda. Anda bisa memilih kari yang Anda suka, kemudian menambahkan lauk yang Anda inginkan. Setiap jenis kari tentu memberikan cita rasa khas yang berbeda, sehingga mungkin Anda bisa memakan nasi kandar untuk menu satu hari penuh dengan varian kari yang berbeda-beda.

Pernah Mencoba Nasi Biru?

Anda tidak salah baca, sajian yang disebut dengan nasi kerabu ini benar-benar memiliki warna biru, bahkan ada juga yang warnanya ungu. Tentu saja karena merupakan makanan tradisional, warna nasi ini tidak berasal dari bahan berbahaya. Warna ini berasal dari bunga telang yang digunakan ketika menanak nasi.

Soal rasa Anda tak perlu ragu lagi. Ketika nasi ini menyentuh lidah Anda, akan terasa unik dan membuat penasaran. Tidak heran karena rasa nasi yang muncul juga dipengaruhi oleh rasa dari bunga telang yang digunakan. Agar lebih mantap, Anda bisa menambahkan lauk seperti ayam goreng, telur, hingga lalapan khas Malaysia.

Kuliner Malaysia Khas Pesisir, Nasi Tumpang

Untitled design1049 - Pilihan Kuliner Malaysia, Tidak Cuma Nasi Lemak Saja Lho!

Berbentuk kerucut dan menyerupai tumpeng dalam ukuran mini, nasi tumpang menjadi kuliner Malaysia yang juga wajib Anda coba. Awalnya nasi tumpang adalah makanan sehari-hari para nelayan, karena bentuknya yang praktis dibawa serta tidak merepotkan. Lauk utama yang dimasukkan ke dalam nasi ini adalah kari kental, telur, serta serundeng kelapa.

Dibungkus dengan daun pisang menjadikan tampilan nasi ini menjadi unik. Tentu saja, porsi yang bisa Anda nikmati beragam tergantung dengan ukuran kerucut daun pisang yang Anda inginkan. Karena mengandung kari kental, tak heran jika rasanya akan sangat erat dengan rempah.

Baca Juga: Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Nah berikut tadi beberapa sajian kuliner Malaysia yang bisa Anda jadikan target ‘perburuan’ wisata kuliner. Tentu saja, agenda wisata kuliner Anda akan jauh lebih seru jika tidak ada gangguan, seperti misalnya tagihan listrik atau tagihan rutin lainnya. Untuk mengatasi ini dengan cepat, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi ini memiliki fitur pembayaran tagihan rutin dengan cepat dan biaya administrasinya sangat rendah. Segera unduh aplikasinya di sini, dan selamat menyantap sajian khas Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,