Cicipi 5 Kuliner Khas Ini saat Liburan di Ipoh Malaysia

kuliner di ipoh malaysia

Ipoh merupakan ibukota negara bagian Perak, Malaysia yang banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya terkenal dengan wisata heritage saja, Ipoh juga memiliki aneka kuliner khas yang patut Anda cicipi. Kuliner di Ipoh Malaysia terkenal memiliki rasa yang otentik dan menggugah selera. Jadi, sangat disayangkan jika Anda belum mencoba kuliner khas Ipoh saat liburan di Malaysia.

Selain rasa yang lezat, kuliner khas di Ipoh Malaysia dijual dengan harga yang lebih murah daripada Kuala Lumpur atau kota lain di Malaysia. Tak heran, kota ini sangat cocok dijelajahi oleh para backpacker yang ingin berwisata kuliner. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Ipoh Malaysia, berikut ini adalah 5 rekomendasi kuliner khas Ipoh yang wajib Anda cicipi.

1. Ipoh Sar Hor Fun

rsz kai see hor fun shredded chicken hor fun ipoh food guide food for thought 1024x768 1 - Cicipi 5 Kuliner Khas Ini saat Liburan di Ipoh Malaysia

Sumber: www.foodforthought.com.my

Sar hor fun adalah makanan khas Ipoh yang berbahan dasar mi kuah. Perbedaan dengan mi kuah lainnya, sar hor fun menggunakan mi bihun. Makanan ini disajikan bersama kuah udang atau ayam serta ditaburi daun bawang di atas kuahnya. Buat Anda pecinta mi kuah, wajib banget untuk mencoba kuliner khas Ipoh satu ini. Campuran kuah udang yang pekat membuat sar hor fun semakin nikmat dan lezat. Makanan ini bisa ditemukan hampir di seluruh tempat makan yang ada di Ipoh, Malaysia. Harga mi kuah ini sekitar RM5 – RM6 per porsinya.

2. Sar Kok Liew

Kuliner khas satu ini hanya bisa dinikmati di Ipoh saja, lho. Sar kok liew atau yam bean fritters merupakan makanan yang terbuat dari buah bengkuang yang telah diparut, dicampur dengan bahan lainnya seperti pasta ikan, tepung, dan bumbu lainnya yang kemudian dibungkus dengan kulit kembang tahu. Sebelum disajikan, adonan sar kok liew harus dikukus dan digoreng terlebih dahulu. Kuliner khas Ipoh ini memiliki rasa yang gurih dan enak, sangat cocok disantap sebagai hidangan pembuka. Sar kok liew bisa dimakan secara langsung, namun akan lebih nikmat bila disantap bersama mi kuah seperti sar hor fun. Harga kuliner ini sangat murah, sekitar RM0,5 – RM1 per buah.

3. Nasi Ganja

rsz ayam merah nasi ganja ipoh 1 - Cicipi 5 Kuliner Khas Ini saat Liburan di Ipoh Malaysia

Sumber: www.blog.tourism.gov.my

Anda mungkin berpikir kuliner khas satu ini mengandung ganja. Sayangnya, prasangka tersebut keliru. Makanan ini memiliki nama nasi ganja karena kebanyakan orang yang memakan nasi ini selalu ketagihan. Artinya, makanan ini begitu lezat dan enak sehingga banyak orang ingin memakannya lebih dari satu kali. Pada dasarnya, nasi ganja mirip dengan nasi padang jika di Indonesia. Anda bisa memilih aneka lauk yang ingin Anda makan. Perbedaannya dengan nasi padang, nasi ini dimasak di periuk tembaga sehingga aroma nasinya lebih terasa sedap.

Lauk andalan nasi ganja adalah ayam merah dengan kuah kari yang kental dan pekat. Ada juga lauk lainnya seperti ikan, cumi, telur, dan udang yang bisa Anda coba. Kuliner khas ini hanya bisa Anda temui di Ipoh. Jadi, pastikan Anda mencoba nasi ganja saat liburan di Ipoh Malaysia. Harga nasi ganja juga tak kalah murah meriah, yakni sekitar RM4 – RM5 saja per porsinya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

4. Ayam Asin

Ayam asin menjadi salah satu hidangan kuliner khas Ipoh Malaysia yang sangat populer. Teknik memasak makanan ini sangat unik, ayam utuh yang telah bersih dibungkus dengan kertas kemudian dimasak dalam wajan besar yang sudah diisi dengan garam. Itu sebabnya makanan ini memiliki nama ayam asin atau ayam garam. Bagaimana rasanya? Tenang saja, rasa ayam ini masih gurih dan lezat, tidak terlalu asin walaupun direbus dengan campuran garam. Harga jual ayam asin per porsinya sekitar RM19 – RM22. Dalam satu porsi, Anda mendapatkan satu ekor ayam utuh yang bisa dinikmati lebih dari satu orang.

5. Tau Fu Fah

rsz taufufua 1 - Cicipi 5 Kuliner Khas Ini saat Liburan di Ipoh Malaysia

Sumber: www.media.siraplimau.com

Tau fu fah atau puding kacang kedelai, merupakan kuliner khas Ipoh yang sangat cocok disantap sebagai dessert. Makanan ini sama seperti kembang tahu yang ada di Indonesia. Hanya saja, tekstur tahu dalam tau fu fah lebih terasa, jadi tidak langsung hancur di mulut. Namun, kuah jahenya kurang terasa, lebih cenderung pada rasa manisnya. Salah satu kedai tau fu fah yang terkenal di Ipoh adalah Funny Mountain Soya Beancurd. Kedai ini terletak di Jalan Mustapa Al-bakri, Taman Jubilee, 30300 Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Tau fu fah di kedai Funny Mountain Soya Beancurd dijual dengan harga RM2 per porsi.

Demikian ulasan beberapa kuliner khas di Ipoh Malaysia yang wajib Anda coba. Jadi, sudah tahu akan mencicipi makanan apa saja di Ipoh Malaysia? Untuk menunjang aktivitas kuliner Anda di Ipoh Malaysia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Dengan aplikasi Qelola, Anda bisa mendapatkan liburan seru dan menyenangkan di Malaysia tanpa ribet mengelola keuangan. Sebab, Qelola dilengkapi berbagai fitur menarik yang akan mempermudah pengelolaan keuangan Anda, khususnya dalam urusan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola di smartphone Anda sekarang juga! Jangan lupa cek juga akun Instagram Official Qelola untuk mengetahui promo menarik setiap bulannya.

Tags: , , , , , , , , , ,