Varian Covid Bertambah, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya!

waspadai varian covid

Sejak kemunculannya pada tahun 2020, virus Covid-19 atau terkenal dengan julukan corona ini cukup membuat dunia gempar. Situasi pandemi yang tak terelakkan membuat semua orang berupaya menyelamatkan diri dari keganasan varian covid. Mau tidak mau, kehidupan kamu saat ini berdampingan dengan virus sehingga menjaga daya tahan tubuh adalah langkah yang utama. Pemerintah juga telah berupaya untuk mempercepat vaksinasi agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok. Yuk, kenali ada apa saja mutasi varian covid dan bagaimana pencegahannya?

Varian Covid-19

jenis pexels 1 700x467 - Varian Covid Bertambah, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya!

sumber: Pexels.com

Berikut ini beberapa varian covid dari awal mula merebak hingga mutasi paling baru dan masih dalam tahap penelitian para ahli, apa saja?

Alpha B.1.1.7

Terdeteksi pertama kali di negara Inggris pada tahun 2020, varian alpha memiliki kode B117. Tingkat penularannya berkisar antara 40-90 persen dari virus yang pertama kamu muncul di Tiongkok. Varian ini memiliki tingkat keparahan infeksi dengan lebih besar menimbulkan gejala berat dan risiko rujukan rawat inap. Virus ini lebih mudah menular dan menjadi virus yang dominan di negara Amerika dan Inggris.

Beta B.1.351

Memiliki kode varian B1351, virus ini muncul pertama kali di negara Afrika Selatan pada Mei 2020. Sampai saat ini, tingkat penularan virus belum diketahui. Namun, tingkat keparahan infeksi lebih berat dengan gejala-gejala sakit berat. Virus ini lebih kebal terhadap beberapa jenis pengobatan dengan gejala yang muncul umumnya memiliki kemiripan dengan varian lain. Varian gejala pada seseorang yang terinfeksi varian Beta lebih ringan ketika telah mendapatkan vaksinasi baik itu Sinovac, Pfizer dan Moderna.

Gamma P.1

Awal mula virus dengan kode varian P.1 ini muncul ada di negara Brazil pada November 2020 dan negara Jepang. Sama seperti Beta, varian ini belum bisa diketahui tingkat penularannya. Mutasi yang terjadi pada virus ini membuat seseorang yang terinfeksi memiliki kekebalan terhadap pengobatan yang diberikan untuk pasien Covid-19. Penelitian masih terus dilakukan hingg saat ini.

Delta B.1.617.2

Merebak di India, varian virus ini memiliki tingkat penularan cukup tinggi mulai dari 30-100% lebih mudah menular. Tingkat keparahan yang tinggi membuat pasien harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Varian ini mudah menular dan menyebar dengan cepat. Mirisnya, varian ini sudah menyebar hingga 74 negara di dunia. Virus ini masih dalam tahap penelitian karena proses mutasi dan penyebarannya cukup cepat dan kuat melawan sel kekebalan tubuh manusia. Pemberian vaksin AstraZeneca dan Pfizer terbukti ampuh memberikan perlindungan pada varian ini.

Lambda C.37

Varian yang cukup asing ini, muncul di negara Peru pada tahun 2020 dan menyebar pada beberapa negara Amerika Latin. Hingga saat ini belum ditemukan tingkat penularan dan keparahan infeksi dari virus varian ini. Untuk itu, pelaksaan protokol kesehatan sangat penting untuk mengindari infeksi virus jenis ini.

Kappa 1.617.2

Muncul lagi dari negara India, varian ini telah menyebar hingga ke Indonesia pada Juli 2021. Mutasinya yang mirip dengan varian Delta membuat virus ini masih menjadi pusat penelitian ahli. Beberapa orang dengan gejala infeksi virus Kappa memiliki tingkat keparahan infeksi pada masing-masing orang. Beberapa gejala yang umum terlihat pada orang yang terinfeksi adalah batuk, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot hingga kehilangan kemampuan membau aroma (anosmia).

Mu B.1.621

Varian paling baru yang muncul pertama kali di negara Kolombia sejak Januari 2021. Penyebaran virus ini masih dipantau karena negara lain seperti Amerika Selatan dan Eropa sudah melaporkan adanya kasus baru. Strain baru virus Covid-19 ini menghasilkan gejala yang sama pada umumnya orang terinfeksi virus corona. Saat ini, varian Mu sedang dalam tahap penelitian untuk tahu seberapa besar tingkat keparahan dan penularan pada manusia.

Cara Pencegahan Varian Covid

pencegahan pexels 700x467 - Varian Covid Bertambah, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya!

sumber: Pexels.com

Sesuai anjuran WHO, pencegahan penularan virus Corona ini berasal dari masing-masing individu. Hal ini karena penyakit ini menyerang seseorang untuk menularkan ke orang lain. Beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah:

Cuci Tangan

Sudah sejak awal kemunculan varian covid ini, gerakan cuci tangan dengan sabun kembali berlaku. Semua tempat saat ini sudah menyediakan fasilias layanan cuci tangan sebelum memasuki area tertentu. Metode cuci tangan masih menjadi solusi ampuh mengurangi tingkat penyebaran virus.

Masker Lapis

Tidak cukup satu lapis, saat ini penggunaan masker harus berlapis untuk memberikan proteksi maksimal terhindar dari penularan varian covid ini. Penggunaan masker medis masih sangat penting ditambah dengan masker kain. Masker kain membantu masker medis menutup lebih rapat sehingga proteksi lebih maksimal.

Jaga Jarak

Menjaga jarak antar orang juga berguna mengurangi risiko penularan virus terutama pada tempat publik. Berjarak setidaknya 1 meter dari seseorang bisa menurunkan risiko tertular. Perhatikan orang-orang yang ada di sekitarmu. Apakah mereka sedang sakit atau sehat tanpa gejala. Semua orang berpotensi menjadi carrier virus untuk orang lain.

Desinfeksi

Rajinlah untuk membersihkan barang-barang bawaan atau lingkungan sekitar rumah dengan menggunakan cairan antiseptik atau desinfektan. Hal ini untuk mengurangi jumlah virus yang ada pada lingkungan sekitar. Kamu tidak tahu seberapa kotornya pintu dan jendela rumah karena virus yang menempel tidak terlihat. Lakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga agar tetap steril.

Jaga Imun

Hal terpenting melawan kondisi yang ada saat ini adalah dengan menjaga imunitas tubuh. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta makanan bergizi lainnya agar menghindarkan kamu dari kondisi yang tidak fit. Tidur cukup dan pola hidup yang baik bisa menunjang kesehatanmu dan keluarga. Jangan lupa untuk segera vaksinasi diri jika belum mendapatkan dosis. Hal ini sebagai proteksi dirimu sehingga tingkat keparahan dan tingkat kematian bisa menurun.

Kenali dan pelajari cara-cara pencegahan penyakit dari berbagai sumber yang terpercaya. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips kesehatan, mengelola keuangan, wisata hingga TKI. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,