Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

malaysian food

Travelling ke luar negeri sekarang sudah jadi gaya hidup bagi siapa saja. Jika dulu travelling adalah sesuatu hal yang mewah tidak dengan sekarang. Apalagi, banyak agen perjalanan yang menawarkan paket tour ke luar negeri dengan budget yang ekonomis. Hal ini semakin memicu naiknya angka traveller yang ingin berkunjung ke negara tetangga. Malaysia adalah salah satu negara tujuan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Banyaknya objek wisata yang menarik adalah salah satu alasan Malaysia selalu ramai didatangi pelancong. Disisi lain, biaya yang harus dikeluarkan di Malaysia tergolong murah. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang gemar berbelanja. Selain menikmati objek wisata dan belanja sepuasnya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Malaysia. Berbagai sajian asli Malaysia sangat menggoda untuk dinikmati, berikut beberapa rekomendasi makanan tradisional Malaysia yang bisa Anda coba.

Makanan Tradisional Malaysia yang Recommended untuk Dicoba

Karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, beberapa makanan tradisional Malaysia mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Selain itu, makanan Indonesia dan Malaysia biasanya memiliki citarasa yang hampir mirip. Penduduk Malaysia sendiri terdiri dari beberapa etnis yaitu Melayu, Cina, dan India. Oleh karenanya, makanan tradisional yang dimilikinya sangat beragam yang mewakili ketiga etnis tadi. Mungkin salah satu rekomendasi makanan tradisional Malaysia ini sudah pernah Anda coba.

  • Murtabah

martabak - Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

Sumber: https://www.leaazleeya.com/2019/01/murtabak-mengkasar-murtabak-sedap.html

Sekilas, makanan tradisional Malaysia ini sangat mirip dengan kuliner street food yang ada di Indonesia yaitu Martabak. Perpaduan antara telur, daging dan sayur yang dibalut dalam adonan terigu pada Murtabah sama halnya dengan Martabak Telur dari Indonesia. Di Malaysia pun, makanan ini dijual di pinggir jalan terutama di daerah Penang pada malam hari. Jika Anda penasaran dengan rasanya, jangan lupa ya untuk mencicipi Murtabah saat berkunjung ke Malaysia.

  • Nasi Lemak

nasi lemak - Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

Sumber: https://www.leaazleeya.com/2019/01/murtabak-mengkasar-murtabak-sedap.html

Jika murtabah sangat mirip dengan martabak telur yang ada di Indonesia, nasi lemak Malaysia juga hampir sama dengan nasi uduk yang ada di Indonesia lho. Cara memasaknya yang direndam dengan krim kelapa, kemudian dikukus dengan campuran pandan, jahe, dan sereh membuat keduanya sulit dibedakan. Biasanya, nasi lemak ini akan dihidangkan bersama dengan ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi, dan juga sambal. 

  • Nasi Kandar

nasi kandar 2 - Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

Sumber: http://originalkayu.com.my/

Selain nasi lemak, ada lagi makanan tradisional Malaysia lainnya yang bahan utamanya adalah nasi. Nama dari makanan tersebut adalah Nasi Kandar. Berbeda dengan nasi lemak yang direbus dengan krim kelapa, nasi kandar adalah nasi putih yang disiram dengan kuah kari kental. Untuk penyajiannya biasanya akan ditambahkan dengan lauk beraneka ragam seperti telur, daging sapi, udang goreng, cumi-cumi atau ayam goreng. Nasi Kandar ini adalah makanan tradisional Malaysia khas Pulau Pinang. Menurut sejarah, makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang India yang datang dan kemudian tinggal di Malaysia. 

  • Palak Paneer

palak paneer - Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

Sumber: travel.dream.co.id

Makanan tradisional Malaysia yang mendapat sentuhan citarasa India lainnya adalah Palak Paneer. Dengan bahan dasar bayam, Palak Paneer adalah kuah kari berwarna hijau yang disajikan bersama keju kambing. Umumnya, Palak Paneer ini dimakan dengan roti khas India seperti chapatis dan bhaturas. Walaupun penampilannya kurang menarik, tapi untuk rasanya dijamin akan membuat Anda ketagihan.

  • Asam Laksa Penang

asam laksa penang - Makanan Tradisional Malaysia Ini Menggugah Selera,Yuk Cobain!

Sumber: tripcanvas.com

Bagi Anda penggemar mie khususnya bihun, wajib mencicipi hidangan yang satu ini. Asam Laksa Penang adalah makanan yang terbuat dari bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas. Biasanya, penyajiannya juga dilengkapi dengan ikan mackerel, selada, timun, dan cabai. Citarasa pedas yang menempel pada Asam Laksa Penang ini ternyata adalah hasil perpaduan masakan Cina dan Melayu.

Makanan tradisional Malaysia yang beragam di atas jangan sampai Anda lewatkan saat mengunjungi Malaysia. Tidak perlu jauh-jauh ke India atau Cina, Anda juga bisa menikmati hidangan kedua negara tersebut di Malaysia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penduduk di Malaysia didominasi oleh tiga etnis yaitu Melayu, India, dan Cina. Jadi, cita rasa makanan tradisional Malaysia pun mewakili ketiga etnis tadi. Tentunya keragaman kuliner di Malaysia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. 

Saat menikmati makanan tradisional Malaysia mungkin pikiran Anda sedikit terganggu dengan kewajiban-kewajiban yang harus Anda tunaikan dengan segera di tanah air. Seperti misalnya membayar tagihan listrik, air, BPJS atau TV Kabel. Tenang, sekarang Anda bisa membayar tagihan-tagihan Anda tersebut langsung dari Malaysia. Bagaimana caranya? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola untuk menikmati transaksi pembayaran berbagai tagihan di Indonesia. Selain untuk membayar tagihan seperti listrik, air, dan BPJS, aplikasi Qelola juga dapat Anda gunakan untuk mengirim uang ke rekening keluarga atau kerabat di Indonesia. Lebih lanjut tentang Qelola, Anda bisa pelajari informasi lengkapnya dengan mengunjungi website Qelola disini.

Tags: , , , , , , ,