Pilihan Makanan dan Kue Kering Khas Malaysia, Cocok untuk Lebaran

kue kering khas malaysia

Setiap negara tentu memiliki ciri khas masing-masing, baik dari segi budaya, adat istiadat, hingga kulinernya. Tidak hanya makanan berat, banyak negara juga mempunyai jajanan khas berupa makanan ringan yang disajikan saat lebaran. Salah satunya adalah negara tetangga terdekat dari Indonesia, yaitu Malaysia. Tidak hanya terkenal dengan nasi lemak dan teh tariknya yang melegenda, beragam makanan ringan khas Malaysia juga patut untuk dicicipi. Penasaran apa saja makanan ringan tersebut? Langsung saja intip ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tradisi Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Bikin Rindu Kampung Halaman

Ragam Kue Tradisional Khas Malaysia

kue kering khas malaysia 1 - Pilihan Makanan dan Kue Kering Khas Malaysia, Cocok untuk Lebaran

Ada beberapa kue tradisional khas Malaysia yang menjadi incaran para wisatawan asing, termasuk wisatawan dari Indonesia. Apalagi rasanya juga cukup menggoda lidah dan harganya relatif murah. Berikut ini beberapa kue tradisional Malaysia yang patut Anda coba.

  1. Kue Apem Balik. Bentuknya yang menyerupai pancake, membuat kue apam balik ini menjadi salah satu kue tradisional yang sering dicari oleh para wisatawan. Bedanya, kue ini diberikan santan serta tambahan topping keju, coklat hingga pisang yang akan menambah kue ini lebih lezat. Biasanya Anda bisa menemukan banyak penjual kue ini di Petaling Street Market.
  2. Kue Bahulu, merupakan sponge cake yang lembut dengan campuran telur, gula dan tepung yang memiliki bentuk yang bervariasi. Rasanya yang manis dan lembut menjadi faktor utama mengapa kue bahulu ini cukup difavoritkan oleh para wisatawan, terutama anak-anak. Untuk mendapatkan kue ini, Anda bisa mengunjungi kawasan wisata Chow Kit Market.
  3. Bingka Ubi, merupakan salah satu kue tradisional khas Malaysia yang terbuat dari ubi dengan campuran adonan, gula, dan daun pandan. Rasanya tidak terlalu manis, namun enak di lidah. Apalagi tekstur ubinya yang cukup terasa. Nyonya Colours menjadi salah satu restoran yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati Bingka Ubi yang nikmat ini.
  4. Kuih Ketayap, merupakan kue dadar yang menggunakan adonan yang dicampur dengan daun pandan. Adonan yang sudah dicampur akan diisi oleh kelapa berwarna coklat yang sudah diberi gula. Setelah itu, digulung seperti dadar gulung lalu dipotong kecil-kecil. Saat pertama kali mencobanya, Anda akan merasakan kelapa yang manis dan lapisan luar yang gurih. Anda bisa menemukan kue yang satu ini di Suria KLCC.

Camilan Kue Kering Khas Malaysia

kue kering khas malaysia 2 - Pilihan Makanan dan Kue Kering Khas Malaysia, Cocok untuk Lebaran

Selain kue tradisional seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu jenis camilan kue kering khas Malaysia yang banyak dipilih untuk hidangan saat lebaran adalah keripik. Makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran ini diolah dengan cara digoreng atau dipanggang hingga menjadi kering. Keripik biasanya juga diberi adonan dan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu sehingga rasanya menjadi lebih enak.

Dari segi bentuknya, keripik khas Malaysia tidak sama dengan keripik pada umumnya. Bentuknya sedikit lonjong sehingga tampak lebih unik. Ini karena keripiknya dibuat dari lembaran adonan yang kemudian digulung, lalu diiris menyerong sehingga bentuknya bisa berbeda. Camilan keripik Malaysia ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur juga dengan tepung kanji. Selain itu, dalam pembuatannya juga dikombinasikan dengan telur dan mentega. Uniknya lagi, keripiknya dibalut dengan saus tomat sehingga rasanya menjadi gurih dan nikmat. Cara membuat kue kering khas Malaysia yang satu ini sangat mudah. Anda bisa segera menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 kg tepung terigu, 200 gr margarin, 1 sdm garam, 400 ml santan (secukupnya), 6 siung bawang putih (haluskan).
  • Bahan taburan yang dibutuhkan adalah 150 gr margarin cair, dan secukupnya tepung maizena.
  • Cara membuat cukup mudah. Yang pertama, ambil wadah lalu isi dengan tepung terigu, garam, dan bawang putih. Kemudian aduk hingga rata, dan tambahkan margarin. Uleni adonan sambil ditambahkan dengan santan sedikit demi sedikit sampai kalis.
  • Selanjutnya, giling adonan menggunakan gilingan pasta maker dari yang paling tebal hingga yang paling tipis. Jika sudah berbentuk lembaran, lalu olesi dengan margarin dan taburi tepung maizena di atasnya. Lalu gulung dan rapatkan, kemudian potong serong dengan ketebalan 1 cm.
  • Goreng dengan minyak panas dan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Dan camilan kue kering khas Malaysia siap dihidangkan saat lebaran.

Kue Kering Khas Malaysia untuk Oleh-Oleh

kue kering khas malaysia 3 - Pilihan Makanan dan Kue Kering Khas Malaysia, Cocok untuk Lebaran

Selain sebagai hidangan saat lebaran, berbagai macam kue kering khas Malaysia juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau orang terdekat di tanah air. Untuk menjamin kesegarannya, tidak ada salahnya untuk bertanya ke pedagang mengenai masa berlaku dari makanan yang akan akan Anda beli. Pastikan Anda membawa pulang makanan yang tidak kadaluarsa.

Sementara untuk memudahkan transaksi Anda selama berada di Malaysia, gunakan aplikasi Qelola. Dengan aplikasi Qelola, Anda akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu kemana-mana Anda sudah bisa bayar ini-itu dengan sangat mudah. Tanpa waktu yang lama dan biaya yang mahal, Anda bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan sangat praktis. Selain kirim uang, aplikasi Qelola juga menyediakan fitur menarik lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan. Coba sekarang dengan cara unduh aplikasi Qelola di Google Play Store. Lakukan pendaftaran, dilanjutkan top-up saldo, maka Anda sudah bisa mulai bertransaksi dengan Qelola.

Tags: , , , , ,