7 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Wajib Anda Coba

makanan tradisional malaysia

Jika Anda sedang traveling ke suatu kota atau negara, tentunya salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitu juga jika Anda saat ini sedang berada di Malaysia. Mencoba beberapa makanan khas di Malaysia bisa menjadi salah satu pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi Anda. Sebagian besar makanan di Malaysia merupakan kombinasi antara masakan Cina, Melayu, dan India. Hal itu membuat makanan khas Malaysia memiliki variasi dan cita rasa yang begitu kaya. Berikut adalah beberapa makanan yang wajib Anda coba saat berada di Malaysia.

1. Nasi Lemak

Anda belum benar-benar pergi ke Malaysia jika belum pernah mencoba nasi lemak. Nasi lemak merupakan makanan khas paling populer di Malaysia. Nasi lemak adalah nasi putih yang direndam dengan krim kelapa yang kemudian di kukus dan di bungkus dengan daun pisang atau bisa langsung disajikan di piring. Nasi lemak biasanya disajikan dengan sambal, telur rebus, irisan timun, ikan teri, dan kacang. Anda juga bisa menambah lauk lainnya sesuai dengan keinginan Anda seperti ayam, daging, cumi dan lainnya.

2. Nasi Daun Pisang

Salah satu nasi khas Malaysia yang dibawa dari India Selatan adalah hidangan chettinad atau yang lebih dikenal dengan nasi daun pisang. Disebut nasi daun pisang karena semua makanan akan disajikan dengan beralaskan daun pisang. Daun pisang akan dijadikan alas kemudian diatasnya akan disajikan nasi putih dengan ayam, daging, sayuran, acar, dan kuah kari. Selain itu, biasanya Anda akan menikmati nasi daun pisang ini tanpa menggunakan sendok atau garpu, melainkan langsung menggunakan tangan.

3. Nasi Kerabu

7be259cbce8d442dba511da533c750af - 7 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Wajib Anda Coba

Sumber: tasteatlas.com

Hidangan yang satu ini mungkin akan banyak menarik perhatian wisatawan. Satu hal yang paling mencolok dari nasi kerabu adalah nasi yang berwarna biru. Walaupun warna nasi kerabu saat ini bervariasi, tapi secara tradisional warna asli dari nasi kerabu adalah biru. Warna biru tersebut berasal dari kelopak bunga kupu-kupu yang dimasak bersama dengan nasi sehingga nasi berubah menjadi biru ketika sudah matang. Nasi kerabu biasanya dihidangkan dengan sayur-sayuran seperti kacang panjang, tauge, kubis, atau mentimun. Tentunya tidak lupa dengan lauk pauknya seperti telur asin, ikan, ayam goreng, dan juga kerupuk ikan.

4. Nasi Kandar

Nasi Kandar (gambar pertama) adalah makanan populer yang berasal dari Penang. Nasi kandar merupakan campuran nasi putih dengan saus kari yang disajikan dengan berbagai jenis lauk. Anda bisa memesan lauk seperti ayam goreng, ati ampela, daging sapi, daging kambing, telur ikan, udang goreng, dan cumi goreng. Untuk hidangan sayurnya biasanya adalah terong, bendi/okra, dan labu pahit. Beberapa orang menyebutnya dengan nasi banjir karena kuah karinya yang begitu banyak sehingga membuat nasi beserta lauknya bercampur menjadi satu. Aroma dari karinya pun sangat kuat sehingga Anda bisa merasakan hidangan yang begitu nikmat dari nasi kandar ini.

5. Asam Laksa

Jika Anda penyuka makanan pedas, salah satu hidangan pedas yang tidak boleh dilewatkan adalah laksa. Sebenarnya banyak jenis hidangan laksa tetapi asam laksa adalah yang paling populer di Malaysia, khususnya di Penang. Laksa merupakan hidangan mie bihun dengan kaldu pedas serta berbagai macam topping diatasnya. Hidangan ini terdiri dari mie bihun tebal yang kemudian ditambahkan selada, mentimun, nanas, bawang yang sudah dicincang di bagian atas mie bihunnya. Lalu kaldu ikan pedas akan dituangkan ke dalam hidangan tadi. Kaldu ikan itu sendiri terbuat dari ikan makarel yang direbus dengan serai, cabai, dan asam. Hidangan ini memiliki kombinasi asin, pedas, serta manis yang akan membuat Anda ketagihan.

6. Roti Canai

Roti canai - 7 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Wajib Anda Coba

Sumber: kuali.com

Cemilan nikmat dan harus Anda coba di Malaysia tentunya roti canai. Roti canai merupakan satu dari banyak hidangan India yang populer di Malaysia. Roti canai itu sendiri adalah roti gepeng yang secara tradisional dihidangkan dengan kari ayam atau kari kambing. Namun, selama bertahun-tahun roti canai telah mengalami banyak variasi. Saat ini roti canai bisa juga dihidangkan dengan susu kental manis, selai kacang, bahkan dengan telur. Roti canai bisa Anda temukan hampir di setiap sudut di Negeri Jiran tersebut.

7. Char Kway Teow

Char Kway Teow merupakan hidangan mie yang juga populer di beberapa negara seperti Indonesia, Brunei, dan Singapura. Di Indonesia pun memiliki hidangan sejenis yang biasa disebut kwetiau. Hidangan ini terdiri dari mie pipih yang digoreng dengan beberapa bahan pelengkap seperti tauge, kucai, bakso ikan, sosis, udang, dan kerang. Selain disajikan dengan bahan-bahan yang fresh, char kway teow juga dimasak dengan panas api yang tinggi sehingga membuat hidangan ini beraroma sangat lezat dan memikat.

 Baca Juga: Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

Beberapa makanan di atas mungkin tidak begitu asing di telinga Anda, namun cita rasa yang dihadirkan dari tiap makanan tersebut tentunya berbeda. Setiap negara memiliki cara serta trik masak yang pasti berbeda. Itulah yang membuat makanan di setiap negara terasa unik dan juga menarik. Maka dari itu Anda wajib mencoba makanan-makanan populer tadi jika Anda sedang berkunjung ke Malaysia. Untuk kemudahan pembayaran berbagai macam hal di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fitur menarik, Anda dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dan aman selama Anda menikmati wisata dan kuliner di Malaysia. Yuk download langsung Qelola disini.

Tags: , , , ,