Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

tempat wisata budaya di malaysia

Wisata budaya di Malaysia tentu bisa membuat liburan Anda semakin berkesan. Banyak hal seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata budaya di Negeri Jiran ini. Mulai dari melihat bangunan dan warisan budaya yang terawat dengan baik, berfoto dengan background bangunan bersejarah, hingga mendapatkan pengetahuan budaya dan sejarah Malaysia. Hal-hal tersebut tentu tidak akan membuat Anda bosan selama liburan di Malaysia.

Jika Anda akan berlibur ke Malaysia, jangan lupa untuk menambahkan tempat wisata budaya dalam itinerary yang Anda buat. Berikut adalah beberapa tempat wisata budaya di Malaysia yang wajib Anda kunjungi.

1. Batu Caves Malaysia

statue lord muragan entrance batu caves kuala lumpur malaysia 29505 962 - Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

Tempat wisata budaya di Malaysia yang wajib Anda kunjungi salah satunya adalah Batu Caves. Berlokasi di Selangor, Malaysia, wisata budaya ini menjadi tempat berdirinya patung Dewa Murugan setinggi 43 meter. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa masuk ke gua-gua kecil yang tersedia untuk mengenal lebih dalam mengenai budaya agama Hindu.

Di Batu Caves terdapat kuil utama yang terletak di puncak bukit kapur. Melalui puncak tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian. Untuk sampai ke puncak, Anda harus menaiki 272 anak tangga yang telah dihias berwarna-warni. Sedangkan untuk menuju Batu Caves sendiri, Anda bisa menggunakan monorel dari KL Sentral ke Stasiun Titiwangsa, kemudian naik bus menuju tempat wisata budaya ini. Anda juga bisa menggunakan moda transportasi mobil atau taksi.

Tempat wisata budaya di Malaysia ini bisa diakses secara gratis. Jadi, Anda tetap bisa menghemat budget liburan. Namun perlu Anda ingat, untuk berkunjung ke tempat ini, Anda diharuskan berpakaian sopan dan tertutup.

2. Kuil Sri Mahamariamman

Kuil Sri Mahamariamman merupakan kuil untuk umat Hindu. Tempat ini dibangun oleh Thamboosamy Pillai pada tahun 1873. Kuil Sri Mahamariamman menjadi kuil India tertua di Malaysia yang sangat populer di kalangan domestik maupun wisatawan mancanegara. Mulanya, kuil ini adalah milik pribadi sebelum akhirnya dibuka sebagai tempat wisata budaya pada tahun 1920.

Di kuil ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai budaya India dan tradisi umat Hindu di Malaysia. Selain itu, Anda juga bisa melihat arsitektur kuil yang menyerupai bentuk manusia sedang berbaring dengan posisi kepala berada di barat dan kakinya di timur. Keindahan paling menarik dari kuil ini terdapat pada gapura setinggi 7 meter di pintu masuk yang dihiasi dengan patung dewa-dewi.

Anda bisa berwisata dan berfoto di kuil ini secara gratis, asal berpakaian sopan. Lokasi kuil ini berada tidak jauh dari Jalan Petaling. Akses kendaraan umum untuk menuju tempat ini yaitu menggunakan LRT dan turun di Stasiun Pasar Seni.

3. Kuil Kek Lo Si

kek lok si temple largest finest temples complexes southeast asia 49583 258 - Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

Kuil ini dikenal sebagai kuil terbesar di Asia Tenggara. Desain indah dan menawan, bergaya campuran Cina, Burma, dan Thailand membuat kuil ini semakin menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, patung Dewi Kwan Im setinggi 30 meter yang terdapat di dalam kuil ini bisa terlihat dari kejauhan sehingga banyak orang yang penasaran dan berkunjung.

Kuil Kek Lo Si berlokasi di Air Itam, Penang. Anda bisa menjangkau tempat wisata budaya ini menggunakan bus atau taksi. Tidak seperti kuil-kuil sebelumnya yang bisa diakses secara gratis, untuk memasuki kuil ini Anda harus membayar sebesar RM2 atau sekitar Rp7.000. Harga tersebut tentu tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pengalaman yang Anda dapatkan di tempat ini.

4. Masjid Jamek

Masjid ini menjadi masjid tertua yang ada di sana. Berdiri sejak tahun 1909 pada masa penjajahan Inggris, membuat bangunan masjid ini memiliki arsitektur yang masih bergaya Moor. Masjid Jamek terbuka untuk umum dan bisa diakses secara gratis. Di masjid ini, Anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang budaya umat Islam dan perkembangan Islam di Malaysia.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengabadikan momen di tempat ini dengan berfoto dengan latar belakang masjid. Untuk mengunjungi masjid ini Anda harus berpakaian sopan, mengingat tempat ini difungsikan untuk beribadah. Akses kendaraan menuju masjid ini bisa dijangkau menggunakan LRT dari Stasiun KL Sentral menuju Stasiun Masjid Jamek menggunakan jalur Kelana Jaya Line.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Ibukota Malaysia

5. Jalan Petaling, Chinatown

petaling street 78361 1130 - Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

Selain menjadi pusat belanja suvenir dan kuliner Malaysia, Jalan Petaling juga menyuguhkan berbagai cerita sejarah dan warisan budaya. Hal tersebut bisa Anda temui dari bangunan-bangunan kuno yang ada di kawasan ini. Ada beberapa kuil yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai budaya Malaysia. Jika Anda berkunjung ke Jalan Petaling pada malam hari, Anda bisa melihat pemandangan indah dari lampion-lampion yang tergantung di sepanjang jalan ini. Untuk menuju Jalan Petaling, Anda bisa berjalan kaki dari depan Central Market atau naik kereta kemudian turun di Stasiun Pasar Seni.

6. Gedung Sultan Abdul Samad

Dengan memanfaatkan transportasi bus gratis di Kuala Lumpur, yaitu Go KL, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata budaya di Malaysia. Salah satunya, Gedung Sultan Abdul Samad yang berada di Merdeka Square. Gedung ini merupakan warisan budaya sekaligus saksi sejarah berkibarnya bendera Malaysia untuk pertama kali, setelah Malaysia berhasil merdeka dari Inggris. Selain kaya akan sejarah dan budaya di Malaysia, gedung ini memiliki arsitektur bertema vintage yang sangat menarik untuk difoto. Jadi, jangan lupa mengabadikan momen dengan berfoto sepuasnya di tempat ini untuk menambah kesan liburan Anda.

7. Central Market

rsz 8029986530 389a8a2177 b - Liburan ke Malaysia? Kunjungi 7 Tempat Wisata Budaya Ini

Central Market berlokasi di pusat Kota Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Hang Kasturi. Selain menjadi pusat perbelanjaan barang-barang kerajinan, tempat ini telah diklasifikasikan sebagai situs warisan budaya oleh Departemen Warisan Nasional. Serupa dengan Covent Garden di London atau Fisherman’s Wharf San Francisco, Central Market yang telah berusia 120 tahun ini telah mengalami renovasi selama bertahun-tahun agar semakin bisa menarik perhatian wisatawan.

Hingga saat ini, Central Market tidak sekadar pasar, namun juga warisan sejarah dan budaya Malaysia. Bahkan, di belakang Central Market terdapat Annexe Gallery yang secara rutin menggelar festival budaya Malaysia. Saat mengunjungi tempat ini, Anda tidak hanya diajak untuk berbelanja, namun juga diajak untuk menikmati wisata sejarah dan budaya di Malaysia.

Malaysia menawarkan banyak tempat wisata budaya menarik yang bisa Anda kunjungi. Namun sebelum berkunjung, pastikan Anda telah memiliki banyak informasi mengenai tempat tersebut agar rencana liburan tetap berjalan lancar. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui layanan keuangan yang bisa memudahkan Anda melakukan transaksi dari Malaysia ke Indonesia. Saat berwisata ke Malaysia, Anda tentu saja akan memiliki kepentingan yang berkaitan dengan keuangan seperti transfer uang atau pembayaran. Untuk mempermudah persoalan tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya.

Qelola memiliki berbagai fitur seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang Anda lakukan selama berwisata di Malaysia akan semakin mudah. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo agar bisa menikmati manfaat yang maksimal dari semua fiturnya.

Tags: , , , , , , , , ,