5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

melayu - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

Malaysia memiliki ragam kuliner yang kaya rasa. Jenis kuliner Malaysia, kebanyakan dipengaruhi oleh cita rasa makanan tradisional Melayu. Sama hal nya dengan Indonesia yang memiliki rasa masakan kaya rempah. Malaysia juga menawarkan surge kuliner yang tidak kalah nikmatnya.

Ingin tahu apa saja masakan yang bisa kamu dapatkan saat berlibur bersama keluarga di Malaysia? Yuk cek rekomendasi di bawah ini.

Laksa

laksa 700x467 - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

sumber : unsplash

Laksa adalah salah satu hidangan paling populer yang berasal dari Asia Tenggara, dengan beragam bahan dan persiapan yang sangat bervariasi di setiap wilayah. Karena laksa memiliki varietas yang berbeda di seluruh wilayah, sulit untuk menentukan dengan tepat asal laksa tersebut.

Ada berbagai teori tentang asal usul laksa. Satu teori adalah bahwa kata laksa berasal dari kata Persia kuno untuk “mie”. Teori lain tentang asal usul hidangan ini berasal dari ekspedisi angkatan laut Cina Ming abad ke-15 yang dipimpin oleh Zheng He, yang armadanya menavigasi Maritim Asia Tenggara. Orang-orang Tionghoa ini menikah dengan penduduk lokal, dan bersama-sama mereka membentuk komunitas ras campuran yang disebut Peranakan atau Tionghoa Selat.

Di Malaysia, varian paling awal dari laksa diyakini telah diperkenalkan oleh orang Tionghoa Peranakan di Malaka. Ada berbagai jenis laksa yang bervariasi menurut lokasi dan negara bagian.

Di antara verian laksa yang terkenal adalah Laksa Penang, Asam Laksa, Laksa Johor, Laksa Pulas Kuala Kangsar, Laksa Terengganu, Laksa Kuala Perlis, Laksa Kedah, Laksa Sarawak, Laksa Gebok Pahang dan Laksam.

Ikan Pekasam (acar ikan)

Ikan Pekasam Pembuka Selera 700x525 - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

sumber : unspalsh

Dikategorikan dalam kelompok ikan asin, acar ikan merupakan hidangan pembuka yang sangat enak disantap dengan nasi panas, sambal belacan dan lauk pauk.

Ikan asam dibuat dari beras giling yang kemudian dicampur dan di fermentasi dengan berbagai jenis ikan seperti sotong, tenggiri, ikan lampan, ikan nila, ikan puyu dan lain sebagainya.

Jika kamu tahu caranya, kamu bahkan bisa membuat acar ikan sendiri di rumah. Hanya harus memiliki minat dan sedikit keahlian.

Nasi Lemak

nasi lemak 1 700x461 - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

sumber : unsplash

Nasi lemak rasanya sudah tidak perlu diperkenalkan lagi. Sudah terkenal di seluruh dunia. Wisatawan asing yang berkunjung di Malaysia juga seringnya akan memilih nasi lemak sebagai sarapan pagi untuk dicoba.

Nasi lemak adalah salah satu makanan tradisional Melayu yang sangat populer di Malaysia, Singapura bahkan Brunei. Nasi dimasak dalam santan bersama dengan bumbu segar dan harum seperti serai dan daun pandan. Orang yang baru pertama kali makan nasi lemak selalu menggambarkan makanan tradsional Melayu ini sebagai pengalaman tak terlupakan. Rempah-rempahnya membuat hidangan beraroma harum, bahkan dari jauh pun sudah tercium!

Nasi lemak tidak akan lengkap tanpa adanya sambal ikan bilis yang sangat lezat dan menjadi kegemaran banyak orang.

Namun, tidak hanya sambal ikan bilis nasi lemak juga boleh dimakan bersama lauk-lauk lain seperti rendang ayam, sambal ayam dan macam-macam lagi.

Baca Juga : 7 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Wajib Anda Coba

Nasi Kerabu

nasi kerabu 700x393 - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

sumber : unsplash

Nasi Kerabu – adalah hidangan nasi berwarna biru yang disajikan dengan bumbu segar, telur asin, kerupuk ikan, saus bumbu, dan salmon kunyit kulit renyah.

Nasi Kerabu adalah makanan tradisional Melayu yang menarik secara visual disajikan dengan campuran rempah-rempah aromatik dan pilihan protein. Mungkin ciri yang paling mencolok dari hidangan ini adalah nasi biru yang diwarnai secara alami dengan bunga telang (bunga kacang biru/kupu-kupu). Beberapa orang mungkin menganggap nasi biru aneh, tetapi sebenarnya ini adalah warna biru yang sangat menyenangkan dan cukup cantik.

Hidangan lezat ini berasal dari Kelantan yang terdiri dari berbagai bumbu, sayuran segar, bumbu, ikan, dan daging. Tidak ada dua porsi Nasi Kerabu yang sama. Ada beberapa bahan dasar tetapi sisanya akan tergantung pada ketersediaan dan apa yang ingin disiapkan oleh juru masak hari itu. Makanan tradisional Melayu ini masih populer dan banyak digemari hingga saat ini.

Makanan ini berasal dari Malaysia dan seterusnya berkembang ke Brunei yang juga dahulunya merupakan gugusan kepulauan Melayu.

Nasi kerabu cukup popular di pantai timur semenanjung Malaysia terutamanya di Kelantan dan Terengganu.

Nasi Dagang

nasi dagang 700x394 - 5 Makanan Tradisional Melayu yang Paling Nikmat

sumber : unsplash

Selain nasi kerabu, nasi dagang juga cukup terkenal di pantai timur khususnya Terengganu dan begitu digemari penduduk setempat.

Nasi dagang biasanya di makan bersama kuah seperti gulai yang dimasak menggunakan rempah khas negara tersebut. Lauk yang menyertai nasi Dagang biasanya adalah ikan tongkol atau dikenali sebagai ikan aye serta acar timun.

Perpaduan biji fenugreek dan santan membuat nasi dagang memiliki rasa dan aroma yang unik. Beras pertama-tama dapat direndam dalam air selama beberapa jam untuk melunakkannya. Kemudian dicampur dengan santan kental, irisan bawang merah, serai dan biji fenugreek. Nasi dikukus hingga matang. Bisa juga dikukus dua kali, di mana lebih banyak santan ditambahkan saat setengah matang. Kemudian nasi dikukus kembali hingga matang. Metode ini memastikan hasil akhir yang lebih creamy pada nasi.

Nasi dagang merupakan salah satu makanan tradisional Melayu yang banyak di gemari saat berkunjung ke Malaysia.

Menikmati makanan tradisional Melayu di Malaysia tentunya tidak akan sempurna jika kamu belum memiliki aplikasi keuangan yang dapat diandalkan. Kamu bisa mencoba aplikasi Qelola. Dengan berbagai fasilitas fitur pembayaran yang ditawarkan, Qelola memudahkan pengaturan keuangan kamu selama di Malaysia. Jadi tunggu apalagi, segera miliki aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , ,