5 Ide Kuliner di Georgetown Penang yang Paling Enak

makanan penang - 5 Ide Kuliner di Georgetown Penang yang Paling Enak

Menghabiskan liburan di daerah Penang Malaysia pastinya belum terasa lengkap jika tidak mencicipi kelezatan kulinernya. Terutama di daerah Georgetown.  Konon katanya, kuliner di Georgetown Penang ini selain terkenal enak juga terkenal dengan keberagamannya.

Kamu yang memutuskan pergi ke ke sini, harus mengetahui apa saja yang menjadi andalan wisata kuliner di Georgetown Penang.

Agar liburanmu semakin lengkap, di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi wisata kuliner di Georgetown Penang yang bisa kamu coba.

Nasi Kandar di Kawasan Little India

Nasi kandar sebetulnya adalah nasi gurih dengan pilihan lauk, sesuai yang tersedia. Hidangan yang populer di Malaysia ini dibawa oleh pedagang muslim dari India. Oleh sebab itu, lauk yang disediakan di rumah makan penjual nasi kandar umumnya bumbunya tajam sebagaimana umumnya masakan India. Buat yang mencari makanan halal, nasi kandar adalah salah satu pilihan karena dijamin halal.

Salah satu tempat makan yang terkenal di sini adalah rumah makan Ros Mutiara di kawasan Little India. Menurut papan keterangannya, rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1948. Penjualnya mengerti bahasa Melayu jadi tidak ada masalah dalam berkomunikasi dengan orang Indonesia. Oh ya, di Little India ada beberapa rumah makan nasi kandar, jadi ada banyak pilihan.

Rumah makan ini menyediakan pilihan dua jenis nasi yaitu nasi putih biasa atau nasi berbumbu yang butir-butirnya panjang. Pilihan lauk dapat dilihat di etalase. Pembeli bisa memilih sendiri lauk apa yang diinginkan.

Chulia Street Night Hawker Stalls

Tempat wisata kuliner yang satu ini sudah terkenal sekali sebagai surga makanan malam hari di Georgetown. Bertempat di Chulia Street, area ini di malam hari dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang berjualan makanan. Para pembeli bisa duduk di meja-meja mungil yang disediakan di pinggir jalan. Ada juga warung-warung yang menjual minuman yang menyediakan tempat duduk.

Sesuai namanya, tempat ini baru ramai pedagang di malam hari. Di siang hari, tempat ini adalah deretan ruko-ruko tua. Saat kami saat malam hari biasanya seluruh tempat duduk sudah dipenuhi oleh pengunjung dan seluruh penjual dikerubungi oleh calon pembeli. Untuk bisa dapat tempat duduk, kamu harus mondar-mandir dan menunggu dengan sabar.

Pilihan makanan ada banyak, dari mie, kuetiaw, laksa, dan lain-lain. Harga bervariasi dari satu penjual ke penjual yang lain. Oh ya, tidak ada keterangan halal, ya. Nah, bisa dikatakan, berbagai macam makanan khas Penang ada di sini.

Baca Juga : 9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

Area makan di Chew Jetty

Di depan area Chew Jetty di kawasan Clan Jetty, ada tempat makan yang sudah buka dari pagi. Di area Chew Jetty kamu bisa memesan kaya toast, lengkap dengan telur setengah matang dan secangkir kopi. Kaya toast adalah roti bakar yang diisi kaya, yaitu campuran santan, telur, gula, dan pandan. Kaya toast adalah makanan yang umum dijumpai di Malaysia.

Selain itu, kamu juga bisa memesan chi cong fun (atau disebut juga ci cong fan) Makanan ini bentuknya seperti kuetiaw yang digulung-gulung dan disiram kecap asin plus kecap wijen. Camilan khas area Kanton di China ini juga umum dijual di Malaysia. Katanya di Medan makanan ini juga banyak dijual.

Asam Laksa Penang di My Own Cafe

Kuliner di Georgetown Penang lainnya adalah, asam laksa Penang yang terkenal itu. Salah satu tempat yang paling recommended untuk mencoba ayam laksa penang adalah My Own Cafe di Cannon Street.

Hidangan Asam laksa adalah sejenis suguhan laksa (sejenis mie) dengan kuah ikan yang rasanya asam dan pedas. Asam laksa rasanya benar-benar asam dan pedas.

Selain itu My Own Cafe ini menyebutkan bahwa makanan yang disediakan tidak mengandung babi. Jadi, hidangan selain asam laksa, seperti kuetiaw dan nasi goreng, juga bisa dimakan oleh yang mencari makanan yang tidak mengandung babi.

Kedai Kopi Ho Ping

Kedai kopi ini adalah salah satu tempat kuliner yang menyediakan minuman (antara lain kopi) yang bekerja sama dengan pedagang makanan kaki lima di sekitarnya. Lokasi  Kedai kopi ini terletak di perempatan antara Penang Road dan Kampong Malabar. Kedai kopi ini menjual banyak makanan, termasuk kuetiaw, nasi goreng, mie goreng khas Penang, dan juga asam laksa. Kabarnya, kedai kopi ini sangat terkenal di antara penduduk Georgetown.

Orang boleh duduk di kedai kopi ini untuk makan, dengan syarat: paling tidak harus ada pesanan satu minuman per meja. Aturan lain di tempat ini (dan juga di pusat kuliner lain di George town) adalah: makanan dibayar pada saat diantar ke meja. Sebagai catatan tambahan, tempat ini tutup setiap hari Selasa.

Liburan ke Penang memang tak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Dengan ragam pilihan destinasi kuliner di Georgetown Penang, tentu kamu memerlukan banyak waktu untuk menjelajahi seluruhnya. Tempat mana dulu yang akan para foodies datangi? Nah, jika ingin lebih puas mencicipi kuliner di Penang, rencanakan dan siapkan biaya liburan kamu mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola.

Ketika sudah berada di Malaysia, kamu tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone kamu sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , ,