5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

kota ipoh

Malaysia adalah salah satu negara destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Masyarakat Indonesia pun banyak yang wira wiri ke Negeri Jiran ini karena banyak tempat menarik yang layak untuk dijelajahi. Jika Anda bosan untuk singgah ke Kota Kuala Lumpur, ada banyak kota wisata menarik lainnya yang bisa Anda sambangi lho. Selain Penang, Putrajaya, Georgetown, dan Langkawi, ada lagi nih kota yang tidak boleh dilewatkan yaitu Ipoh Malaysia.

Meski namanya kurang tenar jika dibandingkan dengan kota wisata lainnya, Ipoh Malaysia harus ada di daftar itinerary Anda saat berada di Malaysia. Ingin tau kenapa? Temukan alasannya lewat artikel berikut ini.

Ipoh Punya Cave Tempel dengan Pemandangan yang Menyejukkan

sam poh tong b1b7f2969e15f5b69a8218da16034773 - 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Sumber: instagram @tourismperak

Jika Selangor punya Batu Cave, maka Ipoh Malaysia juga punya kuil gua yang tak kalah cantiknya lho! Diantaranya adalah Cave Temple Sam Poh Tong yang terletak 5 km arah tenggara dari pusat Kota Ipoh atau tepatnya di perbukitan kapur Gunung Rapat. Kuil gua ini menyuguhkan banyak hal menarik seperti pagoda batu yang dihiasi lampion, patung-patung perunggu, kolam ikan dan kura-kura serta resto vegetarian. Oleh karenanya, kuil Sam Poh Tong pernah mendapat penghargaan sebagai Taman Lanskap Terbaik Malaysia di tahun 1993. 

Perlu Anda garis bawahi bahwa kuil-kuil gua yang ada di Ipoh Malaysia adalah kuil Buddha. Berbeda dengan Batu Cave di Selangor yang merupakan kuil Hindu. Selain kuil Sam Poh Tong, ada beberapa kuil gua Buddha lainnya yang bisa Anda sambangi. Kuil tersebut diantaranya adalah Kuil Gua Long Sen Tong, Kuil Kwan Yin Tong yang berdekatan dengan dengan Kuil Sam Poh Tong, dan Kuil Perak Tong. Menariknya, Kuil Perak Tong ini memiliki patung Buddha yang ukurannya mencapai 40 kaki di dalam gua.

Ipoh Punya Bangunan Tua yang Cantik dan Instagrammable

ipoh - 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Sumber: ipohheritage.mbi.gov.my

Meskipun hanya bangunan tua, namun hal ini justru jadi magnet tersendiri bagi sebagian wisatawan lho! Banyak spot foto menarik yang bisa Anda unggah ke sosial media saat berada di bangunan tua. Umumnya, bangunan tua yang ada di Ipoh Malaysia ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Inggris. Bangunan tua pertama yang bisa Anda kunjungi di Ipoh adalah Ipoh Railway Station. Ya, Ipoh Railway Station adalah stasiun utama di Ipoh yang berdiri pada tahun 1894. Bangunan di stasiun ini memadukan gaya Neo Moorish, Mughal dan juga Victorian.

Selain stasiun, Anda juga bisa menjumpai bangunan tua seperti Town Hall and Old Post Office yang letaknya tak jauh dari Ipoh Railway Station. Town Hall and Old Post Office ini bahkan didirikan selama Perang Dunia I berlangsung. Gaya arsitekturnya sendiri lebih terpengaruh oleh sentuhan Neo-Renaissance, Moor, dan Victoria. 

Ipoh adalah Pelopor White Coffee di Malaysia

Ipoh malaysia 2 - 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Sumber: says.com

Ipoh Malaysia rupanya terkenal akan white coffeenya. Konon, Anda belum benar-benar berkunjung ke Ipoh apabila belum menikmati white coffee otentiknya. White coffee di Ipoh sendiri adalah biji kopi yang dipanggang dengan margarin agar memberikan citarasa yang unik dan tidak terlalu pahit. 

Umumnya, kedai white coffee di Ipoh banyak bertebaran di daerah Chinatown tepatnya di Jalan Bandar Timah. Namun, ada satu kedai kopi yang sangat legendaris di sana yang bernama Nam Heong. Menurut cerita yang tersebar, aroma dan cita rasa white coffee yang disajikan di tempat ini tetap sama sejak 60 tahun yang lalu.

Ipoh Memiliki Pusat Perbelanjaan dan Oleh-Oleh yang Lengkap

ipoh malaysia 3 - 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Sumber: theculturetrip.com

Jalan-jalan ke Ipoh Malaysia tak lengkap jika tak diimbangi dengan belanja. Jangan khawatir, di Ipoh Anda pun dapat menyalurkan hasrat belanja di beberapa tempat seperti Concubine Lane dan Memory Lane. Kedua tempat tersebut adalah lokasi yang tepat bagi Anda untuk berburu oleh-oleh bagi keluarga atau kerabat tercinta. Di Concubine Lane terdapat banyak kedai makanan, pertokoan serta pasar yang menjual berbagai aksesoris seperti gantungan kunci, kartu pos, dan tote bag.

Sama halnya dengan Memory Lane, di tempat ini Anda juga dapat menemukan oleh-oleh seperti barang antik dan berbagai macam aksesoris. Menariknya, di Memory Lane terdapat lapak khusus yang menjual barang-barang second yang masih layak pakai seperti keramik dan porselen dengan corak khas Tiongkok atau mesin jahit.

Ipoh Menawarkan Wisata Kuliner yang Tak Kalah Lezat

dim sum wood basket chinese food 51764 209 - 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Aneka kuliner masakan di Ipoh Malaysia juga menarik untuk dicicipi lho! Ipoh terkenal dengan menu street food-nya yang sangat menggugah selera seperti dimsum. Anda bisa menemukan menu dimsum ini di Jalan Leong Sin Nam. bahkan saking tenarnya, Jalan Leong Sin Nam sampai mendapat julukan khusus sebagai Jalan Dimsum.

Selain dimsum, ada menu lezat lainnya seperti Gai Si Hor Fun atau mie ayam kenyal dengan taburan ayam suwir, udang dan siraman kuah segar di dalamnya. Anda juga harus merasakan menu-menu enak yang tak kalah lainnya seperti Ipoh Chicken Rice, Nasi Kandar Ayam Merah, Mie Goreng Tuck Kee, dan White Curry Noodles.

Baca Juga: Cari Rumah Sewa di Ipoh? Ini Rekomendasi Terbaiknya!

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Ipoh Malaysia ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan. Demi menunjang aktivitas Anda nanti saat berada di Malaysia jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang saat ini sedang populer di Negeri Jiran tersebut. Aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk keperluan transfer uang ke Indonesia secara online tanpa harus mengantri di bank. Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di Play Store maka kegiatan kirim uang ke tanah air bisa Anda lakukan saat itu juga langsung dari ponsel. Informasi menarik lainnya tentang aplikasi ini bisa Anda baca pada website resmi Qelola di sini.

 

Tags: , , ,