Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

jalan wisata budaya

Berlibur ke tempat wisata budaya tentu memberikan keuntungan yang maksimal. Tak hanya refreshing karena melihat pemandangan alam atau bangunan megah, Kamu juga akan mendapatkan ilmu pengetahuna mengenai budaya negara lain. Sama seperti Malaysia yang tidak hanya memberikan destinasi wisata alam, tetapi juga menyimpan wisata budaya yang tak kalah epic. Budaya Malaysia menyajikan banyak tempat wisata yang juga menonjolkan akulturasi dari berbagai culture yang menarik untuk kamu simak.

Berikut daftar wisata budaya di Malaysia yang harus Kamu kunjungi:

Kemegahan Batu Cave, Selangor Malaysia

batu cave pexels 700x472 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Pexels.com

Siapa yang tidak mengenal destinasi wisata Batu Cave yang terletak di Selangor, Malaysia. Destinasi wisata satu ini menawarkan pemandangan alam, sekaligus budaya agama Hindu yang melekat. Ketika memasuki Batu Cave, nampak patung Dewa Muragan setinggi 42 meter dengan balutan warna emas. Batu Cave termasuk destinasi wisata ikonik yang selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak sekali spot foto yang bisa Kamu jelajahi.

Selain patung tinggi, banyak sekali gua-gua mulai dari yang kecil hingga besar untuk Kamu jelajahi. Dalam gua-gua tersebut juga terdapat beberapa kuil yang bisa kamu masuki untuk mengenal ilmu budaya agama Hindu. Hal menarik lainnya yang akan membuat Kamu terpukau adalah anak tangga warna-warni untuk menuju puncak bukit kapur. Puncak tertinggi bukit tersebut terdapat kuil utama yang menampilkan pemandangan kota Selangor, Malaysia dari ketinggian.

Anak tangga berwarna-warni tersebut berjumlah 272 anak tangga. Sepanjang menaiki anak tangga, Kamu akan menjumpai ratusan burung dara dan beberapa monyet kecil yang berkeliaran. Suasana sejuk karena pepohonan yang rindang membuat perjalanan menaiki anak tangga tidak begitu terasa melelahkan. Sebagai tempat wisata budaya, maka Kamu wajib menggunakan pakaian sopan dan tertutup, terlebih jika memasuki kuil suci.

Gedung Sultan Abdul Samad

sultan unsplash 700x465 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Unsplash.com

Gedung Sultan Abdul Samad berada di Dataran Merdeka yang mengusung gaya Maroko dengan bagian kubah lapis tembaga sebagai ciri khasnya. Wisata budaya Gedung Sultan Abdul Samad memiliki keunikan lain, yaitu menara jam yang membuat bangunan tersebut memiliki julukan Big Ben-nya Malaysia. Gedung tersebut hingga kini masih berfungsi sebagai kantor Kementerian Malaysia dan juga kantor pos. Lingkungannya bergaya Maroko yang cocok untuk Kamu jadikan latar belakang swafoto karena cukup instragamable.

Chinatown

chinatown unsplash 700x467 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Unsplash.com

Petaling Street berada di di Jalan Petaling, Malaysia dan merupakan kawasan pecinan untuk destinasi belanja sekaligus wisata budaya. Banyak sekali toko souvenir yang berjajar sepanjang kawasan ini dengan harga yang murah. Selain souvenir, juga banyak tempat jajan murah atau makanan Chinesee yang wajib Kamu cicipi. Jika membeli souvenir atau barang belanja disini, Kamu juga bisa melakukan tawar menawar lho. Komplek pecinan ini merupakan salah satu wisata budaya karena terdapat beberapa kuil dengan cerita sejarah yang menarik untuk Kamu pelajari.

Kuil Kek Lo Si

kuil kek lo si unsplash 700x394 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Unsplash.com

Kuil Kek Lo Si merupakan kuil terbesar di Asia Tenggara dan memiliki pagoda tujuh tingkat. Adanya pagoda tersebut membuat kuil Budha Kek Lo Si semakin menawan dan indah. Kuil ini masuk dalam wisata budaya Malaysia karena ada campuran budaya China, Burma, dan Thailand. Keunikannya bisa kamu lihat ketika malam hari, kuil akan terlihat bercahaya dengan bangunan bertingkat seperti bukit emas. Dalam kuil Kek Lo Si terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 30 meter.

Masjid Jamek, Tertua di Malaysia

masjid unsplash 700x467 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Unsplash.com

Masjid Jamek terkenal sebagai The Friday Mosque karena tertutup bagi wisatawan pada hari Jumat. Nama masjid ini berasal dari bahasa Arab jamak, merujuk Sultan Selangor keempat, Suultan Abdul Samad. Area salat di ruang terbuka Masjid Jamak nampak seperti area luar Masjid Nabawi. Mengusung gaya arsitektur Moorish lokasi masjid ini terletak di antara sungai Klang dan Gombak. Wisata budaya satu ini sudah ada sejak 1909 dan bisa kamu tempuh menggunakan LRT atau kendaraan pribadi.

Kuil Sri Mahamariamman

sri mahamariamman unsplash 700x465 - Wisata Budaya di Malaysia, Dari Kuil Hingga Rumah Sultan

sumber: Unsplash.com

Wisata budaya lain di Malaysia adalah Kuil Sri Mahamariamman. Kuil ini adalah kuil tertua yang terbangun pada tahun 1873. Sebelumnya, kuil ini adalah milik pribadi dan terbatas. Kemudian pada 1920 dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai wisata budaya Malaysia. Kuil Hindu Sri Mahamariamman cukup unik karena memiliki gapura setinggi tujuh meter. Gapura tersebut sebagai pintu masuk dan menyerupai patung dewa-dewi dengan warna-warni yang cantik.

Dalam kuil Sri Mahamariamman terdapat banyak wanita-wanita India yang mengenakan baju sari khas India, sehingga sangat kental dengan nuansa Indianya. Untuk datang ke wisata budaya satu ini, Kamu tidak terkena biaya masuk. Kamu bisa melakukan foto secara gratis, yang penting menggunakan pakaian sopan dan rapi. Cukup mudah menuju kuil Sri Mahamariamman, yaitu menggunakan LRT kemudian turun di Stasiun Pasar Seni. Letak wisata budaya satu ini dekat dengan Chinatown.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,