Stop Varian Delta! Begini Cara Memakai Masker yang Benar

cara memakai masker yang benar

Kasus pasien yang terinfeksi SARS-Cov-2 atau yang lebih familier dengan nama virus corona kini semakin meningkat. Naiknya angka pasien Covid-19 tersebut disebabkan oleh adanya mutasi virus baru yaitu varian delta. Menurut World Health Organization atau WHO, penularan virus varian delta disinyalir lebih cepat jika dibandingkan dengan virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China pada penghujung tahun 2019. Bahkan, mutasi varian baru ini bisa menembus pertahanan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M. Aturan 5 M ini meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dengan cara memakai masker yang benar terutama untuk menghindari varian delta ini. Lalu bagaimana cara penggunaan masker yang benar agar terhindar dari risiko terpapar virus? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Harus Double Masker?

antiviral medical masks protection against corona virus high quality photo 700x467 - Stop Varian Delta! Begini Cara Memakai Masker yang Benar

Sumber: freepik

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemakaian masker dua lapis mampu menekan laju penularan virus Sars-CoV-2 varian delta. Double masker dianggap sebagai cara memakai masker yang benar apabila kombinasi masker yang digunakan tepat. Penggunaan masker dua lapis ini mencatat persentase 85,4% efektif mencegah masuknya berbagai zat yang ada di udara termasuk virus. 

Angka tersebut lebih tinggi jika hanya menggunakan satu lapis masker, baik masker medis atau masker kain. Masker medis punya persentase 56,1% dalam menahan paparan virus. Sedangkan masker kain hanya bisa memblokade sebanyak 51.4% saja. Namun pemakaian masker medis dengan menyilangkan pengait tali di telinga punya efektivitas sebanyak 77% dalam menangkal virus. Lalu, bagaimana cara memakai masker dua lapis yang direkomendasikan? 

Cara Memakai Masker Dua Lapis yang Benar

beautiful brunette girl holding medical masks white wall 700x467 - Stop Varian Delta! Begini Cara Memakai Masker yang Benar

Sumber: freepik

Demi mencegah penyebaran virus corona yang semakin merajalela, para ahli kesehatan menganjurkan untuk memakai masker dobel. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memenuhi cara memakai masker yang benar, berikut ulasannya.

  • Perhatikan Kombinasi Masker yang Kamu Pakai

Pemakaian masker dua lapis yang sesuai adalah dengan memadukan masker kain dengan masker medis. Masker medis dipakai pada lapisan masker terdalam, sedangkan masker kain dipakai untuk lapisan terluar. Akan lebih baik lagi jika masker kain yang digunakan minimal terdiri dari 2 hingga 3 lapisan di dalamnya. 

  • Masker Medis Dobel Tidak Disarankan

Pemakaian kombinasi dua masker medis atau yang lainnya tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan justru akan meningkatkan penyebaran virus. Menurut pernyataan juru bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, pemakaian 2 masker medis tidak efektif dalam meningkatkan filterisasi terhadap paparan virus. Hal ini disebabkan karena masker bedah atau masker medis memang tidak didesain untuk dipakai secara dua lapis. Jadi cara memakai masker yang benar adalah dengan kombinasi masker medis dan masker kain. 

  • Gunakan Masker Medis yang Memiliki kawat pada Bagian Hidung

Saat ini semakin banyak produk masker medis yang beredar di pasaran. Namun, kamu sangat disarankan untuk memilih masker medis dengan kawat hidung. Kawat pada masker tersebut sangat fleksibel dan bisa diatur sesuai lekuk hidung. Selain meningkatkan efektivitas masker, hal ini tentu lebih nyaman untuk orang-orang yang memakai kacamata karena tidak menyebabkan kacamata berembun.

  • Simpulkan Tali Telinga Masker

Agar masker lebih rapat, kamu bisa menyimpulkan karet telinga di kedua sisi masker. Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan lipatan ke bagian dalam.

  • Memakai Mask Brace

Penambahan mask brace atau penyangga masker juga akan membantu merapatkan celah masker. Dengan kata lain, mask brace akan meningkatkan perlindungan dari risiko kontaminasi virus.

  • Memilih Masker KN95

Jika kamu tidak nyaman dengan pemakaian masker dua lapis, maka kamu bisa memakai masker KN95 saja. Pemakaian KN95 tidak memerlukan penambahan layering masker kain setelahnya.

Efektivitas masker juga dipengaruhi oleh cara kamu melepas masker. Walaupun terdengar sepele tapi kamu juga harus melakukannya dengan benar agar terhindar dari paparan virus yang mungkin menempel pada lapisan masker. Pastikan untuk  memulai dengan melepas tali pada telinga, jangan sampai masker yang sudah terpakai bersentuhan dengan wajah atau baju yang sedang dipakai.Setelah itu buang masker ke tempat sampah dan segera cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir.

Baca juga: Aktivitas Seru di Rumah Selama Karantina Pandemi Covid-19

Cara memakai masker yang benar untuk menangkal paparan mutasi virus corona varian delta adalah dengan memakai double masker, masker medis pada bagian dalam dan masker kain di bagian luar. Nah, Sahabat Qelola, untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi, kamu juga bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola.  

Selain bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu juga bisa beli pulsa, serta bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, dan BPJS. Cukup unduh aplikasi Qelola disini, dan rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online hanya dari rumah saja.

Tags: , , , , ,