Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

makanan khas kuala lumpur

Anda mungkin setuju bahwa berwisata menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan kepenatan akibat terlalu banyak pekerjaan ataupun masalah lainnya. Nah, apabila Anda ingin pergi berwisata, maka tidak ada salahnya untuk mencoba travelling ke luar negeri. Salah satu tujuan wisata luar negeri yang bisa menjadi pilihan bagi Anda adalah Kuala Lumpur Malaysia. Di Kuala Lumpur, ada salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan yaitu berburu kuliner. Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berburu kuliner di Kuala Lumpur. Karena di sana Anda bisa menemukan nuansa India, Tiongkok, serta Melayu di dalam satu tempat. Jika tertarik untuk berburu kuliner di sana, jangan lupa untuk mencatat beberapa rekomendasi makanan khas Kuala Lumpur berikut ini, ya!

Baca Juga: Pilihan Makanan dan Kue Kering Khas Malaysia, Cocok untuk Lebaran

1.  Nasi Lemak

makanan khas kuala lumpur 1 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Makanan khas Kuala Lumpur yang pertama adalah nasi lemak, yang mungkin sudah pernah Anda temukan di daerah Sumatera dan Aceh. Nasi lemak juga menjadi salah satu pilihan menu yang disajikan apabila Anda sedang dalam penerbangan menggunakan maskapai Malaysia. Selain itu, nasi lemak ini juga cukup populer di negara Singapura dan Brunei, namun dengan cita rasa yang berbeda.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir karena nasi lemak adalah salah satu makanan halal yang bisa Anda nikmati saat berada di Kuala Lumpur. Cita rasanya sangat berbeda dengan nasi pada umumnya. Hal ini dikarenakan nasi lemak diolah dari nasi yang telah direndam di dalam santan sehingga menciptakan cita rasa yang gurih dan nikmat. Dipadukan dengan lauk ayam goreng, daging sapi, telur, sayur tumis, dan lainnya membuat nasi lemak ini semakin nikmat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya pada saat berwisata ke Kuala Lumpur Anda mencoba nasi lemak ini.

2.  Nasi Kandar

makanan khas kuala lumpur 2 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Selain nasi lemak, makanan khas Kuala Lumpur yang terbuat dari nasi ini yaitu nasi kandar juga bisa menjadi pilihan. Kuliner yang berasal dari Penang ini bisa Anda nikmati ketika berwisata ke Kuala Lumpur. Cita rasa khas Melayu yang sangat kental, tentu saja akan cocok dengan lidah orang Indonesia. Nasi kandar ini sekilas hampir mirip dengan nasi padang, dimana nasi ini akan disiram dengan kuah kari dan dipadukan dengan lauk yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Seperti daging sapi, ayam goreng, udang goreng, sayuran, dan lain sebagainya. Nasi kandar ini bisa Anda temukan dengan mudah, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mahal di Kuala Lumpur. 

3.  Wantan Mee

makanan khas kuala lumpur 3 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Makanan khas yang ada di Malaysia selanjutnya adalah Wantan Mee. Makanan ini merupakan resep makanan tradisi turun temurun dari masyarakat Tionghoa. Percampuran budaya di Malaysia ini memang turut mempengaruhi perkembangan kulinernya, termasuk makanan dari berbagai etnis yang bisa dinikmati semua orang. Wantan Mee sendiri terbuat dari bahan dasar mie yang dimasak dengan bumbu barbeque dan kecap kedelai hitam, serta dipadukan dengan potongan daging ayam, dan pangsit rebus. Biasanya masyarakat Tionghoa akan menambahkan lemak babi agar terasa lebih nikmat. Namun bagi umat muslim, Anda bisa memesan tanpa lemak babi.

4.  Bak Kut Teh

makanan khas kuala lumpur 4 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Jika dilihat dari namanya, makanan khas Kuala Lumpur yang satu ini terkesan seperti makanan khas Tionghoa. Hal ini dikarenakan beberapa makanan khas di Malaysia memang merupakan makanan peranakan dari etnis Tionghoa, salah satunya adalah Bak Kut Teh ini. Pada awalnya, Bak Kut Teh merupakan olahan tulang iga babi yang dipadukan dengan rempah-rempah. Namun, di Malaysia bahan dasar Bak Kut Teh ini telah diganti dengan bahan dasar yang halal. Sehingga dapat dikonsumsi oleh umat muslim yang merupakan penduduk mayoritas di Malaysia. Bak Kut Teh cocok dikonsumsi bersama nasi putih, cakwe, dan juga teh tieguannyin. Oleh karena itu, pada saat berwisata ke Kuala Lumpur Anda perlu mencoba Bak Kut Teh ini.

5.  Asam Laksa Penang

makanan khas kuala lumpur 5 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Asam Laksa Penang merupakan salah satu makanan khas yang ada di Kuala Lumpur. Sebenarnya, laksa ini berasal dari Penang, namun Anda bisa menemukannya ketika berada di Kuala Lumpur. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, maka Anda wajib untuk mencoba laksa yang satu ini. Asam Laksa Penang ini terbuat dari bihun atau mie yang dimasak dengan kuah asam pedas. Kemudian dipadukan dengan selada, nanas, timun, ikan mackerel, dan cabai sebagai topping-nya. Komposisi bahan-bahan itulah yang membuat cita rasa Asam Laksa Penang ini memiliki aroma dan rasa yang nikmat. Anda harus mencobanya, ya!

6.  Roti Jala

makanan khas kuala lumpur 6 - Hobi Kuliner? Yuk Intip Apa Saja Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia

Jika dilihat sekilas dari bentuknya, mungkin Anda sudah pernah melihat roti jala di Indonesia. Karena Malaysia dan Indonesia merupakan negara serumpun, maka tidak heran jika memiliki beberapa kesamaan termasuk dalam cita rasa makanan, atau kulinernya. Salah satu yang memiliki kemiripan adalah roti jala ini. Anda bisa membeli roti jala ketika berwisata ke Kuala Lumpur. Sangat disarankan untuk menikmati roti jala selagi panas, karena akan terasa lebih enak.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Kuala Lumpur yang perlu Anda coba saat berkunjung ke sana. Pastikan rencana liburan sudah Anda persiapkan dengan matang, agar liburan Anda dapat berjalan lancar. Jangan sampai Anda tidak memiliki panduan yang jelas, termasuk perkiraan biaya yang akan Anda butuhkan selama liburan ke Malaysia. Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol keuangan selama di Malaysia, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi Qelola di Google Playstore. Lakukan pendaftaran akun secara gratis, dan Anda sudah dapat menikmati berbagai macam fitur yang ada. Qelola adalah solusi tepat untuk keperluan kirim uang ke luar negeri dan bayar tagihan.

Tags: , , , , , , ,