Populer dan Instagrammable! Inilah Tempat Menarik di Kota Bharu

tempat menarik di kota bharu

Kota Bharu adalah ibu kota Kelantan. Ada banyak tempat menarik di Kota Bharu ini. Tidak hanya bisa mengunjungi tempat-tempat terbaik saja, tapi di sana kamu juga bisa puas berbelanja karena harga beberapa barang di Kelantan bisa dikategorikan murah, mengingat letak negara bagian ini yang berbatasan dengan Thailand. Nah, kalau kamu sedang merencanakan liburan ke Kelantan, yuk simak deretan tempat menarik di Kota Bharu berikut ini yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

1. Masjid Kampung Laut

Tahukah kamu, bahwa Masjid Kampung Laut bukan hanya masjid epik tertua di Kelantan, namun juga merupakan masjid tertua di kawasan Asia Tenggara. Masjid Kampung Laut ini adalah masjid tua yang dibangun pada abad ke-18 tanpa menggunakan paku sedikitpun. Dikisahkan pada suatu ketika ada sekelompok misionaris yang berlayar di sepanjang Kepulauan Melayu untuk menyebarkan agama Islam. Namun sayangnya selama perjalanan, perahu mereka bocor. Dalam situasi tersebut mereka berjanji akan membangun masjid jika berhasil mencapai kawasan pantai dengan selamat. Mereka akhirnya bisa mendarat di Kampung Laut dengan selamat, lalu masjid ini dibangun di tepi Sungai Kelantan.

Masjid tersebut telah dipindahkan dari lokasi aslinya ke lokasi saat ini, yaitu di Nilam Puri untuk menghindari banjir yang sering terjadi di sungai. Setelah direlokasi dan diperbaiki fasilitas listrik dan air juga dilengkapi.

Lokasi: Nilam Puri, Jalan Kuala Krai, 16010 Kota Bharu, Kelantan

2. Masjid Muhammadi

qelola 3 4 - Populer dan Instagrammable! Inilah Tempat Menarik di Kota Bharu

sumber: flickr

Masjid Muhammadi adalah masjid negara untuk Kelantan yang dibangun pada tahun 1867 pada masa pemerintahan Sultan Muhammad II. Hingga saat ini, Masjid Muhammadi telah mengalami proses renovasi dan pembesaran. Pada awalnya, struktur Masjid Muhammadi ini terbuat dari kayu, kemudian dimodifikasi menjadi batu. Masjid ini memiliki desain bergaya kolonial Inggris dengan penggunaan marmer di ruang sholat. Dinding masjid dihiasi dengan ukiran kata-kata Al-Qur’an. Meskipun masjid ini tidak seindah dan megah seperti masjid modern lainnya, namun keistimewaan masjid ini terletak pada nostalgianya karena di sinilah para ulama besar mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat. Beberapa ulama terkenal yang dimaksud adalah Tuan Taba, Haji Wan Ali Kutan dan Tok Kenali.

Lokasi: Jalan Sultanah Zainab, 15000, Kota Bharu, Kelantan.

3. Menara Rehal

Berada tidak jauh dari Masjid Muhammadi, kamu akan dapat melihat Menara Rehal yang merupakan landmark Kota Bharu. Begitu sampai di Rehal Tower, kamu harus berfoto sebagai bukti bahwa kamu telah menginjakkan kaki di salah satu tempat menarik di Kota Bharu.

Lokasi: D1, Bandar Kota Bharu, 15000 Kota Bharu, Kelantan

3. Padang Merdeka

Padang Merdeka terletak tidak jauh dari Menara Rehal, di mana berbagai kegiatan formal biasanya diadakan di sana. Menariknya lagi, di Padang Merdeka juga dibangun tugu peringatan perang yaitu Kota Bharu Cenotaph yang didirikan oleh Inggris pada masa perang dunia pertama.

Lokasi: Jalan Sultan, Bandar Kota Bharu, 15000 Kota Bharu, Kelantan

4. Pasar Siti Khadijah

qelola 1 5 - Populer dan Instagrammable! Inilah Tempat Menarik di Kota Bharu

sumber: flickr

Tempat yang paling wajib kamu singgahi begitu tiba di Kota Bharu adalah Pasar Siti Khadijah. Tempat ini adalah kompleks bisnis di mana hampir semua pedagang di sana adalah perempuan. Di antara barang-barang yang diperjual-belikan adalah hijab, batik, baju, kain dan masih banyak lagi dengan harga yang murah dibandingkan dengan kota besar seperti Kuala Lumpur. Barang basah seperti produk segar seperti sayuran, buah-buahan, dan daging juga tersedia di lantai dasar.

Lokasi: Jalan Buluh Kubu, 15000 Kota Bharu, Kelantan

Jam Operasional: Setiap Hari (07.00 – 18.00)

6. Pasar Wakaf Che Yeh

Selain Pasar Siti Khadijah, tempat belanja yang harus kamu kunjungi di Kota Bharu adalah Pasar Wakaf Che Yeh. Sekadar informasi, pasar ini merupakan pasar malam terbesar yang ada di kota ini. Ada berbagai barang yang dijual di sana, terutama kemeja dan syal. Jadi, sebelum kamu ingin datang ke sini, siapkan uang yang cukup karena mungkin kamu akan kalap berbelanja begitu melihat baju-baju yang dijual di sana.

Lokasi: Jalan Kuala Krai, Wakaf Che Yeh, 15100 Kota Bharu, Kelantan

Jam Operasional: Senin – Minggu (7.00pm – 2.00am)

7. Bazaar Tok Guru

qelola 21 - Populer dan Instagrammable! Inilah Tempat Menarik di Kota Bharu

sumber: flickr

Jika di Pasar Siti Khadijah kamu bisa menemukan segala macam barang, baik barang kering maupun basah. Sementara di Pasar Wakaf Che Yeh, konsep pasar malam lebih banyak. Maka di Bazaar Tok Guru, kamu akan menemukan produk pakaian dan sejenisnya. Mulai dari selendang, pom-pom, batik, blus, telekung hingga gamis, semuanya ada di sana. Ada banyak sekali toko Bazaar Tok Guru. Selain kekuatan stamina untuk mengitari semua toko yang ada, kamu juga perlu mengasah kemampuan tawar menawar kamu. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan harga yang sangat murah. 

Lokasi: Jalan Sultan Ibrahim, Bandar Kota Bharu, 15000 Kota Bharu, Kelantan

Jam Operasional: Setiap Hari (09.00 – 18.00)

Baca juga: 6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

Nah, itu dia beberapa tempat menarik di Kota Bharu yang perlu kamu kunjungi saat tiba di Kelantan. Saat berkunjung ke pusat perbelanjaan, pastikan isi dompetmu aman. Supaya dapat terhindar dari pemborosan, kamu tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Bawalah uang secukupnya, dan sisanya simpan di dompet digital Qelola.

Aplikasi Qelola ini akan sangat berguna bagi kamu yang berada di Malaysia. Dengan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah melakukan pembayaran berbagai macam tagihan. Bahkan kirim uang antar negara juga bisa diselesaikan dengan proses yang cepat. Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir! Yuk, download aplikasi Qelola dan daftarkan dirimu sekarang!

Tags: , , , , , ,