Yuk, Kenalan dengan Tapak Warisan Dunia UNESCO dari Malaysia

tapak warisan dunia

Situs atau Tapak Warisan Dunia UNESCO merupakan sebuah pengakuan yang diberikan oleh UNESCO untuk tempat-tempat yang penting dalam warisan budaya atau kekayaan alam. Tujuan dari pengakuan dari UNESCO juga diberikan untuk menjaga agar lokasi-lokasi penting tersebut tidak musnah oleh arus modernisasi. Setiap tahunnya, ada sekitar 25 lokasi global dari berbagai negara yang akan diakui dan ditambahkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Hingga saat ini, ada lebih dari 1.000 situs warisan yang telah diakui oleh UNESCO di seluruh dunia, termasuk Malaysia. Di Malaysia, ada 4 tempat yang diakui oleh UNESCO sebagai Tapak Warisan Dunia. Berikut ini adalah ulasan seputar 4 tempat tersebut yang sangat menarik untuk diketahui.

1. Gunung Mulu, Sarawak

qelola 2 2 - Yuk, Kenalan dengan Tapak Warisan Dunia UNESCO dari Malaysia

Sumber: hellokerja.com

Gunung Mulu adalah lokasi paling awal di Malaysia yang diakui sebagai Tapak Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2000 lalu. Terletak di bagian timur Sarawak, Gunung Mulu mencapai ketinggian hingga 2.376 mdpl dan dikatakan berusia lebih dari 1,5 juta tahun. Menariknya lagi, Gunung Mulu juga merupakan kawasan batu kapur dengan luas 52.864 hektar dengan 3.500 jenis tumbuhan berpembuluh. Interiornya yang lebih dikenal dengan “Sarawak Chambers” juga dikatakan sebagai ruang terbesar yang ada di dunia dan dapat menyimpan hingga 40 pesawat besar di dalamnya. Sangat mengagumkan, bukan?

2. Taman Kinabalu, Sabah

qelola 11 - Yuk, Kenalan dengan Tapak Warisan Dunia UNESCO dari Malaysia

Sumber: hellokerja.com

Taman Nasional Kinabalu memiliki luas 754 km persegi, dan telah dikukuhkan pada tahun 1964 silam. Berada di puncak tertinggi di Malaysia dan juga Asia Tenggara, Gunung Kinabalu memiliki ketinggian mencapai 4.095 mdpl. Taman Nasional Kinabalu juga merupakan rumah bagi 4.500 spesies flora dan fauna dari berbagai habitat dari dataran rendah tropis, hutan hujan tropis, hutan pegunungan tropis, hutan semi-alpine, hingga semak dataran tinggi. Apalagi dengan keanekaragaman jenis flora dan fauna yang ada, meliputi tumbuhan dari Himalaya, China, Australia, dan banyak lagi, Taman Nasional ini telah diklasifikasikan sebagai Pusat Keanekaragaman Tumbuhan Asia Tenggara.

3. Lembah Lenggong, Perak

qelola 1 2 - Yuk, Kenalan dengan Tapak Warisan Dunia UNESCO dari Malaysia

Sumber: hellokerja.com

Lembah Lenggong yang terletak di kawasan Lenggong, Hulu Perak ini merupakan situs arkeologi di mana ditemukan bukti-bukti pemukiman manusia sejak zaman Paleolitikum. Temuan arkeologis yang terkenal di Lenggong adalah Orang Perak (Perak Man). Selain itu, ada juga kerangka manusia yang berusia 11.000 tahun yang ditemukan pada tahun 1990. Bahkan, alat-alat batu yang berusia 100.000 tahun ditemukan di Kampung Geluk dan Kampung Temelong. Ada juga temuan bukti bahwa Gua Harimau merupakan situs produksi perunggu selama Zaman Perunggu. Selain itu, ada berbagai bukti penggalian terkait dengan zaman prasejarah yang dapat ditemukan yang menjadikan Lembah Lenggong ini penting bagi sejarah peradaban dunia.

4. Bandar Melaka dan George Town

qelola 4 1 - Yuk, Kenalan dengan Tapak Warisan Dunia UNESCO dari Malaysia

Sumber: hellokerja.com

Kota Melaka dan George Town, Penang merupakan dua kota bersejarah yang diakui sebagai Tapak Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008. Kedua kota ini telah melewati masa kolonial 500 tahun yang berujung pada asimilasi dan akulturasi budaya, serta arsitektur yang hidup. Benturan budaya juga terlihat dengan hadirnya komunitas Chetti, Baba Nyonya yang sudah ada sejak zaman Kesultanan Melaka, dan Jawi Peranakan yang menetap sejak abad ke-19. 

Tips Berkunjung ke Tapak Warisan Dunia di Malaysia

Siapa yang sudah lama mendambakan Malaysia sebagai salah satu destinasi liburan yang paling ingin dikunjungi? Malaysia sedari dulu memang memiliki daya tarik tersendiri, termasuk adanya Tapak Warisan Dunia. Memilih Malaysia sebagai destinasi wisata memang pilihan yang tepat. Tapi, beberapa tips di bawah ini perlu diperhatikan sebelum kamu bergegas untuk liburan ke Malaysia:

1. Booking tiket pesawat dan penginapan jauh-jauh hari

Hal pertama yang harus disiapkan adalah booking tiket pesawat dan penginapan. Agar liburan ke Malaysia dengan harga murah dapat tercapai, ada baiknya kamu mulai mengecek harga tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan ke tempat wisata di Malaysia. Sama halnya dengan tiket pesawat, mencari penginapan yang nyaman dengan harga terjangkau juga merupakan salah satu cara agar liburan murah ke Malaysia dapat terwujud. Penginapan juga bisa mulai dicari jauh hari sebelumnya agar dapat menentukan pilihan yang terbaik mengenai penginapan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Menggunakan transportasi umum

Penggunaan transportasi umum menjadi hal yang penting karena akan mempermudah akses dalam berwisata baik dalam satu daerah ataupun antara wilayah. Jika ingin liburan murah ke Malaysia, soal transportasi kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, dan kereta bawah tanah.

3. Menikmati kuliner street food

Malaysia terkenal dengan street food-nya yang luar biasa lezat dan harganya terjangkau. Bahkan, banyak wisatawan yang datang ke Malaysia hanya untuk kulineran. Beberapa signature dish khas Malaysia yang patut dicoba di antaranya adalah Nasi Lemak, Laksa, dan Sate. Keanekaragaman budaya yang dimiliki Malaysia juga turut menyumbangkan lebih banyak variasi kuliner, yang direfleksikan dengan hadirnya Char Kwetiau, Curry Mie, serta Hainan Chicken Rice yang mewakili budaya China, serta Nasi Kandar, Roti Canai, dan Teh Tarik yang merepresentasikan budaya India.

4. Menukar mata uang 

Mata uang Malaysia adalah Ringgit Malaysia (RM/MYR), di mana pecahan RM yang tersedia adalah dalam nominal sen atau uang koin logam (5 sen, 10 sen, 20 sen, 50 sen), dan tunai (RM1, RM5, RM10, RM20, RM50, RM100). Kamu bisa menukar Rupiah menjadi Ringgit di outlet-outlet money changer terpercaya yang ada di sana. Jangan lupa perhatikan juga money changer mana yang memberikan nilai tukar terbaik.

Baca juga: Ternyata Hal Menarik Ini yang Bikin Pulau Manukan Jadi Favorit

Dengan berlibur di Malaysia, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berwisata yang unik dan menarik. Mulai dari perkembangan teknologi, budaya, makanan, serta pola hidup masyarakat dapat kamu nikmati semuanya dalam satu kali perjalanan. Selama singgah di Malaysia, jangan lupa manfaatkan aplikasi Qelola untuk setiap transaksi. Aplikasi ini menjadi andalan para WNI yang berada di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia, bayar tagihan, hingga beli pulsa dan lain sebagainya. Proses yang mudah, cepat, murah, dan aman menjadi alasan utama kenapa aplikasi yang satu ini banyak digandrungi. Nah, sekarang giliranmu! Unduh Qelola di Google Play Store dan daftarkan dirimu sekarang.

Tags: , , , , , , ,