Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

kelantan

Kelantan adalah salah satu negara bagian di Malaysia yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Dengan luas wilayah sekitar 14.922 km², Kelantan terletak di timur laut Semenanjung Malaysia yang berhadapan dengan Laut China Selatan dan berbatasan dengan Thailand. Kelantan menjadi salah satu daerah di Malaysia yang menyajikan keunikan dan sisi lain tersendiri. Di Kelantan ini Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata yang cukup populer dan menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Kelantan sangat lekat dengan budaya Melayu karena penduduk lokal Malaysia mengembangkan budaya Melayu mereka di Kelantan. Kelantan juga disebut sebagai tempat lahirnya budaya Melayu, sehingga tempat ini sangat menjaga tradisi hidup mereka.

Berikut beberapa destinasi wisata paling populer di Kelantan yang dapat menjadi pilihan terbaik Anda, untuk menghabiskan liburan di sana.

  1. Gunung Stong State Park

gunung stong e1591475340136 - Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

Gunung Stong State Park adalah salah satu destinasi wisata di Kelantan yang menyajikan pemandangan berlatar belakang gunung yang indah, atau juga dikenal dengan nama Taman Negara Bagian Gunung Stong, atau Taman Hutan Negara Gunung Stong. Tempat wisata ini merupakan cagar alam yang masih asli seluas 21.950 hektar di dekat kota kecil Dabong di Kelantan. Tempat wisata ini juga ditetapkan sebagai taman negara dan situs eko-wisata pada tahun 2007 yang dikelola oleh Departemen Kehutanan Negara Kelantan. Bagi Anda pecinta kegiatan rekreasi di luar ruangan, tempat rekreasi ini pasti akan sangat menarik untuk di singgahi.

  1. Gua Ikan Dabong, Kelantan

Gua Ikan 1 e1591475636778 - Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

Tempat wisata di Kelantan selanjutnya adalah Gua Ikan. Tempat ini adalah nama kompleks gua di Bukit Batu Kapur sekitar 5 km selatan Dabong. Ada sejumlah gua di sini tetapi sebagian besar tidak mudah diakses dan disarankan untuk menggunakan jasa pemandu untuk menjelajah ke seluruh bagian tempat ini. Jika tidak ada pemandu yang tersedia di kompleks gua, Anda bisa menyewa jasa pemandu dari pengelola Taman Negara Bagian Gunung Stong. Nama mula Gua Ikan ini sendiri awalnya diperkirakan karena aliran air di dalamnya, yang mungkin merupakan rumah bagi beragam jenis ikan. Ada berbagai versi berbeda tentang asal mula pemberian nama Gua Ikan. Ada yang mengatakan bahwa ketika mendekati jalan raya 66 dari arah Dabong, Anda bisa memperhatikan bahwa struktur bukit kapur yang berisi gua-gua tampak seperti ikan. Itulah kenapa orang-orang Kelantan menamainya Gua Ikan.

  1. Princess Cave, Kampung Pulai

Princess Cave Kampung Pulai e1591475813422 - Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

Princess Cave, Kampung Pulai (Gua Putri) adalah salah satu tempat wisata berbau mistis dari tempat wisata di Kelantan. Gua ini juga dikenal dengan nama lain Zhi Xia Dong atau Zi Xia Dong. Kampung Pulai adalah kampung kecil yang menarik yang dikelilingi oleh pemandangan indah dengan bukit-bukit, perkebunan karet dan pertanian lainnya. Di kampung ini juga terdapat sebuah kuil di alun-alun kampung yang disebut Kuil Air dan Bulan yang dianggap sebagai salah satu kuil tertua di Malaysia. Anda juga dapat melihat Princess Hill dengan mudah dari kampung Pulai ini. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi sungai menggunakan jembatan gantung lalu berjalan sekitar 10 menit melalui perkebunan karet ke seberang danau. Pintu masuk ke Gua Putri sekitar 100 kaki ke atas dan Anda harus menaiki 150 anak tangga untuk memasuki gua. Namun sesampainya di atas, rasa lelah Anda akan terbayar karena dari atas, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan.

  1. Kuala Koh National Park Kelantan

taman negara kuala koh 02a e1591475947313 - Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

Kuala Koh National Park Kelantan merupakan situs cagar alam yang ditujukan untuk melindungi flora dan fauna asli Malaysia yang terancam punah. Pelestarian tersebut juga dipergunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan ilmiah. Kuala Koh National Park Kelantan yang berdiri di lahan seluas 4.343 km2 ini termasuk ke dalam kategori hutan hujan tropis primer yang diperkirakan berusia lebih dari 130 juta tahun. Meskipun awalnya digunakan sebagai cagar alam semata, kini pemerintah Kelantan juga mengembangkan potensi wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati petualangan hutan di Kuala Koh National Park Kelantan.

  1. Pantai Cahaya Bulan

pantai cahaya bulan e1591476069747 - Ini 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Kelantan

Keindahan pantainya juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kelantan. Berada sejauh 10 km dari Kota Bharu, Pantai Cahaya Bulan menjadi salah satu pantai yang banyak diminati para pengunjung. Sebelumnya, pantai ini diberi nama Pantai Cinta Berahi oleh seorang pendatang. Pendatang tersebut berasal dari Inggris ketika berada di pantai ini pada masa Perang Dunia II. Atas cintanya yang tidak terbalas, hingga kini Pantai Cahaya Bulan lebih dikenal dengan singkatan PCB. Pantai ini memiliki panjang sejauh 1,2 km. Pantai ini juga dipenuhi dengan pasir yang cantik dan air yang sangat jernih. Ditambah dengan banyaknya pohon kelapa semakin menambah kecantikan Pantai Cahaya Bulan.

Baca Juga: Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

Itulah beberapa destinasi wisata populer di Kelantan, Malaysia yang bisa Anda kunjungi. Namun sebelum berkunjung, pastikan Anda telah memiliki banyak informasi mengenai tempat tersebut agar rencana liburan tetap berjalan lancar. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui layanan keuangan yang bisa memudahkan Anda melakukan transaksi dari Malaysia ke Indonesia. Saat berwisata ke Malaysia, Anda tentu saja akan memiliki kepentingan yang berkaitan dengan keuangan seperti transfer uang atau pembayaran. Untuk mempermudah persoalan tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya.

Qelola memiliki berbagai fitur seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang Anda lakukan selama berwisata di Kelantan Malaysia akan semakin mudah. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo agar bisa menikmati manfaat yang maksimal dari semua fiturnya.

Tags: , , , , , , , ,