6 Langkah Mencuci Tangan dengan Benar Menurut WHO

cara mencuci tangan

Saat pandemi Covid-19, langkah mencuci tangan yang benar harus diketahui oleh masyarakat. Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona. Oleh karenanya, cara cuci tangan yang benar harus dipahami oleh setiap orang baik anak-anak hingga orang dewasa. Kadang kala anak-anak yang masih sekolah malah lebih paham mencuci tangan yang benar.

Apakah kamu sudah tahu cara mencuci tangan yang benar? Ketika mencuci tangan tidak hanya sekadar tangan dibasahi lalu menambahkan sabun. Kadang kala langkah mencuci tangan tidak dilakukan dengan benar. Padahal, tangan kerap digunakan untuk memegang aneka benda yang juga dipegang oleh orang lain. Penularan virus akan mudah terjadi melalui benda-benda yang kerap dipegang oleh orang-orang.

Tangan yang kotor akan memindahkan virus, bakteri, maupun jamur dari suatu benda ke tubuh kita. Jarang disadari kadang kala tangan digunakan untuk memegang rambut, area wajah termasuk mulut. Habis pegang handphone langsung pegang area hidung. Sudahkah kamu rajin membersihkan tangan?

Sebagai informasi, setiap tanggal 15 Oktober juga diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia oleh WHO. Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, langkah mencuci tangan menjadi suatu hal wajib dilakukan. Cuci tangan harus dilakukan setiap saat demi menjaga kebersihan dan kesehatan. Kebersihan tangan merupakan faktor penting agar dapat terhindar dari penyakit. Lalu bagaimana cara atau langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO?

6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

1. Basahi tangan

Basahi kedua tangan dengan air yang mengalir. Selanjutnya, tambahkan sabun secukupnya untuk membersihkan tanganmu. Gosokkan kedua telapak tangan bersama-sama sampai muncul buih sabun.

2. Gosok punggung

Setelah telapak tangan jangan lewatkan untuk menggosok bagian punggung tangan. Pasalnya, kuman hingga virus juga menempel di area punggung tangan. Gosoklah punggung tangan menggunakan telapak tangan sebelahnya. lalu, langkah mencuci tangan yang benar adalah gosoklah sampai area jari dengan menangkupkan kedua tangan secara bergantian.

3. Sela jari

Perhatikan cara mencuci tangan berikutnya yang tak boleh terlewatkan adalah sela jari. Gosok bagian sela jari hingga area pinggiran jari. Bersihkan jari dan buku-buku jari dengan menyatukan kedua tangan. Bagian jari tangan tak boleh terlewatkan karena kuman hingga virus akan menempel di area sela jari

4. Ujung jari

Adapun langkah mencuci tangan berikutnya adalah membersihkan ujung-ujung jari dengan menggosokkannya ke telapak tangan sebelahnya.

5. Sela jempol

Usai membersihkan ujung jari tak lupa untuk membersihkan sela jari jempol dan telunjuk. Caranya, genggamlah jempol menggunakan tangan sebelahnya.

6. Basuh tangan dengan air mengalir

Setelah menggosok bagian tangan secara keseluruhan, segeralah bersihkan tangan dengan air mengalir. Bersihkan sampai tidak ada sabun yang tersisa. Nah, langkah mencuci tangan yang terakhir ini akan semakin. Janga lupa untuk mengeringkan tanganmu. Jangan lupa keringkan tangan sampai ke sela-sela jari. Jika memungkinkan, matikanlah keran dengan menggunakan tisu sekali pakai supaya tangan tidak langsung menyentuhnya lagi. Dengan begitu, tanganmu bisa bersih maksimal.

Itulah langkah mencuci tangan sesuai anjuran dari WHO. Pada intinya langkah mencuci tangan itu dilakukan secara menyeluruh. Bukan hanya bagian telapak atau punggung telapak. Cucilah tangan sampai ke area sela-sela jari termasuk juga kuku. Pastikan semua bagian tanganmu terkena sabun dan air bersih yang mengalir.

cuci tangan 700x474 - 6 Langkah Mencuci Tangan dengan Benar Menurut WHO

Sumber: Pixabay

Meskipun sudah banyak tempat atau fasilitas untuk cuci tangan ternyata masih banyak orang yang malas cuci tangan. Kadang kala hanya bergantung pada hand sanitizer dan memang harus sedia hand sanitizer. Kamu boleh menggunakan hand sanitizer apabila tidak tersedia tempat cuci tangan. Langkah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah hal yang pertama dan utama. Terlalu sering menggunakan hand sanitizer lama kelamaan akan membuat kulit tangan jadi kering hingga iritasi.

Apabila langkah mencuci tangan dengan benar sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, nantinya akan menyelamatkanmu dan keluarga dari berbagai penyakit. Apalagi saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19 dan ditambah lagi muncul varian baru virus Corona. Jika mencuci tangan dilakukan dengan benar dan menjadi kebiasaan, maka hal itu bisa menyelamatkan Anda dan keluarga dari beragam penyakit.

Kondisi saat harus wajib mencuci tangan

Berikut beberapa hal yang harus perhatikan dan wajib dilakukan untuk segera mencuci tangan, yakni:

  • Sebelum dan setelah makan
  • Proses menyiapkan makanan
  • Sebelum dan sesudah merawat luka
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin
  • Sebelum dan sesudah mengganti masker
  • Setelah memegang sampah
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sakit
  • Setelah menyentuh hewan ketika bermain bahkan memegang kotorannya
  • Usai menggunakan toilet
  • Setelah membersihkan tubuh anak, ganti popok bayi

Itu hanyalah beberapa contoh saja kapan kamu harus segera cuci tangan. Pastikan menjaga kebersihan tanganmu demi menjaga diri sendiri dan anggota keluarga lainnya. Tempat cuci tangan tersedia di mana saja, di pasar, swalayan, kantor, toko, mal, rumah sakit, kafe, bahkan warung. Hal baru yang kita temui belakangan ini adalah hampir setiap rumah menyediakan tempat cuci tangan. Siapa saja yang mau masuk rumah pun harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Jangan lupa untuk mencuci tangan yang benar setiap kali ada kesempatan membersihkan tanganmu.  Lebih baik mencegah daripada mengobati. Masa pandemi Covid-19 juga membuat aktivitas masyarakat terbatas. Tidak hanya menjalankan langkah mencuci tangan yang benar tetapi juga membatasi diri untuk tidak menyentuh banyak benda. Kamu bisa melakukan cara mudah transaksi uang ecara online.

Cukup menggunakan handphone milik sendiri dan mengunduh aplikasi Qelola maka transaksi uang akan lebih mudah dan aman. Sahabat Qelola bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola. Selain bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu bisa bayar aneka tagihan seperti BPJS, listrik, air. Keuntungan lainnya, kamu juga bisa merasakan kemudahan beli pulsa lewat handphone sendiri. Segera unduh aplikasi Qelola di sini untuk dapat rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online dari rumah saja.

Tags: , , , , , , , ,