Deretan Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Langkawi

pulau langkawi

Langkawi adalah sebuah pulau yang namanya cukup populer di Malaysia. Kalau di Indonesia, Langkawi ini adalah pulau dewata yang mempunyai keberagaman wisata yang elok dan eksotis. Wisatawan yang datang ke Malaysia, tentunya wajib mengunjungi kawasan ini. Pulau Langkawi termasuk dalam negara bagian Kedah Darul Aman. Banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk menikmati sajian yang berbeda dari Negeri Jiran ini. Bagi yang ingin berkunjung ke Langkawi, jangan lupa siapkan budget khusus ya!

Pasti kamu sudah mulai penasaran dengan Pulau Langkawi, kan? Untuk mengetahui ada keindahan apa saja yang ditawarkan di sana, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Underwater World Langkawi

Underwater World Langkawi adalah kawasan pertama yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Langkawi. Kawasan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam akuatik dari seluruh dunia. Wisata Langkawi ini memiliki kurang lebih 5.000 jenis kehidupan laut yang sangat menakjubkan. Ada lebih dari 100 tangki dengan ukuran berbeda-beda yang bisa disaksikan, termasuk pula tangki besar yang diisi oleh spesies laut dengan ukuran besar. Seperti halnya ikan hiu, ikan pari, ikan kerapu, serta penyu hijau. Tangki ini menjalar sejauh 15 meter, sehingga memungkinkan para wisatawan untuk melihat setiap pergerakan hewan-hewan laut yang ada. 

Bahkan, di kawasan ini juga terdapat Penguin Afrika, dan Penguin Rockhopper berambut tinggi yang menjadi daya tarik utama dan menjadi ikon kawasan ini. Uniknya lagi, kawasan ini tidak hanya punya satu atau dua saja, tapi puluhan Penguin ada di sini. Jadi, kamu bisa melihat kehidupan Penguin seperti berenang dan juga makan. Sungguh menarik, bukan?

2. Pantai Cenang

qelola 1 4 - Deretan Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Langkawi

sumber: freepik

Pantai Cenang adalah pantai dengan kota tersibuk di Pulau Langkawi, di mana kamu dapat menemukan beragam kafe dan restoran, serta beberapa toko souvenir, dan juga gerai di sepanjang jalur pantainya yang indah. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk berkendara dari Bandara Internasional Langkawi untuk sampai ke Pantai Cenang. Tempat wisata di Pulau Langkawi yang satu ini adalah tujuan liburan yang populer bagi para wisatawan dari berbagai negara di dunia. Pantai Cenang memiliki pasir putih dan air yang jernih, yang cocok untuk untuk sekadar berjemur di bawah sinar mentari, atau berolahraga air seperti jet ski dan parasailing. Kamu tidak perlu khawatir tentang penginapan karena Pantai Cenang memiliki banyak tempat penginapan mulai dari yang hemat untuk backpacker sampai liburan ala sultan dengan fasilitas nomor satu. Sedangkan pada malam hari, kamu bisa menikmati desiran ombak tepi pantai sambil makan cemilan ringan, serta menyaksikan pertunjukan musik dan budaya secara langsung hingga larut malam.

3. Kampung Air Hangat

Kampung Air Hangat atau yang lebih popular dengan sebutan Ayer Hangat adalah sebuah desa modern. Letaknya 14 kilometer dari Kota Kuah, kota terbesar di Pulau Langkawi. Sebagai desa budaya yang modern, Kampung Air Hangat ini menjadi tempat wisata di Langkawi yang wajib dikunjungi saat berpetualang di Malaysia. Adanya sumber mata air panas yang langka, membuat Kampung Air Hangat ini menjadi destinasi wisata yang paling diburu oleh para wisatawan.

Jika banyak tempat yang memiliki sumber mata air panas dengan rasa tawar, beda cerita dengan mata air panas di Kampung Air Hangat. Mata air panas yang memiliki rasa asin hanya ada tiga di dunia,  termasuk sumber mata air panas di Kampung Air Hangat. Hal itu kemudian membuat tempat ini menjadi alasan mengapa banyak orang ingin sekali mengunjunginya.

4. Dataran Lang

qelola 13 - Deretan Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Langkawi

sumber: freepik

Dikenal sebagai Eagle Square, Dataran Lang merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Langkawi yang juga cukup populer. Ketika kamu berada di Dataran Lang, kamu akan menemukan sebuah patung elang dengan ukuran besar sekitar 12 meter yang sedang bersiap untuk terbang. Terletak di sudut tenggara Pulau Langkawi, selain menawarkan pemandangan Teluk Kuah yang indah, Dataran Lang juga memiliki miniatur air mancur, teras, hingga jembatan yang memesona.

Patung elang berwarna coklat kemerahan di Dataran Lang dibangun sebagai bagian dari lambang pulau Langkawi. Menurut cerita rakyat yang beredar, nama Langkawi berasal dari dua kata Melayu yaitu ‘helang’ (elang) dan ‘kawi’ (coklat kemerahan). Kemudian masyarakat sekitar akhirnya menyebut pulau tersebut dengan sebutan Langkawi.

5. Tasik Dayang Bunting

Tasik Dayang Bunting di Pulau Langkawi adalah tempat wisata berupa danau terbesar yang sangat memesona. Terletak di Pulau Dayang Bunting, danau yang satu ini sekilas menyerupai bentuk wanita hamil sedang berbaring telentang. Ada sebuah legenda masyarakat setempat menceritakan bahwa danau Tasik Dayang Bunting memiliki kekuatan magis. Kekuatan magis tersebut karena ada seorang putri yang telah memberkati air danau. Oleh karena itu, diyakini bahwa bagi setiap wanita yang belum dapat mengandung, mungkin akan memiliki buah hati setelah minum air dari danau ini. 

Pulau Dayang Bunting sebenarnya adalah pulau tidak berpenghuni dan merupakan pulau terbesar kedua di Langkawi. Untuk menuju kawasan ini, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu yang telah disediakan dari Dermaga Kuah. Dikelilingi oleh pohon bakau dan formasi batu kapur, danau air tawar ini merupakan salah satu tempat yang sangat bagus untuk berenang atau sekadar menikmati suasana alam yang menakjubkan.

Baca juga: Populer dan Instagrammable! Inilah Tempat Menarik di Kota Bharu

Kelima destinasi wisata di Pulau Langkawi yang telah disebutkan di atas bisa kamu kunjungi bersama sahabat dan keluarga. Supaya liburanmu di Malaysia tidak boros, ada baiknya jika kamu menyimpan sebagian uang di dompet digital Qelola. Dengan begitu, kamu tidak akan mengeluarkan uang dengan mudah untuk hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan yang mendesak. Qelola akan membantumu untuk bayar tagihan, beli pulsa, dan kirim uang antar negara. Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Qelola, GRATIS!

Tags: , , , ,